Comscore Tracker

6 Ragam Roti Khas Swedia yang Lezat, Rasanya Menggelitik Lidah!

Cocok dijadikan menu sarapan yang tak pernah membosankan!

Swedia terkenal dengan beragam makanannya yang sukses bikin lidah bergoyang. Salah satunya adalah aneka roti dengan beragam jenis. Roti dianggap sebagai salah satu makanan yang serbaguna, yang mana bisa dikombinasikan dengan banyak makanan lainnya.

Makin penasaran kan, roti khas dari negara ini yang terkenal akan kelezatannya? Berikut enam ragam roti khas Swedia yang lezat, rasanya menggelitik lidah!

1. Saffransbullar

6 Ragam Roti Khas Swedia yang Lezat, Rasanya Menggelitik Lidah!saffransbullar (instagram.com/tankestormar)

Saffransbullar merupakan roti kuning berisi kunyit versi Swedia. Roti dengan aneka bentuk ini terbuat dari adonan ragi mentega yang juga sering diperkaya dengan kismis atau pasta almond. Bentuk roti bisa menyerupai kepangan, lingkaran, hingga segitiga. 

Roti ini mempunyai versi yang paling terkenal, yaitu lussekatt bun. Variasi ini terkait erat dengan Hari St. Lucia, yang dirayakan pada 13 Desember.

2. Knäckebröd

6 Ragam Roti Khas Swedia yang Lezat, Rasanya Menggelitik Lidah!knäckebröd (instagram.com/kakanskost)

Knäckebröd adalah roti yang memiliki tekstur yang renyah dan bentuknya yang tipis menyerupai kerupuk. Tepung gandum hitam menjadi bahan utama dalam pembuatan roti ini. Kemudian bisa ditambahkan dengan biji seperti wijen, bunga matahari, labu, atau biji rami.

Roti ini mempunyai beragam topping yang membuatnya semakin menggugah selera. Topping ini bisa menggunakan alpukat, telur rebus, keju, hingga buah segar lainnya.

3. Tunnbröd

6 Ragam Roti Khas Swedia yang Lezat, Rasanya Menggelitik Lidah!tunnbröd (instagram.com/recept.se)

Tunnbröd merupakan roti pipih yang bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama. Roti ini kini memiliki variasi bentuk yang biasanya ditambahkan dengan kombinasi gandum, barley, dan rye yang berbeda. Roti ini sangatlah serbaguna, yang mana dapat diberi beragam topping untuk membuatnya makin lezat.

Topping ini dapat berupa mentega, ikan, kentang tumbuk, keju, sosis, hingga sayuran segar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pasar di Swedia yang Seru untuk Dijelajahi 

4. Hönökaka

6 Ragam Roti Khas Swedia yang Lezat, Rasanya Menggelitik Lidah!hönökaka (instagram.com/recept.se)

Hönökaka merupakan roti pipih yang mempunyai tekstur ringan, yang hampir seperti kue. Roti ini terbuat dari campuran susu, mentega, tepung putih, tepung rye, garam laut, ragi, sirup ringan, dan hjorthornssalt.

Kemudian adonan dibiarkan menjadi dua kali lipat, dan selanjutnya diremas dan diratakan sebelum ditusuk dengan kruskavel, yang merupakann penggulung yang menonjol. Adonan selanjutnya dipanggang dalam oven.

5. Paltbröd

6 Ragam Roti Khas Swedia yang Lezat, Rasanya Menggelitik Lidah!paltbröd (instagram.com/mjallomstunnbrod)

Paltbröd merupakan roti pipih klasik Swedia. Yang membuat roti ini unik adalah penambahan darah hewan dalam pembuatannya. Kandungan darah ini menjadikannya sumber zat besi yang baik. Hal tersebut membuat banyak sekolah Swedia menghidangkan untuk anak-anak.

Roti ini umumnya dihidangkan dengan menggunakan mentega atau dengan daging babi goreng dan saus putih. 

6. Gáhkku

6 Ragam Roti Khas Swedia yang Lezat, Rasanya Menggelitik Lidah!gáhkku (instagram.com/anniinanniina)

Gáhkku merupakan roti pipih yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung, garam, dan susu atau air. Kemudian menggunakan tambahan bahan seperti ragi, minyak atau mentega, dan sirup bit gula ringan untuk membuat roti makin lezat.

Kemudian adonan digulung dengan rolling pin kiri. Selanjutnya roti pipih dipanggang di atas bara api di wajan atau di atas batu panas. Di jaman modern ini, roti dipanggang menggunakan oven atau di atas kompor. 

Roti khas Swedia ini terkenal lezat dan cukup mengenyangkan. Roti ini juga cocok dikombinasikan dengan beragam menu.  Bisa juga jadi pengganti nasi lho!

Baca Juga: Selain Stockholm, 5 Kota di Swedia Ini Wajib Masuk Bucket List Kamu

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya