Comscore Tracker

5 Camilan Khas Lombok yang Bisa Jadi Takjil Buka Puasa

Nikmatnya susah buat kamu tolak!

Lombok tak hanya terkenal dengan ragam sate dan juga olahan nasinya saja. Pulau ini tak hanya mempunyai makanan berat atau makanan pembuka saja. Terdapat banyak camilan yang akan cocok dengan lidahmu. 

Camilan ini hadir dengan cita rasa manis ataupun gurih yang bisa disesuaikan dengan selera. Selama bulan Ramadan, camilan khas Lombok bisa kamu hidangkan pula, lho. Berikut lima ragam camilan khas Lombok yang dapat menjadi menu takjil buka puasa.

1. Poteng jaje tujak

5 Camilan Khas Lombok yang Bisa Jadi Takjil Buka Puasapoteng jaje tujak (instagram.com/buburinas)

Poteng jaje tujak semakin populer ketika Lebaran. Makanan ini selalu tersedia di atas meja rumah-rumah penduduk. Hidangan dengan kombinasi rasa segar dan gurih ini dapat menjadikan momen istimewa Lebaran semakin berwarna.

Poteng terbuat dari tapai singkong dari beras ketan putih yang dihidangkan dengan cara dipotong kotak-kota atau dibakar terlebih dahulu. Sementara itu, jaje tujak dibuat dari beras ketan putih, hitam, kelapa, dan garam yang diproses dengan cara ditumbuk.

2. Serabi laklak

5 Camilan Khas Lombok yang Bisa Jadi Takjil Buka Puasaserabi laklak (instagram.com/belanga.id)

Siapa yang tak kenal dengan jajanan serabi? Lombok mempunyai hidangan khas yang disebut serabi laklak. Tak hanya berwarna putih, di zaman modern ini, penikmatnya akan disuguhkan dengan beragam warna yang tentu sangat menggoda. 

Serabi ini sedikit berbeda dengan serabi pada umumnya karena penggantian gula pada adonan dengan santan yang cukup kental. Proses pembuatannya pun masih tradisional dengan tungku tanah liat dan menggunakan kayu bakar untuk menjaga kekhasan rasa serabi. Hidangan ini terasa lebih gurih dan asin dibandingkan dengan serabi lainnya.

3. Kacang mete lombok

5 Camilan Khas Lombok yang Bisa Jadi Takjil Buka Puasakacang mete Lombok (instagram.com/kalikacashew)

Kacang mete lombok tak hanya cocok dijadikan camilan, tapi juga oleh-oleh wajib bagi wisatawan. Lombok sendiri menjadi tempat penghasil kacang mete yang berkualitas. Berkat kualitas tersebut membuatnya sering diekspor ke luar negeri.

Kacang ini menjadi favorit karena cita rasanya yang gurih jika dibandingkan dengan kacang lainnya. Selain unggul dalam segi rasa, kacang mete juga dikenal mempunyai jutaan manfaat yang tentu bain untuk tubuh.

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Puding untuk Takjil Buka Puasa, Juara Banget Segarnya!

4. Dodol rumput laut

5 Camilan Khas Lombok yang Bisa Jadi Takjil Buka Puasadodol rumput laut (instagram.com/ulfiaderista)

Camilan selanjutnya adalah dodol rumput laut. Sesuai namanya, dodol ini dibuat dari bahan rumput laut. Walaupun mempunyai perbedaan rasa dengan dodol biasanya, tapi dodol rumput laut ini tetap lezat dan bikin nagih.

Menariknya, sajian ini mempunyai beragam rasa yang bisa dipilih. Jajanan ini bertekstur kenyal dengan rasa manis alami yang dihasilkan oleh bahan-bahan pembuatan dodol itu sendiri.

5. Nagasari

5 Camilan Khas Lombok yang Bisa Jadi Takjil Buka Puasanagasari (instagram.com/fabulouscake_shop)

Kue nagasari tak hanya populer di Jawa, tapi juga jadi jajanan khas Lombok dengan cita rasa berbeda. Kue ini dibuat dari  tepung beras dengan campuran santan dan gula. Untuk membuat rasanya makin nikmat, maka diberi isian berupa pisang atau nangka.

Semua bahan dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dikukus hingga matang. Rasanya manis dan cocok disantap dengan segelas kopi panas. 

Camilan khas Lombok di atas bisa menjadi ide hidangan takjil bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa. Kamu sudah siap membuatnya sendiri di rumah?

Baca Juga: 10 Masjid di Yogyakarta yang Sediakan Takjil Gratis, Simpan Daftarnya 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya