Comscore Tracker

5 Street Food Khas Afrika Selatan, Cocok Jadi Penunda Lapar! 

#IDNTimesFood Dari yang manis hingga gurih

Afrika Selatan menyimpan banyak rekomendasi camilan nikmat yang mudah ditemukan. Sebagian besar camilan asal negara ini mempunyai rasa manis dan gurih.

Tak hanya menjadi kudapan saat berkumpul dengan keluarga, camilan ini banyak ditemui sebagai hidangan street food dan menu di restoran.

Kalau kamu sedang mencari menu pengganjal rasa lapar, jangan lupa untuk catat kudapan khas Afrika Selatan ini, ya. 

1. Vetkoek

5 Street Food Khas Afrika Selatan, Cocok Jadi Penunda Lapar! vetkoek (Instagram.com/kenwoodza)

Vetkoek merupakan street food yang sangatlah populer. Makanan ini terdiri dari roti ragi goreng yang diisi dengan keju, kari, atau selai buah. Umumnya, vetkoek dihidangkan sebagai camilan, sarapan, atau makan siang.

Penikmatnya juga bisa menyajikannya apa adanya, atau sebagai teman minum secangkir teh.

2. Biltong

5 Street Food Khas Afrika Selatan, Cocok Jadi Penunda Lapar! biltong (Instagram.com/jacksonsbeefjerky)

Biltong merupakan camilan daging sapi tradisional Afrika Selatan yang diolah dengan cara unik. Cara pembuatannya yaitu daging sapi dikeringkan dengan cuka yang dapat menambahkan lapisan tekstur serta rasa.

Kemudian, daging akan dibumbui dengan garam, merica, dan ketumbar. Daging ini jauh lebih tebal daripada dendeng dan terasa gurih di lidah. 

3. Pampoenkoekies

5 Street Food Khas Afrika Selatan, Cocok Jadi Penunda Lapar! pampoenkoekies (Instagram.com/foodfights.uk)

Pampoenkoekies merupakan makanan penutup yang menggunakan labu goreng sebagai bahan utama. Bahan tersebut kemudian dicampur dengan tepung, baking powder, gula, susu, telur, dan garam. 

Adonan kemudian digoreng hingga golden brown dan disajikan dengan siraman sirup karamel yang legit. Karena adanya perpaduan rasa gurih dan manis, makanan yang lezat ini bisa disajikan sebagai sarapan, camilan, dessert, atau lauk pauk.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Belanda Berbahan Kentang, Simpel dan Nikmat!

4. Koeksister

5 Street Food Khas Afrika Selatan, Cocok Jadi Penunda Lapar! koeksister (Instagram.com/cookitude)

Koeksister merupakan camilan yang mempunyai rasa manis. Makanan dengan tekstur agak lengket ini disiapkan dengan menggoreng potongan adonan yang dikepang dalam minyak, lalu mencelupkannya ke dalam sirup gula dingin.

Camilan ini biasanya dijual di setiap jalan utama di Afrika Selatan, serta supermarket besar. Hidangan ini semakin nikmat saat ditambahkan dengan kayu manis atau jus lemon sebelum dikonsumsi.

5. Droëwors

5 Street Food Khas Afrika Selatan, Cocok Jadi Penunda Lapar! droëwors (Instagram.com/faydit_photography)

Droëwors merupakan sosis dendeng kering. Makanan ini terbuat dari daging sapi atau kambing dengan lemak ekor domba, ketumbar, cuka, dan berbagai rempah-rempah. Adonan juga diperkaya dengan campuran potongan bawang putih serta cabai. 

Sosis tipis ini dikeringkan dengan cepat untuk menyesuaikan kondisi cuaca panas Afrika Selatan. Jika mencari camilan yang cepat, praktis, dan bergizi, kudapan ini jawabannya!

Camilan nikmat khas Afrika Selatan ini tentu mampu memanjakan lidah. Selain itu, bahan-bahan yang sederhana namun kompleks menjadikan menu camilan ini cocok menjadi pengganjal rasa lapar. Sudah memutuskan ingin coba yang mana?

Baca Juga: 5 Olahan Daging Kambing Khas Afrika Selatan, Rasanya Paling Favorit!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya