Comscore Tracker

5 Sup Khas Slovenia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!

#IDNTimesFood Bikin ketagihan!

Slovenia merupakan salah satu negara Eropa yang terkenal akan wisata alamnya yang eksotis abis. Ketika berkunjung ke sini, banyak wisatawan yang mencicipi beragam makanan khas yang tentu sangat menggugah selera. Salah satu makanan yang menjadi buruan adalah sup.

Sup khas Slovenia terkenal lezat dan menggoyang lidah. Sup tersebut juga kaya akan rempah dan juga baik untuk kesehatan. Berikut lima sup khas Slovenia yang enaknya bikin kalap, patut dicoba!

1. Bograč

5 Sup Khas Slovenia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!bograč (Instagram.com/deiligbrod)

Bograč merupakan sup daging tradisional Slovenia yang menurut cerita ditemukan oleh para gembala Hongaria ketika Prekmurje berada di bawah pemerintahan Hongaria. Sup ini terdiri dari empat jenis daging yang secara tradisional menggunakan daging babi, daging sapi, daging rusa, dan babi hutan. Daging-daging tersebut kemudian direbus bersama dengan kentang, bawang, rempah-rempah, anggur, dan jamur opsional.

Makanan ini diberi nama bogracs, yaitu kuali tradisional yang masih dipertahankan hingga saat ini.

2. Aleluja

5 Sup Khas Slovenia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!aleluja (slovenia.si)

Aleluja merupakan sup yang umumnya disajikan saat Paskah. Sup yang berasal dari wilayah Dolenjska ini memerlukan ham, kulit lobak kering, garam, merica, sayuran musiman, telur, dan tepung dalam pembuatannya. 

Cara pembuatannya yaitu sayuran dimasak dengan sisa air rebusan ham Paskah dan dimasak bersama dengan kulit lobak. Kemudiah kuah sup terbuat dari tepung dan telur, yang kemudian dimasak di dalam sup. Setelah selesai, aleluja sering kali dihiasi dengan keripik sebelum disajikan dan dinikmati.

Baca Juga: 5 Sup Lezat Khas Armenia, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan!

3. Prežganka

5 Sup Khas Slovenia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!prežganka (Instagram.com/manu3l92)

Prežganka merupakan sup klasik Slovenia yang menggunakan bahan-bahan sederhana dalam pembuatannya. Cara pembuatannya yaitu dengan menyiapkan air, tepung yang diolesi sedikit kecoklatan dalam minyak, dan rempah-rempah seperti biji jintan, paprika, garam, dan merica. Kemudian tambahan telur yang dikocok ringan. Telur membuat sup ini memiliki tekstur yang lebih kental dan rasa yang lebih kompleks.

Umumnya sup ini dihidangkan dengan crouton atau roti panggang di sampingnya dan diyakini sebagai obat penghilang rasa sakit yang hebat. 

4. Štrukljeva Juha

5 Sup Khas Slovenia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!štrukljeva juha (oblizniprste.si)

Štrukljeva juga merupakan sup yang cukup populer di Slovakia. Cara pembuatannya yaitu dengan menyiapkannya pangsit štruklji yang terbuat dari adonan strudel dan diisi dengan keju cottage, kemudian dipotong kecil-kecil dan dimasak dalam air mendidih yang memiliki rasa asin.

Selama proses pembuatan, keju cottage dari pangsit ini mengentalkan sup sehingga menjadi lebih mengenyangkan. Setelah semua proses selesai, sup akan ditaburi daun bawang cincang atau peterseli. 

5. Štajerska Kisla Juha

5 Sup Khas Slovenia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!štajerska kisla juha (Instagram.com/homefoodslovenia)

Štajerska kisla juha atau Sup asam styrian merupakan sup yang berasal dari Lower Styria. Umumnya sup ini terbuat dari kombinasi kaki babi, kepala babi, bawang putih, bawang merah, garam, merica, marjoram, peterseli, timi, cuka apel atau anggur, kentang, krim asam, dan tepung.

Kemudian daging dan sayur diiris dan direbus dengan air. Selanjutnya dicampur dengan campuran tepung dan krim asam agar kuahnya mengental. Untuk menambah cita rasa, cuka ditambahkan ke dalam sup agar lebih asam. 

Slovenia mempunyai beragam sup yang lezat dan menggugah selera. Sup-sup ini juga cocok untuk menghangatkan tubuh dan merilekskan badan. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 8 Sup Khas Prancis dengan Cita Rasa Unik, Cocok Menghangatkan Tubuh

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya