Comscore Tracker

5 Olahan Daging Sapi Berkuah Khas Indonesia, Kaldunya Kental

Cocok banget dinikmati ketika musim hujan begini

Indonesia adalah negara dengan kuliner yang melimpah. Bahkan, setiap daerah mempunyai makanan khas andalannya sendiri. Salah satu hidangan yang sukses bikin ketagihan adalah sup daging yang terbuat dari bahan pilihan dan rempah-rempah.

Sup daging bisa dinikmati di kala hujan atau udara sedang dingin. Sup juga bisa menjadi menu sarapan yang menggugah selera, lho. Olahan daging sapi berkuah khas Indonesia memang ada banyak, sudah sepatutnya kamu tahu dan mencicipinya.

1. Rawon

5 Olahan Daging Sapi Berkuah Khas Indonesia, Kaldunya KentalRawon (instagram.com/kayleemiracle)

Rawon biasanya dijadikan menu sarapan di banyak tempat makan di Indonesia. Hidangan yang berasal dari Jawa Timur ini terbuat dari daging sapi yang direbus. Untuk memperkuat rasa, rawon ini diberi tambahan daun jeruk, serai, jahe, dan cabai.

Namun, bahan yang tak kalah penting adalah buah keluak. Bahan ini yang menciptakan warna hitam pada rawon. Keluak ini digiling dengan bahan dan rempah lain. Keluak berikan cita rasa unik dan nikmat pada rawon.

2. Coto makassar

5 Olahan Daging Sapi Berkuah Khas Indonesia, Kaldunya KentalCoto Makassar (instagram.com/sbykulinerinfo)

Makassar menjadi salah satu wisata kuliner paling populer di Indonesia. Kota ini mempunyai sup daging andalan, yakni coto makassar. Sup lezat ini umumnya terbuat dari daging sapi dan berbagai jeroan, seperti babat, otak, paru-paru, atau usus.

Proses pembuatan sup ini memakan waktu cukup lama. Daging dibiarkan mendidih dalam kaldu yang diperkaya bumbu selama berjam-jam. Coto ini umumnya dihidangkan dalam mangkuk dengan tambahan sambal. 

3. Soto betawi

5 Olahan Daging Sapi Berkuah Khas Indonesia, Kaldunya KentalSoto betawi (instagram.com/yscooking)

Soto betawi bisa jadi hidangan yang pas bagi pencinta daging sapi. Menu ini dibuat dari potongan daging dan jeroan yang direbus perlahan dalam kaldu santan. Untuk  memperkaya rasa, soto diberi serai, kunyit, lengkuas, daun jeruk, dan ketumbar.

Ketika dihidangkan, kuahnya dilengkapi tomat, daun bawang, kecap manis, dan kerupuk emping. Soto ini secara tradisional disantap bersamaan dengan nasi dan acar di sampingnya.

Baca Juga: 5 Sup Daging Bening dari Berbagai Negara untuk Sajian Hari Raya Kurban

4. Soto medan

5 Olahan Daging Sapi Berkuah Khas Indonesia, Kaldunya Kentalsoto Medan (instagram.com/herni_chin)

Soto medan mengombinasikan daging ayam atau sapi dengan kuah kaldu kental. Menu ini diperkaya dengan santan dan bumbu rempah yang membuatnya makin sedap. Ada lengkuas, kunyit, jahe, dan ketumbar.

Dagingnya dimasak terlebih dahulu, kemudian disuwir dan digoreng sebelum disiram kuah kaldu dengan aroma yang sedap. Proses pembuatan ini diakhiri dengan berbagai tambahan bahan, seperti telur rebus, perkedel ikan, kerupuk udang, kentang goreng, atau bawang merah goreng.

5. Konro

5 Olahan Daging Sapi Berkuah Khas Indonesia, Kaldunya Kentalkonro (instagram.com/kendari.food)

Konro merupakan sup daging khas Makassar. Sup daging ini umumnya terbuat dari iga yang dimasak dalam kuah kaldu beraroma. Makanan ini bercita rasa unik dan khas karena penggunaan rempah-rempah tradisional Indonesia, seperti keluak dan lengkuas.

Sup ini tidak terlalu pedas. Umumnya, iga dihidangkan bersama kaldu, namun sup terkadang dapat dibagi menjadi dua hidangan, jika kaldu dan iga disajikan secara terpisah.

Makanan berkuah dengan daging sapi di atas terlihat sangat menggiurkan. Mulai dari soto hingga sup, semua terlihat nikmat. Sebagai pencinta daging sapi, menu mana saja yang sudah pernah kamu cicipi?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Coto Makassar di Jaksel, Nikmat Tiada Duanya!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya