Comscore Tracker

5 Lauk Pauk Berbahan Dasar Terong dari Berbagai Negara, Nikmat!

Sehat dan kaya rasa

Lauk pauk bisa menjadi hidangan pelengkap dalam setiap makanan. Biasanya tanpa lauk, tentu makanan menjadi kurang mantap dalam segi rasa. Lauk juga biasanya dikonsumsi bersamaan dengan nasi, kentang tumbuk, atau juga berbagai salad.

Terdapat berbagai lauk pauk yang terbuat dari terong yang tentu selain enak, juga menyehatkan. Terong diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan cita rasa yang menggoda. Apa saja lauk pauk asal terong dari berbagai negara ini? Penasaran?

1. Peperonata

5 Lauk Pauk Berbahan Dasar Terong dari Berbagai Negara, Nikmat!peperonata (instagram.com/artistidelvegetariano)

Italia mempunyai lauk andalan yang bernama peperonata. Hidangan ini terbuat dari paprika terong, tomat, bawang, zucchini, dan terkadang juga ditambahkan dengan kentang. Makanan ini menjadi pendamping yang sempurna untuk berbagai olahan daging, terutama yang dipanggang.

Hidangan ini juga bisa menjadi topping bruschetta. Makanan ini juga biasanya disantap dengan roti atau bahkan menjadi pelengkap dari pasta.

2. Caponata

5 Lauk Pauk Berbahan Dasar Terong dari Berbagai Negara, Nikmat!caponata (instagram.com/gemswholesomekitchen)

Caponata adalah menu khas Italia yang disiapkan di seluruh negeri. Hidangan ini memanfaatkan hasil panen terong dan tomat akhir musim panas yang melimpah.

Bahan pendukung lainnya adalah caper, zaitun, bawang, dan seledri yang memberikan gigitan yang menyegarkan pada hidangan lezat ini. Selain itu, tambahan lain yang tak kalah membuat hidangan enak adalah kacang pinus, kismis, almond, dan paprika friggitello.

Baca Juga: Resep Tumis Terong untuk Lauk Makan Siang, Aromanya Menggoda!

3. Kuku bademjan

5 Lauk Pauk Berbahan Dasar Terong dari Berbagai Negara, Nikmat!kuku bademjan (instagram.com/con_serveert)

Kuku bademjan adalah hidangan berbahan dasar terong yang dilengkapi dengan telur, beragam sayuran lain, rempah segar, dan terkadang untuk menambah rasa, maka bahan seperti kenari cincang atau barberry Iran yang tajam juga ditambahkan.

Makanan ini secara tradisional berbentuk seperti pancake bulat tebal atau telur dadar yang digoreng di kedua sisinya. Hidangan ini dapat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

4. Patlıcan dolmasi

5 Lauk Pauk Berbahan Dasar Terong dari Berbagai Negara, Nikmat!patlıcan dolmasi (instagram.com/_semamacit)

Tak kalah dengan negara lainnya, Turki juga mempunyai lauk pauk yang berbahan dasar terong. Lauk ini adalah patlıcan dolmasi.

Terong isi ini terbuat dari terong kering yang direbus terlebih dahulu hingga lunak, lalu kemudian diberi isian yang berupa bahan-bahan seperti mint, molase delima, bawang, daging giling, nasi, bulgur, kismis, atau kacang pinus. Olahan terong ini biasanya menjadi hidangan pelengkap dari roti kering atau salad zaitun hijau.

5. Samfaina

5 Lauk Pauk Berbahan Dasar Terong dari Berbagai Negara, Nikmat!samfaina (instagram.com/ana.casanova)

Samfaina adalah makanan yang terbuat dari terong, tomat, bawang bombay, paprika, dan minyak zaitun. Banyak orang yang juga menambahkan beberapa bahan seperti bawang putih atau memanggang paprika sebelum membuat makanan ini.

Selain lauk, makanan ini juga bisa menjadi lauk. Hidangan ini bahkan dapat dihidangkan sendiri sebagai makanan vegetarian. Makanan ini paling sering dinikmati bersamaan dengan daging, nasi, atau ikan, terutama menggunakan ikan cod.

 

Beragam lauk pauk berbahan dasar terong di atas terlihat menggugah selera dari tampilannya saja. Bikin penasaran untuk nyobain, deh!

Baca Juga: 5 Sajian Korea Berbahan Ikan, Ada Camilan hingga Lauk Pauk

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya