Comscore Tracker

5 Olahan Daging Khas Kolombia, Ragam dan Porsinya Melimpah Ruah!

#IDNTimesFood Cocok dimakan bareng sekeluarga!

Siapa, nih, yang suka dengan hidangan berbahan dasar daging? Tentu setiap negara mempunyai olahan daging khas yang menjadi andalannya, sama seperti Kolombia! Salah satu negara yang ada di Amerika Selatan ini memiliki menu andalan yakni olahan daging dengan porsi melimpah ruah!

Selain porsinya yang melimpah, ragam dagingnya juga gak kalah bikin ngiler. Menu olahan daging khas Kolombia rupanya disajikan dengan berbagai macam bumbu serta rempah yang siap memanjakan lidah. Yuk, simak langsung hidangan yang ada di negara ini!

1. Lechona

5 Olahan Daging Khas Kolombia, Ragam dan Porsinya Melimpah Ruah!lechona (instagram.com/anormalfood)

Lechona merupakan makanan tradisional yang terbuat dari babi panggang utuh dengan diisi bawang bombay, kacang polong, kentang, dan rempah segar. Proses pemanggangan babi pun cukup lama hingga mendapatkan kematangan daging yang empuk 

Makanan ini umumnya disiapkan untuk perayaan khusus. Sebab, setiap babi utuh yang dipanggang rupanya dapat disajikan untuk kurang lebih 100 porsi. 

Namun, kamu tak perlu khawatir harus menunggu perayaan tertentu di Kolombia! Kini menu ini dapat ditemukan di berbagi restoran di negara tersebut. 

2. Picada Colombiana

5 Olahan Daging Khas Kolombia, Ragam dan Porsinya Melimpah Ruah!picada colombiana (instagram.com/lachatarreria_nj)

Picada colombiana merupakan makanan tradisional yang terdiri dari berbagai daging dan sayuran panggang atau goreng. Menu ini umumnya disiapkan pada hari Minggu untuk disantap bersama keluarga dan teman, maka dari itu picada colombiana selalu disajikan di piring berukuran besar.

Tak hanya jadi sajian keluarga di akhir pekan, kudapan ini juga sudah mudah ditemukan seperti kuliner street food. 

Makanan ini biasanya mencakup kentang papa criolla, babi, ayam, daging sapi, sosis darah morcilla, longaniza, arepas, guacamole, pisang raja manis, usus goreng, dan envuelto.

3. Posta Sudada

5 Olahan Daging Khas Kolombia, Ragam dan Porsinya Melimpah Ruah!posta sudada (instagram.com/elrinconvzlano)

Posta sudada merupakan makanan tradisional yang menggugah selera. Makanan ini terbuat dari campuran sapi panggang bulat, tomat, jinten, kentang, singkong, kaldu sapi, ketumbar, dan saus aliños yang terbuat dari paprika, bawang merah, bawang putih, dan jinten.

Sajian ini biasanya dilengkapi dengan nasi, salad, dan pisang goreng.

Baca Juga: Penting! Rekomendasi 10 Makanan Enak Tinggi Protein untuk Imun Tubuh

4. Bandeja Paisa

5 Olahan Daging Khas Kolombia, Ragam dan Porsinya Melimpah Ruah!bandeja paisa (instagram.com/kococomida)

Bandeja paisa merupakan hidangan nasional di Kolombia. Sajian berkalori tinggi ini biasa disajikan di atas piring besar berbentuk oval dan dijadikan sebagai makan siang.

Makanan ini umumnya terdiri dari sosis chorizo goreng dengan jeruk nipis, saus hogau, nasi putih matang, daging giling, pisang raja, arepa, alpukat, kacang merah rebus, perut babi goreng, dan telur goreng yang tentu dari tampilannya saja sudah bikin ngiler.

5. Sobrebarriga Sudada

5 Olahan Daging Khas Kolombia, Ragam dan Porsinya Melimpah Ruah!sobrebarriga sudada (instagram.com/restaurantedondeandres)

Sobrebarriga sudada merupakan makanan Kolombia yang terkenal. Menu ini dibuat dengan cara memasak steak hingga mendapatkan tekstur empuk. Secara tradisional, sajian ini direbus dalam salsa criolla yang terbuat dari tomat, bawang merah, bawang putih, jinten, dan paprika.

Dengan paduan nasi hangat, kentang, dan arepas, sajian ini begitu lengkap dan menggiurkan!

Dari visualnya saja sudah bikin ngiler, ya. Jadi gak sabar buat coba menu andalan khas Kolombia, nih! Kira-kira, kalau boleh pilih, kamu mau coba menu yang mana duluan?

Baca Juga: 6 Makanan Khas Götaland, Swedia yang Nikmat, Bikin Lupa Diri!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya