Comscore Tracker

5 Roti Manis Khas Kroasia, Bikin Jatuh Hati Saat Gigitan Pertama!

Rasanya nikmat, tak cukup satu!

Roti manis memang menjadi salah satu makanan yang tak pernah membosankan. Kroasia adalah salah satu negara yang menghasilkan aneka ragam roti manis yang lembut dan juga kelezatan yang tak mudah terlupakan. 

Roti manis ini juga mempunyai beragam ukuran, mulai dari bundar, segitiga, hingga lonjong. Beberapa diantaranya juga diberi taburan gula bubuk yang membuatnya kian menarik. Berikut lima roti manis khas Kroasi yang cocok buat camilan di rumah.

1. Fritule

5 Roti Manis Khas Kroasia, Bikin Jatuh Hati Saat Gigitan Pertama!fritule (instagram.com/midvakuhava)

Fritule mempunyai bentuk bulat dengan rasa yang manis. Roti ini terbuat dari adonan ragi dasar yang mengkombinasikan telur, tepung, susu, mentega, dan gula. Beberapa orang juga sering menambahkan kismis, apel parut, yogurt, dan baking powder.

Basis mentega yang tebal umumnya diperkaya dengan rasa vanila dan jeruk. Hal ini menghasilkan aroma yang harus dan rasa yang khas pada gorengan kecil ini. Bahan rahasia dalam pembuatan hidangan ini adalah brendi. 

2. Grašnjaki

5 Roti Manis Khas Kroasia, Bikin Jatuh Hati Saat Gigitan Pertama!grašnjaki (instagram.com/slatkakorcula)

Bagi pecinta gorengan, maka bisa mencoba untuk mencicipi grašnjaki. Roti ini diberi isian yang berupa kombinasi chestnut lokal atau yang disebut maruni, mentega, kayu manis, gula, dan sedikit minuman keras dengan rasa melon.

Adonan umumnya terbuat dari tepung, telur, garam, gula, gula vanila, ragi, susu, dan margarin. Setelah diisi, adonan lalu di goreng ke dalam minyak panas. Setelah proses selesai, roti diberi taburan gula halus. Roti ini sangatlah populer selama musim karnaval dan Natal, meskipun dapat dinikmati sepanjang tahun.

Baca Juga: 5 Roti Manis Khas Amerika Utara yang Terkenal, Asyik untuk Dicoba!

3. Pršunate

5 Roti Manis Khas Kroasia, Bikin Jatuh Hati Saat Gigitan Pertama!pršunate (instagram.com/tturcinov)

Pršunate merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Dalmatia. Pada masa lalu, roti ini umumnya ketika musim karnaval. Roti manis ini terbuat dari kombinasi tepung, telur, air, susu, gula, dan garam.

Adonan diambil dengan menggunakan sendok dan kemudian dicelupkan ke dalam minyak panas. Setelah semua proses selesai, roti ini selanjutnya ditaburi gula halus atau juga terkadang disiram dengan cokelat cair.

4. Krafne

5 Roti Manis Khas Kroasia, Bikin Jatuh Hati Saat Gigitan Pertama!krafne (instagram.com/justmonique_91)

Krafne merupakan donat khas Eropa yang tak hanya terkenal di Kroasia, namun juga Austria, Republik Ceko, Jerman, Hongaria, Polandia, hingga Serbia. Donat ini dibuat dengan adonan beragi yang mengalami proses penggorengan sampai berubah warna menjadi keemasan. 

Donat ini renyah di luar dan tetap lembut dan ringan di dalam. Roti ini dapat dimakan dalam keadaan polos, namun beberapa orang menambahkannya dengan selai, dan puding vanila atau cokelat. Sementara itu, bagian atasnya dapat pula diberi taburan berupa gula bubuk atau ditaburi cokelat. 

5. Kroštule

5 Roti Manis Khas Kroasia, Bikin Jatuh Hati Saat Gigitan Pertama!kroštule (instagram.com/50shadesofhunger)

Kroštule merupakan roti yang dibuat dengan menggoreng adonan berbentuk pita. Adonan terbuat dari tepung terigu, gula, kuning telur, minyak, dan susu. Roti ini secara tradisional diberi bumbu yang berupa kulit lemon, limoncello, atau minuman keras dengan rasa jeruk.

Ketika masih hangat, roti diberi taburan gula bubuk. Dijaman modern ini, hidangan ini biasanya dikaitkan dengan musim karnaval yang meriah.

Roti manis khas Krosia bisa membuat ketagihan sekali coba. Roti yang mana nih, yang sukses bikin kalian pengen cobain?

Baca Juga: 5 Ide Kreasi Sopapilla yang Enak, Roti Goreng Praktis dari Spanyol

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya