Comscore Tracker

5 Ragam Minuman Khas Yunani yang Menyegarkan, Autentik!

#IDNTimesFood Gak kalah autentik dengan menu tradisionalnya!

Yunani adalah negara Eropa yang banyak dipilih sebagai pilihan destinasi wisata. Tak hanya karena kepopuleran wisata yang dimilikinya, negara ini juga mempunyai beragam minuman dengan rasa khas yang menggoda.

Minuman ini tak hanya menyegarkan, namun juga bisa membuat tubuh seketika rileks saat meminumnya. Untuk kamu yang penasaran apa saja ragam minuman khas Yunani, berikut lima daftarnya.

1. Frappé

5 Ragam Minuman Khas Yunani yang Menyegarkan, Autentik!frappé (Instagram.com/puntofrio_mid)

Frappé merupakan variasi kopi Yunani yang sudah ada sejak tahun 1957. Kopi ini dibuat dengan menggabungkan kopi instan dengan air dan es. Kombinasi ini biasanya disiapkan dalam shaker atau mixer tangan, sehingga ketika minuman dituangkan ke dalam gelas, busa akan muncul di atasnya.

Dijaman modern ini, kopi bisa ditambahkan dengan krim kocok, es krim, atau susu cair cokelat. Secara tradisional, kopi ini disajikan dalam gelas yang tinggi.

2. Kopi Yunani

5 Ragam Minuman Khas Yunani yang Menyegarkan, Autentik!kopi Yunani (Instagram.com/travelstoriesofalexandra)

Kopi Yunani atau Greek coffee merupakan salah satu kopi yang paling populer di negara ini. Cara pembuatannya yaitu, biji kopi sangrai yang ditumbuk halus dicampur dengan air dingin. Kemudian diletakkan ke dalam teko kopi tradisional yang disebut cezve atau ibrik. 

Setelahnya kopi diseduh dengan api kecil hingga berbusa dan hampir mendidih. Proses tersebut akan menghasilkan kopi yang kuat dan unik.

Baca Juga: 10 Ragam Minuman Nikmat Asal Spanyol, dari Kopi Sampai Minuman Cokelat

3. Assyrtiko

5 Ragam Minuman Khas Yunani yang Menyegarkan, Autentik!assyrtiko (Instagram.com/domainehatzimichalis)

Assyrtiko merupakan variasi wine putih Yunani yang berasal dari pulau Santorini. Minuman ini juga dapat ditemukan di pulau Aegea lainnya seperti Paros. 

Wine ini mempunyai aroma jeruk dan mineral yang menggoda. Wine juga dapat dicampur dengan dua variasi wine lokal lainnya, seperti Aidani dan Athiri.

4. Ouzo

5 Ragam Minuman Khas Yunani yang Menyegarkan, Autentik!ouzo (Instagram.com/your.greek.bartender)

Ouzo merupakan minuman yang disuling dari alkohol netral yang diencerkan dengan air. Kemudian air tersebut dibumbui dengan campuran adas manis, biji adas, ketumbar, kapulaga, pala, kayu manis, jahe, atau angelica.

Minuman ini dilindungi oleh hukum Eropa dan hanya dapat diproduksi di Yunani dan bagian Yunani di Siprus.

5. Tsipouro

5 Ragam Minuman Khas Yunani yang Menyegarkan, Autentik!tsipouro (Instagram.com/foodwill.greece)

Tsipouro adalah minuman yang disuling dari pomace. Ini merupakan komponen padat anggur yang tersisa setelah jusnya diperas. Menurut beberapa catatan, minuman ini pertama kali diproduksi pada abad ke-14 oleh para biarawan Ortodoks.

Minuman ini hadir dalam bentuk aslinya yang murni, tetapi beberapa penyuling menambahkannya dengan tumbuhan yang biasanya berupa adas manis. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan rasa adas manis yang kuat.

Semua minuman khas Yunani ini terlihat menggoda ya. Jika berkunjung, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi minuman khas negara ini.

Baca Juga: 5 Ragam Minuman Khas Bahama yang Nikmat, Segar Banget!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya