Comscore Tracker

5 Olahan Terong Khas Italia yang Bikin Makan Tambah Lahap

Sajian gurih yang lezat!

Terong adalah salah satu bahan sayuran yang cukup banyak dimanfaatkan. Terdapat banyak hidangan yang dapat diolah dengan menggunakan terong sebagai bahan utamanya.

Italia merupakan salah satu negara yang mempunyai beberapa menu populer yang menggunakan terong. Olahannya mampu menciptakan sajian gurih yang nikmat. Berikut lima olahan terong asal Italia yang bikin makan sayur jadi tambah lezat.

1. Parmigiana

5 Olahan Terong Khas Italia yang Bikin Makan Tambah Lahapparmigiana (instagram.com/rob_food_architect)

Parmigiana adalah hidangan yang berasal dari Campania. Makanan ini terbuat dari terong, minyak zaitun, bawang bombay, kemangi, tomat, keju mozzarella atau fior di latte, dan parmigiano-reggiano parut.

Cara pembuatannya yaitu, terong terlebih dahulu dikupas, kemudian diiris, dan digoreng sebentar. Setelah mengalami proses penggorengan, terong lalu ditata di atas loyang yang telah dilumuri saus tomat beserta keju, daun kemangi, dan parmigiano-reggiano parut. Lapisannya kemudian diulang. Proses terakhir harus diakhiri dengan saus tomat dan keju parut.

2. Parmigiana di melanzane

5 Olahan Terong Khas Italia yang Bikin Makan Tambah Lahapparmigiana di melanzane (instagram.com/ristorante_martinarosaforio)

Keju dan terong bisa menjadi kombinasi yang sempurna dalam suatu hidangan. Salah satunya adalah parmigiana di melanzane. Ini merupakan olahan terong yang mudah ditemukan di seluruh Italia selatan. Makanan ini dibuat dengan irisan terong goreng atau panggang yang diberi lapisan berupa saus tomat rasa basil. Sementara di atasnya diberi dengan satu atau lebih keju.

Keju dapat menggunakan mozzarella, pecorino siciliano, scamorza, dan caciocavallo silano. Banyak orang yang menyantapnya dengan roti dan beberapa diantaranya menggunakannya sebagai isian dari burger atau hot dog.

3. Peperonata

5 Olahan Terong Khas Italia yang Bikin Makan Tambah Lahappeperonata (instagram.com/soniaperonaci)

Peperonata merupakan makanan yang terbuat dari paprika, terong, tomat, bawang, zucchini, dan terkadang juga ditambahkan dengan kentang. Makanan ini menjadi pendamping yang sempurna untuk olahan daging, terutama daging yang mengalami proses pemangganga. 

Hidangan ini juga bisa menjadi topping dari bruschetta. Banyak orang yang juga menjadikannya isian dari sandwich atau topping piza.

Baca Juga: 5 Jenis Acar Khas Eropa yang Terkenal, Kamu Sudah Coba yang Mana?

4. Caponata

5 Olahan Terong Khas Italia yang Bikin Makan Tambah Lahapcaponata (instagram.com/chiarapassion)

Caponata adalah hidangan yang telah ada bahkan sejak awal abad ke-18. Makanan ini disiapkan di seluruh Italia selatan. Yang mengejutkan, terdapat lebih dari 30 resep berbeda untuk hidangan ini. Semua resep memanfaatkan hasil panen terong dan tomat ketika akhir musim panas yang melimpah.

Selain terong, hidangan ini juga menggunakan bahan-bahan pendukung seperti caper, zaitun, bawang, dan seledri. Tak ketinggalan, untuk memperkaya rasa, makanan ini juga memerlukan bahan seperti kacang pinus, kismis, almond, dan paprika friggitello.

5. Sformato di melanzane

5 Olahan Terong Khas Italia yang Bikin Makan Tambah Lahapsformato di melanzane (instagram.com/mariella_sinatra)

Sformato di melanzane merupakan hidangan yang mempunyai dua versi, yaitu manis dan gurih. Jika ingin merasakan kenikmatan gurihnya, maka biasanya makanan ini terbuat dari terong. Nama makanan ini berasal dari kata "sformare", yang mempunyai arti membuka cetakan.

Bahan-bahan pembuatan sformato terong mencakup terong, telur, remah roti, keju parut, bawang putih, peterseli, minyak zaitun, dan béchamel. Makanan ini bisa menjadi lauk yang nikmat yang didampingkan dengan roti.

Italia mempunyai olahan terong yang menggugah selera dan bikin ngiler. Kalau kamu sendiri, lebih suka sajian yang mana dari kelima hidangan di atas?

Baca Juga: 5 Varian Saus Bawang dari Berbagai Negara di Eropa, Rasanya Tiada Dua!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya