Comscore Tracker

5 Ragam Salad Khas Pulau Jawa, Santapan Menyehatkan

Bisa jadi menu diet yang tetap lezat!

Salad tak hanya menjadi menu favorit orang-orang Eropa atau Amerika. Indonesia juga mempunyai beberapa salad khas yang menjadi andalannya. Salad-salad ini mudah ditemukan diberbagai tempat makan yang tersebar di Pulau Jawa. 

Selain menyehatkan, salad juga cocok dijadikan menu bagi mereka yang sedang diet. Berikut lima salad khas Pulau Jawa yang memanjakan lidah dan bikin tubuh sehat.

1. Pecel

5 Ragam Salad Khas Pulau Jawa, Santapan Menyehatkanpecel (instagram.com/info_masakanindonesia)

Pecel biasanya menjadi salah satu menu sarapan yang nikmat. Makanan ini dapat merujuk pada bumbu kacang yang beraroma atau kombinasi saus dan berbagai sayuran. Sausnya terbuat dari kacang panggang dan rempah-rempah yang berupa cabai, gula merah, bawang putih, air asam, terasi, daun jeruk purut, garam, dan kencur.

Saus ini biasanya memiliki rasa manis dan juga pedas. Sementara itu, sayuran bisa berupa kacang panjang, daun kemangi, timun, dan juga kacang panjang. 

2. Gado-gado

5 Ragam Salad Khas Pulau Jawa, Santapan Menyehatkangado-gado (instagram.com/tibatempeh)

Gado-gado bisa menjadi salah satu salad andalan khas Indonesia. Salad ini umumnya dibuat dengan beragam sayuran, telur, tempe, dan tahu. Biasanya sayurnya direbus sebentar, kemudian dilumuri saus pedas, selanjutnya dilengkapi dengan tambahan kerupuk udang yang renyah. 

Untuk sausnya secara tradisional terbuat dari kacang mete atau kacang biasa. Makanan ini menjadi perwakilan sejati dari street food Indonesia, dan sudah ada dalam budaya Indonesia sejak abad ke-16.

3. Ketoprak

5 Ragam Salad Khas Pulau Jawa, Santapan Menyehatkanketoprak (instagram.com/cuki_bake)

Ketoprak terbuat dari kombinasi tahu goreng, lontong, bihun, tauge, kol, dan mentimun. Kombinasi tersebut dihidangkan dengan saus kacang dan kecap manis. Hidangan ini umumnya diberi taburan bawang merah goreng dan krupuk.

Makanan ini mudah dijumpai di banyak gerobak makanan ketoprak di seluruh Jakarta. Terdapat pula varian ketropak mi yang menggunakan tambahan mi.

Baca Juga: 5 Hidangan Serba Ambrosia yang Menarik Hati, Bukan Sekadar Salad

4. Rujak cingur

5 Ragam Salad Khas Pulau Jawa, Santapan Menyehatkanrujak cingur (instagram.com/infogresik)

Rujak cingur adalah makanan yang dibuat dengan aneka buah tropis, umumnya dihidangkan dengan saus pedas dan manis. Rujak cingur juga menambahkan bahan langka, seperti moncong sapi atau kerbau.

Secara tradisional, moncong daging sapi atau kerbau yang digunakan dalam rujak cingur. Sementara itu, buah dan sayuran dihidangkan dalam keadaan direbus atau mentah. Hidangan kemudian disiram dengan saus pedas khas Indonesia yang dibuat dengan terasi, kacang tanah, gula, dan cabai.

5. Karedok

5 Ragam Salad Khas Pulau Jawa, Santapan Menyehatkankaredok (instagram.com/gerrycreation)

Karedok merupakan salad sayuran versi tradisional Indonesia. Makanan sederhana dan sehat ini biasanya terbuat dari bahan-bahan segar dan mentah yang diiris dan dihidangkan dengan saus kacang tradisional. Sayuran yang biasanya digunakan adalah mentimun, kol, kacang hijau, kemangi, tauge, dan terong.

Cara pembuatan sausnya adalah dengan menggiling kacang goreng bersama garam, gula aren, dan cabai. Saus bisa ditambahkan dengan terasi atau bawang putih untuk menambah rasa.

Salad khas Pulau Jawa dapat menjadi menu diet yang baik untuk tubuh. Dari kesekian menu salad di atas, mana nih, yang jadi kesukaan kalian?

Baca Juga: 5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidah

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya