Comscore Tracker

7 Kuliner Khas Jeonju-Korea Selatan yang Bikin Nambah Porsi, Yummy!

Siap memanjakan lidahmu nih

Korea Selatan memang negara yang tak henti-hentinya membuat kita kagum. Selain memiliki kebudayaan yang unik, negara ini juga mempunyai banyak tempat wisata yang menarik. Selain itu, keberagaman kulinernya juga sangat menggugah selera.

Terdapat suatu kota yang bernama Jeonju yang terkenal akan makanan khasnya yang lezat dan nikmat. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk mencoba berbagai varian hidangan yang dapat memanjakan lidah. Berikut tujuh makanan khas Jeonju-Korea Selatan yang layak kamu coba. Nikmat!

1. Jeonju Bibimbap 

7 Kuliner Khas Jeonju-Korea Selatan yang Bikin Nambah Porsi, Yummy!Jeonju bibimbap (Instagram.com/wd_jeong)

Bibimbap merupakan salah satu makanan khas Korea Selatan yang terkenal baik di negaranya maupun negara lain. Namun, Jeonju adalah kota yang dikenal sebagai pemilik makanan ini dengan cita rasa terbaik di Korea Selatan. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika mengunjungi kota ini dengan mencoba bibimbap terbaiknya.

Cara pembuatannya sebenarnya cukup sederhana, yaitu nasi yang dimasak ke dalam kaldu sapi sampai memberikan rasa yang gurih. Kemudian, makanan ini diberi beragam jenis sayuran yang sudah dibumbui dan di atasnya diberikan sebutir telur.

Terdapat suatu festival, yaitu Jeonju Bibimbap Festival yang diadakan setiap tahun. Jika pengunjung beruntung, mereka bisa mencoba makanan terbaik dan populer ini yang telah menjadi kebanggaan pemerintah dan masyarakat lokal.

2. Dakgalbi 

7 Kuliner Khas Jeonju-Korea Selatan yang Bikin Nambah Porsi, Yummy!dakgalbi (Instagram.com/juliee_eats)

Dalkgalbi di Jeonju merupakan makanan yang sangat populer dan wajib dicoba ketika mengunjungi Jeonju Hanok Village. Makanan khas ini bisa mudah ditemukan di berbagai tempat makan. 

Makanan ini adalah hidangan yang menjadikan ayam sebagai bahan utamanya. Daging tersebut dimasak dengan cara ditumis dengan ditambahkan bumbu gochujang dan berbagai rempah yang menambah cita rasa.

3. Tteokgalbi 

7 Kuliner Khas Jeonju-Korea Selatan yang Bikin Nambah Porsi, Yummy!tteokgalbi (Instagram.com/t.k.anna)

Tteokgalbi merupakan makanan asal Jeonju yang paling terkenal nomor dua setelah bibimbap. Sehingga membuatnya menjadi makanan paling diburu di kita ini. Selain rasanya yang nikmat, memakan makanan ini juga bisa menjadi bentuk menghargai ragam kuliner di kota ini.

Umumnya, makanan ini disajikan berdampingan dengan bibimbap. Pengunjung biasanya akan memakan satu set tteokgalbi yang dihidangkan bersamaan dengan 1 mangkuk naengmyeon dan sup pasta kacang dan nasi.

4. Cheese Chicken Skewer 

7 Kuliner Khas Jeonju-Korea Selatan yang Bikin Nambah Porsi, Yummy!cheese chicken skewer (Instagram.com/grace_yjt)

Cheese chicken skewer merupakan salah satu makanan pinggir jalan yang harus dicoba di Jeonju. Pengunjung dapat memilih sambal yang pedas atau tidak, sesuai dengan selera. Ketika memilih yang rasanya pedas, tentu sudah terasa pedasnya hanya dengan satu gigitan pertama. Keju pada makanan ini juga sangat lumer di mulut.

Baca Juga: Gak Melulu Opor, Ini 10 Makanan Korea untuk Menu Lebaranmu!

5. Jeonju Choco Pie 

7 Kuliner Khas Jeonju-Korea Selatan yang Bikin Nambah Porsi, Yummy!Jeonju choco pie (twinspeakeatgo.com)

Jeonju choco pie merupakan pai dengan krim segar dan selai stroberi di antara dua roti cokelat dan dilapisi cokelat. Makanan ini menjadi salah satu hidangan paling favorit dari Jeonju. Makanan ini sudah ada sejak tahun 1974 dan masih dijaga dan dilestarikan oleh penduduk setempat.

6. Squid/Octopus Skewer 

7 Kuliner Khas Jeonju-Korea Selatan yang Bikin Nambah Porsi, Yummy!squid/octopus skewer (Instagram.com/yennyelisawaty)

Squid/Octopus Skewer merupakan sate gurita yang populer dan biasanya dijual di pinggir jalan. Saat berkunjung ke Jeonju Hanok Village, pengunjung akan dengan mudah menemukan hidangan terkenal ini.

Umumnya, sate ini dicampurkan dengan gochujang dan beragam saus lezat lainnya yang tentu sangat menggugah selera.

7. Kongnamul Gukbap 

7 Kuliner Khas Jeonju-Korea Selatan yang Bikin Nambah Porsi, Yummy!kongnamul gukbap (Instagram.com/10min.food)

Kongnamul Gukbap merupakan sebuah sup yang ampuh disantap setelah mabuk semalam. Sup kecambag bening ini juga sangat baik untuk membantu sistem pencernaan agar lancar.

Di Jeonju, sup ini juga bisa disajikan saat sarapan sebagai lauk. Pengunjung bisa mengonsumsinya dengan nasi, beberapa lembar rumput laut, serta sebuah telur setengah matang.

Jeonju mempunyai banyak makanan lezat untuk dicoba. Selain nikmat, makanan ini merupakan warisan budaya yang sangat dihargai penduduk dan juga pemerintah. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 10 Makanan yang Selalu Muncul dalam Drama Korea, Mendadak Bikin Lapar!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya