Comscore Tracker

5 Olahan Ayam Khas Tokyo Paling Enak, Aromanya Menggiurkan!

Dijadikan lauk atau camilan sama-sama sedap

Dalam dunia memasak, daging ayam menjadi bahan yang sering dimanfaatkan untuk diolah jadi beragam hidangan menggoyang lidah. Salah satu kawasan yang mempunyai banyak pilihan makanan berbahan dasar ayam adalah Tokyo, Jepang.

Saking terkenalnya, olahan ayam ini bisa dinikmati sepanjang hari dan dijadikan menu sarapan, hidangan utama, camilan, hingga street food. Semua olahan ayam khas Tokyo, Jepang, terkenal nikmat dan bikin penasaran.

1. Tebasaki yakitori

5 Olahan Ayam Khas Tokyo Paling Enak, Aromanya Menggiurkan!tebasaki yakitori (instagram.com/chef_pannacotta)

Sayap adalah salah satu bagian ayam yang menjadi favorit banyak orang. Kalau kamu penggemar sayap ayam, cobalah kelezatan dari tebasaki yakitori. Dalam proses pembuatannya, sayap disematkan dengan tusukan sate, kemudian dipanggang.

Sayap umumnya hanya memerlukan bumbu seperti garam dan merica. Jika pengin rasa yang lebih kaya, maka makanan ini bisa disertai dengan irisan jeruk nipis di sampingnya.

2. Momo yakitori

5 Olahan Ayam Khas Tokyo Paling Enak, Aromanya Menggiurkan!momo yakitori (instagram.com/cinnamorollie)

Sebagian besar penggemar ayam mungkin menjadikan paha ayam sebagai bagian yang paling difavoritkan. Momo yakitori menjadikan paha ayam sebagai bahan utamanya. Potongan paha ayam ditempatkan dengan tusuk sate, lalu dibakar sampai matang.

Sebelum dipanggang, daging biasanya terlebih dahulu diberi olesan yang berupa campuran kecap, mirin, dan gula merah untuk menambah rasa. Ketika dipanggang, bumbunya meresap banget.

3. Bonjiri yakitori

5 Olahan Ayam Khas Tokyo Paling Enak, Aromanya Menggiurkan!bonjiri yakitori (instagram.com/chloe_in_japan2904)

Bonjiri yakitori adalah jenis makanan yang dipanggang dan ditusuk. Makanan ini terbuat dari ekor ayam yang diberi bumbu berupa garam atau saus yakitori khusus terbuat dari kecap, mirin, sake, dan gula.

Selanjutnya, ekor ayam ditusukkan pada batang bambu yang disebut tepogushi. Tusukan ayam dipanggang di atas kompor khusus supaya daging tidak lengket dan memudahkan untuk dibalik dan dioles.

Baca Juga: 10 Kuliner Jepang Ini Ternyata Mendapat Pengaruh Budaya Barat

4. Kawa yakitori

5 Olahan Ayam Khas Tokyo Paling Enak, Aromanya Menggiurkan!kawa yakitori (instagram.com/toridoll_id)

Penggemar kulit ayam pasti suka banget dengan kawa yakitori. Bagian paling enak dari yakitori adalah leher ayam, tapi bagian dari kulit juga bisa dimanfaatkan. Kulitnya dipotong-potong, lalu dibumbui dengan garam.

Rasanya renyah dan berbumbu, dijamin bikin kamu ketagihan. Hidangan ini cocok menjadi street food yang lezat dan sering ditemukan di bar izakaya yang umumnya dipasangkan dengan bir dingin.

5. Sasami yakitori

5 Olahan Ayam Khas Tokyo Paling Enak, Aromanya Menggiurkan!sasami yakitori (instagram.com/mikaleo13)

Sasami yakitori terbuat dari daging ayam yang menggunakan dada bagian dalam atau disebut chicken tenders. Jenis daging ini mempunyai kandungan tinggi protein dan rendah lemak.

Terkadang potongan daging direndam dalam sake, kemudian ditusuk dengan tusuk sate. Selanjutnya, ayam dipanggang hingga matang, tapi dianjurkan tidak terlalu matang.

Ketika dihidangkan, makanan ini dilengkapi dengan garam, wasabi, atau saus tara di sampingnya. Rasa makanan ini agak hambar, sehingga dihidangkan dengan pasta miso, daun shiso, pasta umeboshi, atau mentaiko.

Olahan daging ayam khas Tokyo, Jepang,di atas tentu bikin penasaran untuk dicicipi. Mana olahan daging ayam yang menurutmu paling menarik? Pencinta olahan ayam gak boleh sampai terlewat, ya!

Baca Juga: 5 Hidangan Seafood Khas Jepang bagi yang Bosan Sushi

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya