Comscore Tracker

5 Hidangan Seafood Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Lapar 

#IDNTimesFood Kenikmatannya bikin lupa diri!

Seafood adalah salah satu menu hidangan yang disukai banyak orang. Oleh karena itu, hidangan ini mempunyai beragam macam olahan yang membuatnya makin nikmat.

Terdapat banyak hidangan seafood yang cukup mencuri perhatian. Tak hanya menjadi favorit penduduk lokal, seafood ini juga populer dikalangan para wisatawan. Berikut lima hidangan seafood khas Singapura yang kelezatannya mengundang lapar.

1. Fish Head Curry

5 Hidangan Seafood Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Lapar fish head curry (Instagram.com/sgfoodonfoot)

Fish head curry merupakan menu khas Singapura yang cukup populer. Makanan ini terdiri dari kepala ikan, krim kelapa, tomat, dan berbagai bumbu seperti daun kari, bawang putih, cabai, ketumbar, jinten, kunyit, merica, dan asam. 

Saat ini, menu disajikan dengan roti atau nasi di sampingnya. Satu panci kari kepala ikan yang mendidih, cukup untuk memberi makan beberapa orang.

2. Cereal Prawns

5 Hidangan Seafood Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Lapar cereal prawns (Instagram.com/dailywifecook)

Cereal prawns merupakan menu yang terdiri dari udang goreng renyah yang disiram dengan kombinasi mentega, sereal yang dihancurkan dan dipanggang, daun kari, dan cabai.

Walaupun mudah dan praktis disiapkan di rumah, menu ini menjadi makanan pokok di pusat jajanan dan restoran di seluruh Singapura dan Malaysia.

Baca Juga: 5 Restoran Vegetarian di Singapura yang Lezat dan Bergizi

3. Sambal Stingray

5 Hidangan Seafood Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Lapar sambal stingray (Instagram.com/ajvmfishing)

Sambal stingray merupakan menu klasik Singapura dan Malaysia. Hidangan ini memadukan ikan pari panggang dan pasta sambal pedas. Sambal ini berbahan dasar cabai yang dapat menggabungkan bahan lain seperti air jeruk nipis, terasi, jahe, cuka, atau gula.

Fillet ikan pari tipis biasanya dilapisi dengan sambal dan kemudian dipanggang dan disajikan di atas daun pisang.

4. Chilli Crab

5 Hidangan Seafood Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Lapar chilli crab (Instagram.com/top_singapore_restaurants)

Seperti banyak makanan lainnya di Asia, chilli crab dimulai sebagai street food. Namun akhirnya menjadi sangat populer sehingga saat ini dianggap sebagai hidangan nasional Singapura. Makanan ini terdiri dari kepiting tumis yang dilumuri saus pedas yang lezat.

5. Crab Bee Hoon

5 Hidangan Seafood Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Lapar crab bee hoon (Instagram.com/uncle_lim_chiak)

Crab bee hoon adalah menu yang terdiri dari bihun dan daging kepiting Sri Lanka yang lezat. Keduanya dimasak dengan kaldu ayam atau makanan laut yang beraroma.

Tergantung pada proses memasaknya, makanan tersebut bisa tersedia dalam dua versi berbeda, yaitu versi kering atau sup. Versi pertama membuat bahan-bahannya digoreng dan direbus dalam wajan dengan api besar yang menghasilkan hidangan mi dan daging kepiting yang disiram dengan saus.

Seafood khas Singapura ini tentu menjadi menu yang bisa memanjakan lidah. Selain lezat, makanan ini juga cocok dihidangkan bersama keluarga.

Baca Juga: Bihun hingga Kwetiau, Ini 5 Makanan Khas Singapura Berbahan Mie

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya