Comscore Tracker

5 Dumpling Populer Khas Rusia yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Bisa dibuat camilan atau hidangan utama yang nikmat 

Dumpling adalah sebuah hidangan yang berasal dari adonan tepung yang memiliki beragam isian. Isian ini dapat berupa sayuran ataupun daging. Semua isiannya selanjutnya dibungkus dengan kulit.
 
Ternyata dumpling tak hanya hidangan yang terkenal di Asia. Makanan ini juga cukup populer di Rusia. Jadi penasaran nih bagaimana visual dari dumpling asal negara ini. Apakah sama dengan dumpling yang sering kita lihat? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Pelmeni

5 Dumpling Populer Khas Rusia yang Kelezatannya Mengundang Laparpelmeni (instagram.com/akiddskitchen)

Pelmeni merupakan salah satu makanan nasional di negara ini. Dumpling berukuran kecim ini dibuat dengan adonan tipis yang bertekstur lembut, kemudian diberi isian apa saja, mulai dari daging giling, ikan hingga jamur. Isinya pun dapat bervariasi, bisa ringan atau sangat pedas, bergantung dengan jumlah bumbu seperti berbagai rempah segar, lada hitam, dan bawang.

Karena kepopulerannya, dumpling ini dihidangkan di hampir setiap restoran Rusia dan juga di banyak rumah tangga Rusia, di mana setiap keluarga mempunyai resep sendiri untuk dumpling ini.

2. Pelmeni s gribami

5 Dumpling Populer Khas Rusia yang Kelezatannya Mengundang Laparpelmeni s gribami (instagram.com/_genussliebe_)

Pelmeni s gribami merupakan makanan tradisional yang terdiri dari dumpling yang diberi isian berupa jamur. Untuk isian yang sesuai, jamur harus direndam dalam air semalaman, kemudian dimasak dan ditumis dengan menggunakan bawang goreng.

Dumpling dapat dikombinasikan dengan nasi atau kentang tumbuk. Selain itu, makanan ini juga makin nikmat kala dipadukan dengan kuah kaldu, krim asam, yogurt, atau keju parut.

Baca Juga: 5 Dumpling Khas Vietnam yang Kelezatannya Menggoyang Lidah 

3. Klotski

5 Dumpling Populer Khas Rusia yang Kelezatannya Mengundang Laparklotski (instagram.com/t.aartje.b)

Klotski merupakan makanan sederhana yang diterdiri dari kaldu bening yang diberi isian pangsit kentang beraroma. Dumpling dibuat dengan kentang, tepung, dan telur. Dumpling tak hanya populer di Rusia, namun juga terkenal di negara-negara lainnya seperti Hongaria dan Ukraina.

Terdapat pula versi dumpling Belarusia, di mana satu-satunya perbedaannya adalah pangsit diberi isian jamur.

4. Kurze

5 Dumpling Populer Khas Rusia yang Kelezatannya Mengundang Laparkurze (instagram.com/ficcin)

Kurze merupakan dumpling tradisional yang berasal dari wilayah Dagestan. Dumpling identik dengan bentuk kepangnya. Makanan ini diberi isian keju cottage, kentang, daging, dan telur.  Adonan terbuat dari campuran tepung, garam, telur, dan air.

Setelah diberi isian, pangsit ini direbus saja atau direbus kemudian digoreng dengan minyak di kedua sisinya hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan dan memiliki tekstur yang renyah. Untuk menambah rasa, pangsit dapat dihidangkan dengan saus yang terbuat dari cuka dan bawang putih.

5. Buuz

5 Dumpling Populer Khas Rusia yang Kelezatannya Mengundang Laparbuuz (instagram.com/fatmanfilm)

Buuz merupakan pangsit kukus tradisional yang tak hanya terkenal di Rusia, namun juga Mongolia. Dumpling mempunyai isian berupa daging seperti daging sapi atau kambing. Untuk memperkuat rasa, maka daging umumnya diberi bumbu seperti garam, bawang merah, bawang putih, dan rempah segar.

Pangsit biasanya disiapkan dalam jumlah besar dan dapat dinikmati sepanjang tahun. Dumpling identik dengan lubang kecil di atasnya, dan biasanya dimakan dengan tangan. Secara tradisional, dumpling dihidangkan dengan roti goreng, saus celup, dan salad di sampingnya.

Dumpling khas Rusia di atas dapat menjadi menu yang sempurna dikala berbagai perayaan atau melengkapi hidangan di rumah. Dumpling yang mana nih yang bikin kalian penasaran cobain?

Baca Juga: 5 Ragam Kuah untuk Menikmati Dumpling, Makin Segar dan Gurih!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya