Comscore Tracker

6 Ragam Sup Asal Negara Skandinavia yang Rasanya Ambyar di Lidah

#IDNTimesFood Bikin gagal diet!

Negara-negara Skandinavia yang terdiri dari Swedia, Islandia, Finlandia, Norwegia, dan Denmark merupakan negara yang terkenal dengan pesona alamnya yang sangat memesona. Tak hanya bentangan alamnya yang bikin takjub, namun beberapa kulinernya ternyata juga sangat menggugah selera.

Salah satu makanan wajib yang harus dicicipi saat ke sana adalah sup andalannya. Selain lezat, sup tersebut juga ampuh menghangatkan tubuh saat musim dingin tiba.

Berikut enam ragam sup asal negara Skandinavia yang rasanya ambyar di lidah. Penasaran?

1. Ärtsoppa

6 Ragam Sup Asal Negara Skandinavia yang Rasanya Ambyar di Lidahärtsoppa (Instagram.com/savorylens)

Ärtsoppa merupakan sup kacang kuning tradisional Swedia. Sup ini awalnya dibuat dari kacang polong yang tumbuh dengan cepat. Dahulu sup ini sangat populer di kalangan orang miskin yang biasa memasak semua bahan dalam panci yang sama karena mereka tidak memiliki lebih dari satu.

Sup ini mempunyai tekstur kuah yang sangat kental, berwarna kuning, dan secara tradisional dimakan pada hari Kamis. Bahan lainnya termasuk irisan tipis daging babi dan rempah-rempah seperti bawang, marjoram, jahe dan cengkeh.

2. Fiskesuppe

6 Ragam Sup Asal Negara Skandinavia yang Rasanya Ambyar di Lidahfiskesuppe (Instagram.com/everybodyjiak)

Fiskesuppe merupakan sup ikan Norwegia yang cukup populer. Sup ini ditandai dengan teksturnya yang lembut dan rasa mentega. Makanan yang menghangatkan ini, muncul dalam banyak versi regional dan musiman.

Namun biasanya terdiri dari berbagai jenis ikan, kerang, dan sayuran akar. Bahan-bahan tersebut dimasak dalam kaldu yang kaya dengan mentega, susu, dan krim.

Sebelum dihidangkan, sup dibumbui dengan berbagai rempah segar dan perasan jus lemon.

3. Sodd

6 Ragam Sup Asal Negara Skandinavia yang Rasanya Ambyar di Lidahsodd (Instagram.com/lillianchi)

Sodd merupakan makanan nasional Norwegia. Sup ini biasanya terdiri dari daging kambing yang dipotong dadu, bakso yang terbuat dari daging sapi, domba atau kambing, wortel, dan kentang. Kemudian bahan-bahan tersebut dihidangkan dalam kuah bening yang harum. Sayuran biasanya dimasak secara terpisah dan kemudian ditambahkan ke kaldu.

Sup ini telah menjadi makanan pokok di Norwegia sejak abad ke-13. 

Baca Juga: 12 Sup Terenak se-Asia, Ternyata Rawon Nomor Satu Lho! 

4. Svartsoppa

6 Ragam Sup Asal Negara Skandinavia yang Rasanya Ambyar di Lidahsvartsoppa (Instagram.com/inneoute)

Svartsoppa merupakan sup anti mainstream asal Swedia. Makanan ini adalah sup darah yang terbuat dari darah angsa namun terkadang juga dengan darah babi, kaldu angsa, rempah-rempah, dan bumbu.

Hidangan ini mempunyai kombinasi rasa yang pedas, manis, dan asam. Sup juga bertekstur kental dan berwarna hitam kemerahan, sehingga sering disebut sup hitam. Terdapat tambahan bahan khas untuk sup termasuk kentang, isi perut, plum rebus, dan sosis hati angsa.

5. Gule Ærter

6 Ragam Sup Asal Negara Skandinavia yang Rasanya Ambyar di LidahGule Ærter (Instagram.com/skandibakers)

Gule Ærter adalah sup kacang polong asal Denmark. Sup ini umumnya terdiri dari kacang polong hijau atau kuning yang dimasak bersama dengan berbagai sayuran dan bumbu. sup ini sering dilengkapi dengan daging babi atau daging asap.

Sup yang sehat dan bergizi ini seringkali menjadi makanan pokok bagi penduduk setempat.

6. Hønsekødssuppe

6 Ragam Sup Asal Negara Skandinavia yang Rasanya Ambyar di Lidahhønsekødssuppe (Instagram.com/juliethinesen)

Hønsekødssuppe adalah sup ayam asal Denmark. Sup ini biasanya disiapkan dengan kaldu ayam yang jernih dan beraroma, sayuran seperti wortel dan daun bawang. Bahan lainnya adalah bakso babi atau sapi berukuran kecil, dan pangsit. Sedangkan daging ayamnya sebagian besar diparut.

Kemudian sup dibumbui dengan berbagai rempah segar seperti thyme dan peterseli. Sup ini paling mantap saat disajikan dalam keadaan hangat. Sup bergizi ini adalah makanan pokok di restoran serta hidangan rumahan tradisional.

Sup khas negara Skandinavia ini selain lezat, juga cukup mengenyangkan. Sup tersebut juga bisa menjadi referensi hidangan nikmat di rumah.

Baca Juga: Resep Sup Vegan Kari Thailand, Sajian Penuh Rempah dan Kaya Rasa!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya