Comscore Tracker

6 Kue Manis Khas Italia yang Kelezatannya Bikin Lidah Goyang

Banyak varian yang bisa dipilih, lho!

Italia tak hanya terkenal dengan pizza atau pasta saja. Beberapa makanan lain juga tak kalah menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah kue manis yang sukses bikin terpana melalui tam. 

Kue manis khas negara ini tak hanya sedap dipandang mata, namun juga bikin mulut tak berhenti mengunyah. Cocok buat pencinta dessert,berikut enam kue manis khas Italia yang mampu memanjakan lidah.

1. Sfogliatella

6 Kue Manis Khas Italia yang Kelezatannya Bikin Lidah Goyangsfogliatella (instagram.com/fromagefarts)

Sfogliatella merupakan salah satu kue kering Italia paling populer dan menjadi favorit banyak orang. Kue ini sudah ada sejak 1700 dan ditemukan di Pantai Amalfi yang diciptakan oleh biarawati dari biara Santa Rosa.

Kue ini umumnya memiliki isian krim puding lezat dan ceri hitam yang diawetkan dalam sirup. Ditaburi gula bubuk di atasnya, rasa bakal lebih renyah di luar dan lembut di dalam.

2. Cannoli

6 Kue Manis Khas Italia yang Kelezatannya Bikin Lidah Goyangcannoli (instagram.com/foodsfromthe6ixx)

Cannoli adalah kue kering yang renyah. Kue ini memiliki isian krim keju ricotta yang nikmat. Makanan ini menjadi salah satu dessert manis asal Sisilia  paling populer di luar Italia.

Kue lezat ini berasal dari sekitar Palermo sekitar abad ke-9. Pada saat itu, Sisilia berada di bawah kekuasaan Arab. Kue ini biasanya ditaburi gula bubuk di atasnya. Terkadang juga diberi tambahan kacang almond untuk membuatnya makin menggoda.

3. Castagnole

6 Kue Manis Khas Italia yang Kelezatannya Bikin Lidah Goyangcastagnole (instagram.com/panezucchero)

Berbentuk menyerupai bola-bola kecil, castagnole terasa manis di lidah. Camilan ini menjadi salah satu manisan karnaval Italia paling populer. Kue ini bisa diolah dengan dua cara, baik digoreng atau dipanggang sama-sama enak.

Isian kue ini berupa krim atau madu. Kue juga mempunyai varian isi cokelat, ricotta, atau kopi. Kue ini renyah di luar, tapi lembut di dalam. Biar lebih nikmat, santap kue ini dalam keadaan hangat sesaat setelah digulung dengan gula halus.

Baca Juga: 5 Ragam Dessert ala Sicilia, Italia yang Manis nan Beragam

4. Zeppole

6 Kue Manis Khas Italia yang Kelezatannya Bikin Lidah Goyangzeppole (instagram.com/tremaribakery)

Zeppole merupakan adonan goreng yang biasanya taburi gula bubuk dengan isian custard, jelly, krim kue, atau campuran madu dan mentega. Makanan ini sering kali dijadikan camilan manis atau dessert di saat santai.

Nama kue ini berasal dari Bahasa Arab, yaitu zalābiyya yang berarti adonan lembut yang digoreng. Di zaman modern ini, isian kue semakin bervariasi, bisa berisi keju ricotta, cokelat, manisan buah-buahan, dan bahkan ikan teri.

5. Chiacchiere

6 Kue Manis Khas Italia yang Kelezatannya Bikin Lidah Goyangchiacchiere (instagram.com/cookwithlocals)

Kue kering dibuat dengan adonan dipotong menjadi lembaran tipis berbentuk persegi panjang asal Italia dinamakan Chiacchiere. Adonan kemudian dipelintir menjadi pita atau dibentuk rata dengan batas bergelombang.

Adonan digoreng dan disajikan dengan taburan gula bubuk halus. Berkat tampilannya, kue kering ini terkadang disebut sebagai sayap malaikat. Umumnya, kue ini dijadikan camilan atau suguhan di acara-acara festival.

6. Bomboloni

6 Kue Manis Khas Italia yang Kelezatannya Bikin Lidah Goyangbomboloni (instagram.com/littleveganartisan)

Bomboloni adalah donat goreng versi Italia yang menjadi salah satu manisan tradisional pada saat musim karnaval. Namun, makanan ini sekarang dapat dinikmati sepanjang tahun. Umumnya, bomboloni dinikmati dengan taburan gula halus saja.

Donat ini juga mempunyai isian krim lembut. Krim dapat berupa custard klasik yang disebut crema pasticcera atau terkadang dapat berisi krim cokelat.

Kue manis khas Italia ini bisa menjadi camilan lezat untuk menemani minum teh di sore hari, lho. Banyak variasi yang bisa kamu pilih, semuanya terasa lezat di lidah, deh!

Baca Juga: 5 Camilan dari Sultana, Bahan Makanan Mirip Kismis yang Lebih Manis

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya