Comscore Tracker

5 Olahan Sayur Khas Pulau Jawa yang Paling Memanjakan Lidah

Bisa jadi menu diet yang sehat

Kuliner khas Pulau Jawa populer dengan ragam bumbunya yang meresap dan memanjakan lidah. Tak hanya nikmat, banyak makanan khas Pulau Jawa yang bisa jadi menu diet sehat kamu, lho.

Terdiri dari banyak sayuran, beberapa makanan ini patut kamu coba. Berikut lima olahan sayuran khas Pulau Jawa yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Nikmat banget dijadikan menu diet!

1. Botok

5 Olahan Sayur Khas Pulau Jawa yang Paling Memanjakan LidahBotok (instagram.com/bumisurabaya)

Botok jadi menu yang sering dijadikan lauk pendamping nasi. Hidangan ini dibuat dengan kombinasi sayuran, ikan kering, cabai, dan daging kelapa. Campuran bahan-bahan tersebut dikukus dalam daun pisang. Dengan begitu, rasa dan aroma botok lebih khas.

Makanan ini mempunyai beragam variasi. Beragam bahan dapat dijadikan bahan membuat botok, seperti tahu, jamur, telur, atau ikan teri. Makanan ini telah menjadi favorit orang Indonesia, lho.

2. Tumis kangkung

5 Olahan Sayur Khas Pulau Jawa yang Paling Memanjakan LidahTumis kangkung (instagram.com/fen.z)

Tumis kangkung terbuat dari kangkung, bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabai rawit, gula, garam, minyak, dan terasi. Cara membuatnya mudah, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, terasi, dan lengkuas ditumis. Kemudian, diberi garam dan gula.

Kangkung yang telah dipotong dimasukkan ke wajan dan dimasak hingga empuk. Menu ini dapat dinikmati langsung atau sebagai pelengkap hidangan lainnya.

3. Buntil

5 Olahan Sayur Khas Pulau Jawa yang Paling Memanjakan LidahBuntil (instagram.com/feraoofera)

Bagi pencinta makanan pedas, kamu bisa mencicipi kelezatan dari buntil. Makanan ini dibuat menggunakan kelapa parut, cabai merah, cabai, bawang merah, bawang putih, ikan teri, garam, dan gula yang dibungkus dengan talas, singkong, atau daun pepaya.

Cara membuat buntil cukup mudah. Campur semua bahan, lalu rebus dalam santan dengan rempah-rempah, seperti bawang putih, kunyit, serai, dan daun jeruk.

Buntil sering menjadi menu makanan di rumah, namun juga mudah ditemukan di restoran lokal atau warung. Hidangan ini sangat populer menjelang bulan puasa.

Baca Juga: 9 Jenis Sayuran yang Paling Cocok untuk Menu Lalapan, Segar!

4. Lalap

5 Olahan Sayur Khas Pulau Jawa yang Paling Memanjakan LidahLalap (instagram.com/just_foodyy)

Lalap atau lalab bisa dikategorikan sebagai salad tradisional Indonesia. Makanan ini berasal dari Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari sayuran mentah, seperti tomat, kemangi lemon, terung hijau, mentimun, kol, dan kacang panjang. Terkadang, lalap dilengkapi dengan labu siam, bayam, daun pepaya, kangkung, dan daun singkong.

Campuran sayuran ini biasanya dihidangkan dalam keadaan dingin. Lalap makin nikmat dinikmati dengan sambal terasi. Lalap juga dapat menjadi pelengkap dari hidangan ikan goreng dan ayam goreng, lho.

5. Kuluban

5 Olahan Sayur Khas Pulau Jawa yang Paling Memanjakan LidahKuluban (instagram.com/ratucobekbyjk)

Kuluban dibuat dengan beragam sayuran, seperti nangka, taoge, bayam, bawang putih, lengkuas, buncis, daun jeruk, dan jahe kencur. Biasanya, kuluban juga diberi tambahan kelapa parut, garam, gula, cabai, dan terasi.

Semua sayuran kemudian ditumis dengan bumbu, lalu disajikan hangat. Makanan ini biasanya disantap dengan nasi atau ayam goreng.

Olahan sayuran khas Pulau Jawa di atas tak cuma lezat, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kalau sedang diet, bisa banget kamu menjadikan menu sayuran ini sebagai makanan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Resep Salad Sayur yang Sehat dan Enak, Bisa untuk Menu Diet

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya