Comscore Tracker

5 Camilan Khas Pulau Jawa, Nikmatnya Bikin Kalap!

Menggunakan bumbu tambahan biar makin nikmat

Pulau Jawa mempunyai camilan yang terkenal gurih dan nikmat. Camilan ini muncul dengan beragam varian dan juga cara penyajian. Meskipun hanya camilan, makanan-makanan ini dibuat dengan bahan pilihan yang membuat rasanya nikmat, lho.

Beragam camilan khas Pulau Jawa bisa kamu temukan dengan mudah. Biasanya, camilan diberikan bumbu tambahan supaya rasanya semakin menggugah selera.

Camilan berikut ini tentu tidak asing lagi didengar oleh para pencinta kuliner. Hidangan ini populer karena rasanya yang pas di lidah, lho!

1. Batagor

5 Camilan Khas Pulau Jawa, Nikmatnya Bikin Kalap!batagor (instagram.com/ancilladhian)

Menu satu ini memang paling bisa memanjakan lidah. Batagor adalah camilan berupa pangsit goreng yang disiram dengan bumbu kacang. Ikan yang paling sering digunakan dalam pembuatannya adalah ikan wahoo, namun bisa pula menggunakan ikan tuna, makarel, dan udang.

Untuk melengkapi hidangan, biasanya ditambahkan kentang, tahu, dan kol. Makanan ini menjadi camilan yang sempurna karena cara penyajiannya. Setelah digoreng, pangsit dipotong kecil-kecil dan disiram saus kacang, kecap, dan cabai.

2. Tempe mendoan

5 Camilan Khas Pulau Jawa, Nikmatnya Bikin Kalap!tempe mendoan (instagram.com/wondernonieskitchen)

Selain menjadi lauk, tempe juga dapat menjadi camilan yang gurih dan nikmat. Salah satu ragam tempe yang bisa dinikmati adalah tempe mendoan. Makanan ini merupakan variasi tempe goreng dari Purwokerto.

Tempe mendoan dibuat dengan irisan tempe yang dicelupkan ke adonan. Adonan tersebut diberi bumbu berupa ketumbar, irisan daun bawang, dan bawang putih sebelum digoreng.

Tempe mendoan hanya digoreng sebentar, sehingga membuat lapisan luarnya renyah dan tetap lembut dan berair. Camilan ini paling nikmat saat dihidangkan dengan sambal.

3. Lemper

5 Camilan Khas Pulau Jawa, Nikmatnya Bikin Kalap!lemper (instagram.com/ladywong_)

Lemper merupakan jajanan gurih yang terbuat dari beras ketan dengan isian suwiran ayam, ikan, atau abon yang dibumbui. Kemudian, ketan digulung dalam daun pisang atau kertas timah. Makanan ini diolah menjadi camilan yang dikemas dengan sempurna.

Banyak varian dari lemper. Jika lemper berisi ayam suwir maka disebut lemper ayam. Sementara itu, versi lain yang mirip lemper adalah semar mendem, makanan ini juga berisi suwiran ayam dengan ketan, tetapi dibungkus telur dadar tipis.

Baca Juga: 5 Camilan Manis dari Mangga, Semua Serba Goreng!

4. Kerak telor

5 Camilan Khas Pulau Jawa, Nikmatnya Bikin Kalap!kerak telor (instagram.com/ivanmarchius)

Pencinta telur wajib mencicipi kerak telor. Makanan ini berupa telur dadar tradisional Indonesia yang menjadi hidangan khas Betawi. Kerak telor umumnya dihidangkan sebagai camilan yang dibuat dari nasi ketan yang dimasak dengan telur ayam atau bebek.

Setelah matang, telur dadar diberi taburan serundeng, udang kering, dan bawang merah goreng. Makanan ini sering dijual oleh pedagang kaki lima. Kamu masih bisa menemukannya dengan mudah di Jakarta, lho.

5. Oncom

5 Camilan Khas Pulau Jawa, Nikmatnya Bikin Kalap!oncom (instagram.com/infobandungkuliner)

Oncom merupakan olahan tempe yang difermentasi dengan jamur. Makanan ini dibuat dengan beragam produk sampingan, mencakup ampas kedelai, bungkil kacang tanah, dan kelapa. Selain itu, bisa juga dari tailing singkong yang difermentasi.

Makanan ini sering diburu karena harganya yang murah dengan nilai gizi tinggi. Camilan ini dapat disantap secara langsung atau dibungkus dengan daun pisang. 

Camilan khas Pulau Jawa di atas mungkin sudah tidak asing terdengar di telinga kamu. Kelezatannya gak kalah dari makanan kekinian yang sedang hits saat ini, lho. Camilan khas Pulau Jawa mana yang jadi kesukaanmu?

Baca Juga: 10 Makanan Berbahan Telur Terenak se-Asia Tenggara, Ada Kerak Telor

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya