Comscore Tracker

5 Varian Sup Populer Khas Amerika Utara, Sedap dan Penuh Rasa! 

Semangkuk hidangan yang penuh kehangatan

Sup adalah salah satu hidangan yang menjadi favorit banyak orang di berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah masyarakat di kawasan Amerika Utara yang memiliki banyak varian sup yang menjadi andalan.

Tentu berbagai variasi sup yang jadi karakteristik berbagai daerah di kawasan ini disajikan dengan beragam. Mulai dari semangkuk sup penuh sayuran, hingga semangkuk sup yang kaya akan nutrisi hewani.

Berikut lima sup asal beberapa negara Amerika  Utara yang bikin tubuh seketika rileks yang sekaligus menyehatkan. Yuk, kita simak ulasannya bersama-sama!

1. Caldo de pollo

5 Varian Sup Populer Khas Amerika Utara, Sedap dan Penuh Rasa! ilustrasi hidangan caldo de pollo (instagram.com/mexicoinmykitchen)

Caldo de pollo merupakan makanan berupa sup ayam yang berasal dari Meksiko. Sup ini pada umumnya menggunakan rempah-rempah khas Meksiko yang mencakup bubuk cabai dan ketumbar. Selain itu, bahan pendukung lainnya adalah potongan ayam, nasi, kentang, dan sayuran cincang.

Sup ini dikatakan dapat menjadi obat mabuk yang hebat. Makanan ini juga biasanya menggunakan sesendok guacamole atau irisan alpukat sebagai hiasannya. 

2. Asopao

5 Varian Sup Populer Khas Amerika Utara, Sedap dan Penuh Rasa! ilustrasi hidangan asopao (instagram.com/rumi_to_pon)

Asopao merupakan sup nikmat khas Puerto Rico. Makanan ini digambarkan sebagai persilangan antara sup dan juga semur. Asopao berisi nasi dan juga bahan pendukung lainnya, seperti daging sapi, daging babi, seafood, kacang polong, hingga ayam.

Sup ini sangat mengenyangkan dan mempunyai aroma yang sedap. Aospao sangat mudah ditemukan di banyak restoran lokal dan sebagian besar menjadi hidangan favorit rumah tangga di Puerto Rico.

Baca Juga: 6 Ragam Sup Seafood Populer di Dunia yang Bikin Lidah Senang

3. Menudo

5 Varian Sup Populer Khas Amerika Utara, Sedap dan Penuh Rasa! ilustrasi hidangan menudo (instagram.com/mayamexicanrestaurant)

Menudo merupakan makanan tradisional khas Meksiko. Sup ini terbuat dari bawang putih, bawang merah, cabai, jagung manis, dan babat. Di dalam semangkok menudo juga biasanya memiliki isian berbagai jeroan sapi. Makanan ini umumnya dibuat untuk acara-acara dan perayaan khusus.

Oleh masyarakat setempat, Menudo juga dianggap sebagai obat untuk orang mabuk. Sup ini juga populer dengan aromanya yang sedap. Untuk menambah rasa semakin segar, masyarakat biasanya menggunakan perasan jeruk nipis ke dalam sup ini.

4. Caldo de camaron

5 Varian Sup Populer Khas Amerika Utara, Sedap dan Penuh Rasa! ilustrasi hidangan caldo de camarón (instagram.com/elcevichazo)

Caldo de camaron merupakan sup gurih khas Meksiko. Sup ini terdiri dari potongan-potongan lembut udang, labu siam, dan wortel. Semua bahan tersebut lalu dimasukkan ke dalam kaldu yang dibuat dengan cabai dan tomat rebus. Karena ketenarannya, sup lezat ini sangat mudah dijumpai di seluruh penjuru Meksiko, lho!

Asal-usul sup ini terletak pada Nayarit kuno yang biasa menghidangkap sup pedas berbahan dasar cabai dan udang. Caldo de camaron biasanya menjadikan alpukat cincang dan perasan air jeruk nipis sebagai hiasan.

5. Gumbo

5 Varian Sup Populer Khas Amerika Utara, Sedap dan Penuh Rasa! ilustrasi hidangan gumbo (instagram.com/40aprons)

Gumbo merupakan makanan sejenis sup yang berasal dari Louisiana, Amerika Serikat. Dalam pembuatannya, sup ini dimasak menggunakan kuah kaldu, bendi, daging atau kerang-kerangan, dan bahan pengental. Gumbo biasanya juga ditambahkan dengan beragam sayur-sayuran, seperti seledri, paprika, dan bawang bombai.

Namun, terkadang penikmatnya menambahkan bahan seperti makanan laut dan okra dengan tomat, atau kalkun dan ayam dengan tambahan ham, sosis, dan tiram rebus. Gumbo biasanya dikonsumsi bersama dengan nasi.

Itulah sederet sup yang jadi khas dari masyarakat di Amerika Utara. Apakah kamu kebetulan pernah mencicipi salah satu dari sederet hidangan sup tersebut?

Baca Juga: 5 Macam Sup Kacang Arab dari Berbagai Negara, Mana Paling Juara?

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya