Comscore Tracker

6 Ragam Olahan Telur Khas Italia yang Paling Lezat, Total Enaknya!

Sebelumnya gak pernah kepikiran ada telur seperti ini

Telur adalah salah satu bahan makanan simpel yang populer dijadikan menu sarapan. Namun, ternyata telur dapat dijadikan beragam olahan yang membuatnya menjadi makin lezat, lho. Salah satu negara yang mempunyai aneka ragam olahan telur adalah Italia.

Di Italia, olahan telur yang tadinya simpel bisa diolah menjadi hidangan terbaik dengan cita rasa yang begitu lezat. Bahkan, mungkin saja sebelumnya kita tidak pernah menduga jika olahan telur yang sederhana bisa menjadi masakan yang sangat istimewa di tangan orang Italia.

Apa saja variasi olahan telur tersebut? Langsung simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Frittata

6 Ragam Olahan Telur Khas Italia yang Paling Lezat, Total Enaknya!ilustrasi hidangan frittata (instagram.com/thefoodthatweshare)

Frittata merupakan makanan tradisional berbahan dasar telur yang memiliki bentuk yang bundar. Bahan-bahan pembuatannya adalah telur kocok, prosciutto, keju parut, dan bawang tumis. Semua bahan ini digoreng hingga benar-benar matang, namun, tetap lembab.

Telur harus dikocok ringan supaya gelembung udara tidak terbentuk. Kombinasi telur secara tradisional dimasak menggunakan mentega atau campuran mentega dan minyak. Ketika mentega atau minyak mulai berbusa, kombinasi ini dimasak perlahan di atas api kecil, umumnya menggunakan wajan dengan bagian bawah yang tebal.

2. Frittata di pasta

6 Ragam Olahan Telur Khas Italia yang Paling Lezat, Total Enaknya!ilustrasi hidangan frittata di pasta (instagram.com/deborahdalfovo)

Frittata di pasta merupakan makanan yang umumnya menggunakan pasta sebagai bahan utamanya. Spageti biasanya menjadi salah satu pilihan yang paling umum. Namun, makanan ini ternyata juga bisa menggunakan jenis pasta lainnya.

Bahan lainnya yang bsia digunakan adalah telur, keju parut, prosciutto, potongan sosis, atau jamur. Biasanya, hidangan yang satu ini disajikan bersama dengan salad segar sebagai pelengkap.

Baca Juga: Mendunia, 5 Olahan Telur ini Pasti Ada di Setiap Negara!

3. Deviled eggs

6 Ragam Olahan Telur Khas Italia yang Paling Lezat, Total Enaknya!ilustrasi hidangan deviled eggs (instagram.com/patrickjhamiltondesigns)

Deviled eggs merupakan olahan telur yang dibuat dengan telur rebus yang sudah dikupas dan dibelah dua. Kuning telur rebus dipisah, lalu dikombinasikan dengan bahan-bahan lain, seperti mayones, mustard, acar, dan bumbu pasta halus. Selanjutnya, campuran tadi ditambahkan kembali ke rongga telur atau kulit putihnya.

Untuk memperkaya rasa, kamu juga bisa menambahkan paprika di atasnya. Kudapan ini dapat disajikan dingin sebagai hidangan pembuka atau pendamping.

4. Pallotte cacio e uova

6 Ragam Olahan Telur Khas Italia yang Paling Lezat, Total Enaknya!ilustrasi hidangan pallotte cacio e uova (instagram.com/cuochinprogress)

Pallotte cacio e uova merupakan makanan tradisonal yang berasal dari daerah Abruzzo. Cara pembuatannya yaitu dengan mengkombinasikan roti dan keju bersama telur.Kombinasi bahan-bahan tersebut lantas dibentuk menjadi bola-bola.

Selanjutnya, bola-bola ini digoreng dan direbus perlahan dalam saus tomat yang hangat. Untuk membuatnya makin nikmat, kamu bisa menambahkan bahan seperti, bawang putih, paprika merah yang diiris tipis, dan peterseli cincang.

5. Frittata al formaggio

6 Ragam Olahan Telur Khas Italia yang Paling Lezat, Total Enaknya!ilustrasi hidangan frittata al formaggio (instagram.com/nori413)

Frittata al formaggio mempunyai sebutan lain, yaitu keju frittata. Makanan ini terbuat dari campuran telur, mentega, garam, merica, dan keju seperti parmigiano-reggiano dan gruyère. Cara pembuatannya yaitu, pertama-tama telur dikocok, lalu diberi bumbu garam dan merica. Semua bahan dicampur dengan tambahan keju parut.

Setelah mentega dalam wajan mulai berbusa, campuran ini lalu dituangkan ke dalam wajan dan selanjutnya dimasak dengan api kecil hingga telur mengeras dan bagian atasnya masih berair.

6. Salviata

6 Ragam Olahan Telur Khas Italia yang Paling Lezat, Total Enaknya!ilustrasi hidangan salviata (instagram.com/habi_de_bona_coquina)

Salviata merupakan makanan tradisional yang berasal dari wilayah Florence. Makanan ini adalah telur dadar yang dipanggang di oven. Salviata terbuat dari telur, daun sage, susu, tepung terigu, mentega, garam, dan parutan keju parmiggiano.

Campuran bahan-bahan tersebut lalu diletakkan ke dalam loyang oven yang telah diolesi mentega. Kemudian, adonan dipanggang agar tetap creamy di bagian luar dan dalam. Setelah proses pemanggangan selesai, biasanya makanan ini dihidangkan sebagai hidangan pembuka atau sarapan.

Olahan telur di atas bisa menjadi inspirasi menu sarapan atau camilan yang cukup mengenyangkan. Kamu tertarik mencoba bikin yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Transformasi Olahan Telur Creamy untuk Sarapan Kaya Protein

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya