Comscore Tracker

5 Ragam Street Food Khas Israel yang Wajib Dicoba, Gak Bikin Nyesel!

Awas, bikin kalap!

Israel adalah salah satu negara yang terkenal dengan berbagai objek wisatanya yang mempunyai panorama begitu mengesankan. Tak cuma itu saja, kulinernya juga memiliki tampilan menarik dan lezat.

Ketika berlibur ke negara ini, tak lengkap rasanya jika belum mencoba street food khas yang terkenal menggoda. Dari visualnya saja, sudah menggugah selera. Apa saja makanan yang sukses bikin ngiler ini? Yuk, simak artikel berikut!

1. Israeli Salad

5 Ragam Street Food Khas Israel yang Wajib Dicoba, Gak Bikin Nyesel!Israeli salad (instagram.com/nofi.foto.food)

Israeli salad merupakan makanan sehat yang umumnya terdiri dari potongan dadu kecil tomat, mentimun, bawang bombay, dan paprika atau cabai. Umumnya salad diberi campuran minyak zaitun dan jus lemon. Peterseli bisa ditambahkan jika diinginkan.

Salad ini cukup menyenyangkan, sehingga terkadang dihidangkan sebagai menu utama. Beberapa orang juga menyajikannya sebagai makanan pendamping. Makanan ini mudah ditemukan di pedangan kaki lima, sehingga menjadi salah satu makanan street food populer di Israel. Ketika menjadi street food, jajanan ini biasanya dibungkus dengan roti pita dengan falafel atau shawarma.

2. Sabich

5 Ragam Street Food Khas Israel yang Wajib Dicoba, Gak Bikin Nyesel!sabich (instagram.com/denisekortlever)

Sabich merupakan makanan sejenis roti lapis atau saat ini dikenal sebagai sandwich. Makanan ini dibuat dengan mengisi roti pita dengan terong goreng, telur rebus, saus tahini, salad Israel, hummus, saus mangga acar atau yang biasa disebut amba, dan peterseli.

Selain populer sebagai street food, makanan ini juga sering dijadikan camilan atau menjadi menu sarapan pada hari Sabat pagi. Makanan ini mudah ditemukan di pedagang-pedagang kaki lima. Hidangan ini pertama kali dibawa ke Israel sekitar tahun 1940-an hingga 1950-an oleh orang Yahudi Irak.

Baca Juga: 5 Korean Street Food di Bandung, Harganya Bersahabat Banget!

3. Falafel

5 Ragam Street Food Khas Israel yang Wajib Dicoba, Gak Bikin Nyesel!falafel (Instagram.com/mon_insta_diet)

Falafel tak hanya terkenal di Israel, namun juga populer di beberapa negara seperti Mesir, Lebanon, dan Palestina. Makanan ini juga menjadi salah satu makanan nasional di Israel. Hidangan ini terkenal sebagai street food yang biasanya cara menjualnya dibungkus kertas. 

Dalam pembuatannya, makanan ini memerlukan buncis, namun bahan ini dapat diganti dengan kacang fava. Bahan-bahan lainnya adalah peterseli, ketumbar, jinten, dan bawang. Makanan ini paling sering disantap dalam roti lapis pita atau lafa, dengan tambahan sayuran segar atau acar yang diberi lapisan pasta hummus, saus tahini, atau saus yoghurt rasa bawang putih yang menggoyang lidah.

4. Bourekas

5 Ragam Street Food Khas Israel yang Wajib Dicoba, Gak Bikin Nyesel!bourekas (instagram.com/the_cookie_fairy)

Bourekas merupakan kue tradisional yang mempunyai beragam versi yang terbuat dari adonan phyllo, puff pastry, atau brik pastry. Adonan ini kemudian diberi isian keju, feta atau kashkaval, bayam, jamur, kentang tumbuk, atau isian yang biasanya digunakan pada pizza.

Karena terdapat banyak versi, maka isiannya pun juga bervariasi. Misalnya borekas yang terbuat dari puff pastry dan mengandung produk susu selalu mempunyai bentuk segitiga. Sementara yang mengandung produk non-susu selalu mempunyai bentuk kotak atau lingkaran. Sebelum adonan mengalami proses pemanggangan, adonan ditaburi biji poppy, biji nigella, biji wijen hitam, atau za'atar terlebih dahulu.

5. Jerusalem Mixed Grill

5 Ragam Street Food Khas Israel yang Wajib Dicoba, Gak Bikin Nyesel!Jerusalem mixed grill (instagram.com/talandalon)

Jerusalem mixed grill merupakan makanan yang berasal dari Yerusalem. Makanan ini umumnya terbuat dari hati ayam panggang, hati, dan limpa yang dicampur dengan daging domba giling atau lemak domba dan bawang bombay. Campuran bahan-bahan tersebut kemudian diberi bumbu kunyit, bawang putih, lada hitam, jinten, ketumbar, dan minyak zaitun.

Selanjutnya, daging panggang umumnya dihidangkan dalam baguette atau roti pita sebagai sandwich. Bahan seperti salad, hummus, dan kentang goreng biasanya digunakan sebagai pelengkapnya. Makanan ini menjadi salah satu street food paling terkenal di Yerusalem.

Punya beragam pilihan dengan rasa yang tak kalah nikmat, kelima street food di atas wajib kamu coba ketika berkunjung ke Israel. Semoga bisa menjadi referensimu saat menghabiskan waktu liburan di sana ya.

Baca Juga: 6 Street Food Manis Terenak dari Berbagai Negara, Ada Serabi, Lho!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya