Comscore Tracker

5 Pai Gurih Khas Negara Georgia, Nikmatnya Bikin Kamu Melayang-layang

Pastinya bikin lidah bergoyang saat menikmatinya 

Selain rasa manis, pai juga memiliki jenis dengan rasa gurih yang tak kalah menggoda. Kue yang identik dengan bentuk bulat ini ternyata mampu membuat banyak orang menggemarinya. Salah satu negara yang mempunyai beragam pai gurih adalah Georgia. 

Tak hanya rasanya saja yang bikin penasaran, namun dari tampilannya sudah menggugah selera. Berikut 5 pai gurih khas negara Georgia yang nikmatnya bikin kamu melayang-layang.

1. Imeruli Khachapuri

5 Pai Gurih Khas Negara Georgia, Nikmatnya Bikin Kamu Melayang-layangimeruli khachapuri (instagram.com/la.brilliant)

Imeruli khachapuri merupakan pai tradisional yang umumnya berisi keju yang meleleh. Pai lezat ini terbuat dari kombinasi tepung terigu, garam, gula, ragi, air, dan terkadang yogurt. Sementara itu, isian keju umumnya diperkaya dengan tambahan telur.

Makanan ini kian nikmat saat diolesi dengan mentega segera setelah keluar dari oven dan dihidangkan selagi masih panas.

2. Khachapuri

5 Pai Gurih Khas Negara Georgia, Nikmatnya Bikin Kamu Melayang-layangkhachapuri (instagram.com/samuela.croitoru)

Khachapuri merupakan salah satu hidangan paling populer di negara ini. Pai ini identik dengan keju leleh, telur dan mentega yang diletakkan di atasnya. Pai ini dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk, dan tergantung pada prosedur memanggang dan bentuknya.

Terkadang banyak orang yang menambahkan berbagai tambahan topping seperti tomat atau daun seledri.

3. Kubdari

5 Pai Gurih Khas Negara Georgia, Nikmatnya Bikin Kamu Melayang-layangkubdari (instagram.com/nati_cook)

Kubdari merupakan pai yang terdiri dari daging sapi, babi, atau kombinasi keduanya. Kemudian daging tersebut dikombinasikan dengan rempah-rempah seperti jinten, dill, ketumbar, fenugreek biru, paprika merah, bawang bombay, bawang putih, dan garam. Sementara itu, adonan terbuat dari tepung terigu, air, ragi, gula, garam, dan telur.

Disarankan untuk mengolesinya dengan mentega dan menyajikannya dalam keadaan panas.

Baca Juga: 5 Olahan Keju Khas Amerika Serikat yang Populer, Inspirasi Menu Baru!

4. Penovani Khachapuri

5 Pai Gurih Khas Negara Georgia, Nikmatnya Bikin Kamu Melayang-layangpenovani khachapuri (instagram.com/jokuti)

Penovani khachapuri merupakan pai yang terbuat dari kombinasi keju imeruli dan sulguni yang diparut lalu dipadukan dengan kuning telur. Kombinasi bahan tersebut diletakkan pada sepotong puff pastry yang dilipat menjadi segitiga atau bujur sangkar.

Sebelum proses pemanggangan, setiap khachapuri diolesi dengan campuran kuning telur dan susu. Pai siap untuk disantap setelah mengembang dan menjadi cokelat keemasan. 

5. Mingrelian Khachapuri

5 Pai Gurih Khas Negara Georgia, Nikmatnya Bikin Kamu Melayang-layangmingrelian khachapuri (instagram.com/halfrussianfoodie)

Mingrelian khachapuri merupakan pai lezat yang berbentuk bulat dan di atasnya diberi lebih banyak keju. Keju ini umumnya menggunakan jenis keju chkinti-kveli imeretian. Cara pembuatannya yaitu, adonan disiapkan dengan tepung, air, ragi, gula, dan garam.

Setelah adonan mengembang, lalu diberi topping yang dikombinasikan dengan telur dan keju. Setelahnya dipanggang hingga keju menjadi bergelembung dan berwarna cokelat keemasan

Nah, itulah 5 pai khas negara Georgia yang gurihnya kebangetan. Kamu sudah pernah mencoba olahan pai gurih dari negara ini?

Baca Juga: 5 Camilan Khas Portugal Paling Populer dan Favorit, Memanjakan Lidah!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya