Comscore Tracker

5 Hidangan Daging Khas Bolivia dengan Cita Rasa Autentik, Nikmat!

Bikin nagih

Bolivia adalah negara yang terletak di Amerika Selatan dengan dua ibu kota, yaitu La Paz dan Sucre. Negara ini terkenal memiliki wisata kuliner yang menggugah selera. Hidangan yang disajikan mulai dari makanan berat, dessert, hingga minuman yang bervariasi yang sukses membuat wisatawan lokal maupun mancanegara ingin kembali berkunjung.

Bagi pecinta daging, negara ini adalah pilihan yang tepat. Hal ini karena terdapat beberapa makanan yang menjadikan daging sebagai bahan utamanya.

Berikut lima hidangan daging khas Bolivia dengan cita rasa autentik. Nikmat!

1. Salteñas

5 Hidangan Daging Khas Bolivia dengan Cita Rasa Autentik, Nikmat!Instagram.com/elviejococinero

Salteñas memiliki bentuk yang hampir sama dengan kue pastel di Indonesia. Kue panggang ini merupakan sejenis empanada yang memiliki rasa gurih dengan isian daging yang dapat berupa daging sapi, ayam, atau babi yang kemudian ditambahkan dengan saus manis yang tak begitu pedas.

Selain itu, bahan tambahan seperti zaitun, kismis, dan kentang melengkapi kelezatan hidangan ini. 

Di beberapa variannya juga dapat ditambahkan wortel atau kacang polong. Makanan ini biasanya dijadikan penduduk setempat sebagai menu untuk sarapan.

2. Tucumanas

5 Hidangan Daging Khas Bolivia dengan Cita Rasa Autentik, Nikmat!Instagram.com/elbarodriguezchef

Tucumanas tampilan luarnya sama dengan salteñas. Bedanya tucumanas mengalami proses penggorengan yang tentu berbeda dengan salteñas yang merupakan roti panggang. Kue ini memiliki rasa yang manis dan cara menikmatinya adalah dengan cara ditenggelamkan dengan berbagai macam jenis saus. 

Makanan ini juga biasanya disantap ketika sarapan. Kue ini dapat mudah ditemukan diberbagai tempat di penjuru negara, seperti toko roti, pusat perbelanjaan, kafe, hingga restoran.

Baca Juga: 9 Fakta Salteñas, Kue Unik Khas Bolivia yang Mirip Dengan Kue Pastel

3. Pique Macho 

5 Hidangan Daging Khas Bolivia dengan Cita Rasa Autentik, Nikmat!Instagram.com/saboresdecami

Makanan khas asal Bolivia ini terdiri dari potongan daging sapi yang dicampur dengan locoto (sejenis cabai), bawang, tomat, paprika, kentang, dan telur rebus. Namun, biasanya juga terdapat tambahan saus tomat, mayones atau mustard untuk menambah cita rasa. 

Seperti halnya makanan khas lainnya, makanan ini mudah ditemukan diberbagai tempat di Bolivia. Karena porsi dagingnya yang banyak, maka pecinta daging wajib untuk mencobanya.

4. Silpancho dan Anticucho

5 Hidangan Daging Khas Bolivia dengan Cita Rasa Autentik, Nikmat!Instagram.com/clauvelagg

Silpancho memiliki bahan dasar daging sapi yang kemudian diletakkan di atas nasi. Biasanya, terdapat beberapa tambahan, seperti tomat, telur goreng, bawang, dan potongan kentang untuk menambah kelezatannya.

Sedangkan anticucho adalah sejenis kudapan yang terkenal dan sekaligus populer dikalangan penduduk dan wisatawan. Makanan ringan ini terdiri dari hati daging sapi dan kentang panggang yang kemudian ditambahkan saus kacang. 

5. Fricase

5 Hidangan Daging Khas Bolivia dengan Cita Rasa Autentik, Nikmat!Instagram.com/jeyla.foodadv

Fricase adalah makanan khas Bolivia yang berupa sup daging dengan warna cokelat dengan menggunakan mentega. Makanan ini kemudian dicampurkan dengan saus yang telah dibumbui dengan kaldu.

Banyak varian daging yang bisa dipilih, seperti daging kelinci, ayam, atau sapi. Rasanya yang gurih dan berbentuk sup tentu sangat cocok disantap ketika udara terasa dingin.

Makanan-makanan khas Bolivia berhasil membuat para wisatawan ketagihan untuk terus mencobanya. Selain enak, makanan tersebut juga memiliki banyak pilihan yang tentunya juga membuat para turis bingung untuk memilih. Jadi gagal diet, nih!

Baca Juga: 5 Kudapan Eropa Utara yang Mengingatkanmu pada Makanan Indonesia

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya