Comscore Tracker

5 Permen Khas Prancis yang Enak dan Unik, Satu Aja Gak Cukup!

Pencinta makanan manis pasti bahagia

Beragam makanan lezat dan menggugah selera bisa kamu dapatkan dengan mudah di Prancis. Mulai dari makanan berat hingga camilan manis semuanya nikmat. Salah satu jenis makanan yang wajib kamu coba saat ke sana adalah permennya.

Permen khas negara ini berhasil membuat banyak orang ketagihan, lho. Satu saja gak bakal cukup, berikut lima permen khas Prancis yang kenikmatannya sulit dilupakan!

1. Niniches

5 Permen Khas Prancis yang Enak dan Unik, Satu Aja Gak Cukup!Niniches (instagram.com/_roidebretagne_)

Niniches merupakan manisan tradisional sekaligus menjadi merek dagang Prancis. Permen ini berasal dari Quiberon di Brittany. Permen ini teksturnya keras dengan bentuk mirip lolipop panjang.

Umumnya, permen dibuat dari campuran gula, glukosa, perasa, dan asam sitrat untuk versi buahnya. Terdapat banyak versi, salah satunya adalah lolipop karamel mentega asin yang dibuat dengan glukosa, susu kental, mentega, buah kering, garam, dan alkohol.

Sementara itu, versi buahnya diberi beragam bumbu yang mencakup stroberi, pir, pisang, melon, atau kelapa. Kalau yang ini akan terasa lebih menyegarkan, sih.

2. Ganache

5 Permen Khas Prancis yang Enak dan Unik, Satu Aja Gak Cukup!Ganache (instagram.com/elisa_bakar)

Dibuat dengan cokelat cincang halus dan krim panas yang dikombinasikan secara menyeluruh, ganace terasa nikmat. Bahan pembuatan itu untuk membuat bentuk permen terlihat simpel.

Kombinasi cokelat yang lembut ini dapat dicampur dengan mentega lunak untuk tekstur yang lebih halus. Bisa juga ditingkatkan dengan menambahkan berbagai macam ekstrak, minyak, minuman, bumbu, rempah-rempah, atau garam.

Selain bahan yang digunakan untuk persiapannya, kekentalan permen ini bervariasi dan sangat bergantung pada proporsi cokelat dan krim yang dimasukkan di dalamnya. Pencinta cokelat bakal suka banget, nih.

3. Bergamote de Nancy

5 Permen Khas Prancis yang Enak dan Unik, Satu Aja Gak Cukup!Bergamote de Nancy (instagram.com/ichiren2016)

Bergamote de nancy adalah permen kecil yang ada sejak 1857. Permen berkilau ini terbuat dari gula yang dimasak dengan minyak esensial bergamot di Lorraine, Prancis. Cara pembuatannya, gula dipanaskan di atas api, lalu ditambah esensi bergamot

Ketika mendingin, permen dipotong dengan tangan menjadi kecil. Minyak bergamot diekstraksi dengan menekan kulit jeruk. Permen ini berbentuk persegi dengan warna kuning transparan. Rasanya pun bervariasi, mulai dari manis hingga sedikit pahit.

Baca Juga: Resep Cokelat Creme Brulee, Dessert Klasik Khas Prancis yang Manis!

4. Chocolate truffles

5 Permen Khas Prancis yang Enak dan Unik, Satu Aja Gak Cukup!Chocolate truffles (instagram.com/herbivorienne)

Chocolate truffles terbuat dari ganache yang dibentuk menjadi bola, lalu dicelupkan ke cokelat. Selanjutnya, cokelat digulung dalam bubuk kakao. Bahan utama yang digunakan sebagai lapisan dalam truffle adalah cokelat asli.

Untuk membuat rasa yang berbeda dan khas, permen ini ditambahkan dengan bahan-bahan nikmat, seperti selai kacang, cognac, sampanye, karamel, buah-buahan, atau kacang yang ditambahkan ke ganache. Sesuaikan dengan seleramu, ya!

5. Roudoudous

5 Permen Khas Prancis yang Enak dan Unik, Satu Aja Gak Cukup!roudoudous (instagram.com/generations60708090)

Roudoudous merupakan permen tradisional yang populer sejak 1950 hingga 1970. Pada saat itu, pedagang lokal menuangkan karamel segar atau sirup rasa buah ke dalam cangkang kerang. Kemudian, mereka membiarkan campuran tersebut mengeras.

Permen ini jadi salah satu makanan manis favorit anak-anak. Di zaman modern, permen ini mempunyai versi komersial yang dijual dalam cangkang plastik. Camilan manis ini dinikmati seperti permen lolipop, dijilat sampai habis.

Prancis memang gak pernah main-main dalam hal makanan. Permen-permen di atas tentu menggoda dari tampilannya saja, ya kan? Sebagai pencinta makanan manis, pastikan kamu mencicipi semua permen ini, ya!

Baca Juga: 5 Tips Membuat Dessert Box Cokelat agar Lebih Lezat dan Premium! 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya