Comscore Tracker

Kaya Rasa, 5 Hidangan Khas Lebanon yang Cocok untuk Vegetarian

#IDNTimesFood Cocok untuk vegetarian pemula

Pola hidup yang sehat kini banyak diterapkan oleh berbagai kalangan. Bahkan di antaranya juga rela menjadi vegatarian demi kesehatan.

Bagi kamu yang baru beralih menjadi vegetarian, jangan khawatir dengan menu yang monoton. Kamu bisa cicipi makanan khas Lebanon yang ramah dengan vegetarian.

Sebab, sajian khas negara tersebut sarat kaya rasa walaupun berbahan dasar sayur. Yuk, simak!

1. Mujaddara

Kaya Rasa, 5 Hidangan Khas Lebanon yang Cocok untuk Vegetarianmujaddara (Instagram.com/anushreeaaneja)

Mujaddara merupakan makanan vegetarian dari lentil dan nasi. Makanan ini paling baik disajikan dengan salad segar. Menu ini biasanya disajikan dengan nasi matang dan lentil yang diperkaya dicampur bawang bombay dalam jumlah banyak lalu ditumis menggunakan minyak zaitun.

Saat dihidangkan, kombinasi ini diberi taburan bawang goreng. Biasanya juga disajikan dengan yogurt tawar atau bawang putih serta roti pipih.

2. Baba Ghanoush

Kaya Rasa, 5 Hidangan Khas Lebanon yang Cocok untuk Vegetarianbaba ghanoush (Instagram.com/livetoeat_melbourne)

Baba ghanoush merupakan hidangan yang terdiri dari terong panggang, bawang putih, minyak zaitun, jus lemon, dan tahini. Kemudian bahan lainnya adalah mint, bawang bombay, dan berbagai rempah. 

Menu ini umumnya dihidangkan sebagai hidangan pembuka. Tak hanya itu, warga Lebanon juga menjadikan baba ghanoush sebagai olesan sandwich.

3. Meghli

Kaya Rasa, 5 Hidangan Khas Lebanon yang Cocok untuk Vegetarianmeghli (Instagram.com/potsnbites)

Meghli merupakan makanan sejenis puding nasi. Hidangan ini bebas susu dan secara tradisional dikonsumsi untuk merayakan kelahiran bayi. Makanan ini terbuat dari tepung beras, jintan, air, gula, bumbu, aneka kacang dan rempah-rempah.

Kemudian semua bahan dimasak dengan api kecil hingga adonan bisa bertahan saat dimiringkan. Wah, jelas pasti matang luar dalam nih, ya. 

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuat Vegetarian Bisa Lebih Panjang Umur

4. Makhlouta 

Kaya Rasa, 5 Hidangan Khas Lebanon yang Cocok untuk Vegetarianmakhlouta (Instagram.com/bistrobadia.de)

Makhlouta merupakan makanan yang berupa rebusan kental. Makanan ini memerlukan bahan yang mencakup gandum dan kacang-kacangan seperti kacang merah, putih, garbanzo, buncis, lentil, dan bulgur.

Kacang-kacangan harus direndam semalaman sebelum nantinya direbus perlahan keesokan hari. Biasanya, rendaman tersebut ditambahkan dengan bawang dan rempah-rempah agar lebih kaya rasa.

5. Batata Harra

Kaya Rasa, 5 Hidangan Khas Lebanon yang Cocok untuk Vegetarianbatata harra (Instagram.com/mrsclueless)

Batata harra merupakan makanan yang mempunyai rasa pedas. Hidangan ini dibuat dengan menggoreng kentang, bawang putih, cabai, dan ketumbar dalam minyak zaitun. Menu ini secara tradisional dihidangkan dengan oti pipih sebagai hidangan pembuka. Sebagai tambahan, batata harra sering dipadukan dengan saus tahini atau salad di sampingnya.

Karena tekstur kentang yang dibumbui renyah, batata harra terkadang digunakan sebagai isian sandwich.

Selain nikmat, makanan khas Lebanon ini juga menyehatkan. Bagi yang diet, bisa jadi menu andalan, nih!

Baca Juga: Resep Veggie Hot Dog, Menu Lezat untuk Dikonsumsi Para Vegetarian

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya