Comscore Tracker

5 Ragam Mi Khas Kansai-Jepang yang Kuah Gurihnya Nyegerin!

Rasanya mudah bikin kangen!

Siapa sih yang tak suka beragam jenis mi yang berasal dari Jepang? Negara ini, terutama di wilayahnya yang bernama Kansai mempunyai banyak ragam mi yang bisa dicoba. Mi di daerah ini mempunya kuah yang sedap dan juga gurih.

Makanan ini juga terbuat dari jenis mi yang sebagian besar sudah tak asing lagi buat kita. Apa saja ragam mi khas Kansai yang bisa bikin jatuh hati sekali coba? Yuk, simak bacaan di bawah ini!

1. Matcha soba

5 Ragam Mi Khas Kansai-Jepang yang Kuah Gurihnya Nyegerin!matcha soba (instagram.com/beautychokes)

Mungkin ketika mendengar matcha, kita teringat dengan minuman yang menyegarkan. Namun, tahukan kamu bahwa di wilayah Kansai terdapat mi yang bernama matcha soba? Mi ini juga populer dengan nama cha soba

Mi ini merupakan makanan tradisional Jepang yang terbuat dari tepung soba dan teh matcha. Teh ini dibuat dengan bubuk teh hijau dan mempunyai rasa yang pahit, lembut, atau sedikit manis.

Mi soba diresapi dengan matcha, menjadi hijau dalam prosesnya. Bahan tersebut lalu direbus, disaring, dibilas dan dikeringkan. Kemudian dihidangkan dengan daun bawang cincang, wasabi, dan saus tsuyu di sampingnya. 

2. Kitsune udon

5 Ragam Mi Khas Kansai-Jepang yang Kuah Gurihnya Nyegerin!kitsune udon (instagram.com/kiwisorbet)

Kitsune udon merupakan makanan Jepang populer yang terbuat dari mi udon yang dihidangkan dalam kaldu dashi yang sedap. Lalu di atasnya diberi irisan atau tahu goreng utuh yang dikenal sebagai aburaage. Mi juga terkadang dihiasi dengan daun bawang yang diletakkan di atasnya.

Nama hidangan ini mempunyai arti udon rubah. Hal ini mengacu pada cerita rakyat lama yang menunjukkan bahwa rubah adalah pengagum berat aburaage goreng.

Baca Juga: 7 Variasi Jenis Udon yang Ada di Jepang, Gak Cuma Mie Biasa

3. Nishin soba

5 Ragam Mi Khas Kansai-Jepang yang Kuah Gurihnya Nyegerin!nishin soba (instagram.com/antoniusfischt)

Nishin soba merupakan makanan yang bahan utamanya menggunakan mi soba. Selain itu, dalam pembuatannya, mi juga memerlukan ikan haring yang dihidangkan di atas mi soba dalam kuah tsuyu yang panas. Bahan-bahan pendukung lainnya adalah jamur shiitake, sake, gula, mirin, kecap, dan dashi.

Mi umumnya diletakkan ke dalam mangkuk, diikuti dengan kaldu tsuyu, dan selanjutnya mi diberi ikan di atasnya dan jamur shiitake. Mi dapat dinikmati dalam keadaan panas maupun dingin, tergantung musimnya 

4. Udon-suki

5 Ragam Mi Khas Kansai-Jepang yang Kuah Gurihnya Nyegerin!udon-suki (instagram.com/schwaschwa_kitchen)

Bagi pecinta hot pot, maka dapat mencicipi udon-suki. Mi ini terbuat dari kombinasi mi udon dan beragaam bahan pendukungnya seperti udang windu, cumi-cumi, ayam, tahu, belut conger, kerang Hamaguri, babi, salmon, jamur shiitake, dan negi. Sementara itu, kuahnya umumnya diberi bumbu yang berupa miso, mirin, dashi, dan kecap manis dan gurih.

Mi ini makin populer ketika musim dingin tiba karena bergizi, hangat, dan dapat menghangatkan. Makanan ini terdiri dari banyak bahan yang pastinya sangat mengenyangkan.

5. Wakayama ramen

5 Ragam Mi Khas Kansai-Jepang yang Kuah Gurihnya Nyegerin!wakayama ramen (instagram.com/supra5141)

Wakayama ramen adalah mi yang sering digambarkan sebagai ramen ala Tokyo yang dihidangkan ke dalam kaldu tokushima. Mi yang dipakai dalam ramen wakayama tipis dan lurus. Sementara itu, kuahnya bisa bening dan rasa kecap atau bisa terbuat dari campuran dasar tonkotsu dan kecap.

Penggunaan iga babi menjadi salah satu bahan tambahan yang paling sering digunakan dalam ramen wakayama. Mi umumnya dihidangkan dengan telur rebus yang matang. Uniknya, mi sering dihidangkan dengan sushi di sampingnya.

Ragam mi di atas terlihat menggoda dari segi tampilannya saja. Rasanya dijamin tak kalah bikin penasaran lho!

Baca Juga: 7 Jenis Ramen khas Jepang Paling Favorit di 2021, Ada Aneka Topping!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya