Comscore Tracker

5 Jenis Sosis Khas Polandia yang Paling Populer, Menggugah Selera!

Jatuh cinta sekali coba!

Sosis adalah salah satu makanan paling serba guna. Hal tersebut dikarenakan sosis dapat dikombinasikan dengan beragam menu lainnya. Salah satu negara yang mempunyai banyak ragam sosis adalah Polandia.

Sosis asal negara ini biasanya dikonsumsi langsung atau dipasangkan dengan salad, sup, olahan kentang, hingga olahan daging lainnya. Berikut lima jenis sosis khas Polandia yang paling populer, menggugah selera!

1. Kiełbasa Wędzona

5 Jenis Sosis Khas Polandia yang Paling Populer, Menggugah Selera!kiełbasa wędzona (instagram.com/jureksobieniak_official)

Kiełbasa wędzona merupakan sosis yang terbuat dari daging babi giling yang diawetkan. Selanjutnya sosis akan diberi bumbu yang mencakup garam, merica, gula, bawang putih, dan terkadang marjoram.

Kombinasi bahan tersebut lalu diletakkan ke dalam wadah berbentuk cincin besar dan diasapi selama 1 hingga 1,5 hari. Makanan ini umumnya dipanggang, atau ditambahkan ke sup kubis kapusniak, yang merupakan sup tradisional Polandia.

2. Kielbasa

5 Jenis Sosis Khas Polandia yang Paling Populer, Menggugah Selera!kielbasa (instagram.com/moja_pasja_gotowanie)

Kielbasa merupakan istilah universal untuk sekelompok sosis Polandia. Nama ini bisa diterjemahkan secara harfiah sebagai sosis. Makanan ini terbuat dari daging babi, garam, dan berbagai bumbu. Tambahan rempah-rempah seperti merica, bawang putih, dan marjoram untuk memperkuat rasa. 

Penggunaan daging babi adalah yang paling umum dalam pembuatan sosis ini. Sosis ini bisa diasapi, direbus atau digoreng, yang disesuaikan dengan selera.

Baca Juga: 5 Jenis Sosis Khas Italia yang Bisa Dikombinasikan dengan Beragam Menu

3. Kiełbasa Polska

5 Jenis Sosis Khas Polandia yang Paling Populer, Menggugah Selera!kiełbasa polska (instagram.com/w5smakachef)

Kiełbasa polska merupakan sosis yang umumnya terbuat dari daging babi tanpa lemak, babi setengah gemuk, gula, dan bawang putih. Lalu ditambahkan dengan rempah-rempah seperti merica, marjoram, biji sawi, dan thyme. Semua bahan lalu dikombinasikan dan selanjutnya didinginkan sebelum dimasukkan ke dalam casing babi.

Setelah selesai, sosis lalu sering diasapi ringan dan dibiarkan kering dan matang selama beberapa hari. 

4. Żymlok

5 Jenis Sosis Khas Polandia yang Paling Populer, Menggugah Selera!żymlok (instagram.com/r_bogo)

Żymlok merupakan sejenis sosis darah yang terbuat dari kombinasi darah babi, roti gulung, sisa daging babi, bawang bombay, rempah-rempah, dan beragam bumbu pilihan. Rempah-rempah ini terdiri dari marjoram, pala, lada hitam, daun salam, allspice, dan buah juniper. Kemudian bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam usus. 

Sebelum ditambahkan ke usus, kombinasi daging giling dalam kaldu daging dan roti gulung direndam dalam kaldu yang sama. Selanjutnya bahan tersebut lalu ditambahkan ke usus.

5. Krupnioki Śląskie

5 Jenis Sosis Khas Polandia yang Paling Populer, Menggugah Selera!krupnioki śląskie (instagram.com/modryblog)

Krupnioki śląskie menjadi makanan pokok hidangan tradisional di negara ini. Sosis darah ini terbuat dari daging babi asap, darah babi, dan soba. Kemudian bahan-bahan tersebut diberi tambahan garam, merica, allspice, bawang bombay, bawang putih, dan marjoram untuk menambah cita rasa.

Karena kepopulerannya, sosis ini mudah ditemukan di setiap toko makanan Polandia. Sosis ini paling lezat saat dihidangkan dalam keadaan panas yang didampingkan dengan roti, mustard, dan acar sayuran.

Polandia mempunyai aneka ragam sosis yang dapat dikombinasikan dengan makanan lain agar terasa lebih lezat. Sosis-sosis tersebut tentu sangat menggugah selera kan?

Baca Juga: 5 Cara Berkreasi dengan Sosis dan Paprika, Awas Bikin Ketagihan!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya