Comscore Tracker

5 Semur Paling Populer di Pakistan, Gurihnya Nikmat Banget!

Aromanya seketika bikin perut keroncongan!

Pakistan adalah salah satu negara yang kulinernya sebagian besar terbuat dari beragam rempah-rempah yang dapat memperkuat dan memperkaya rasa. Salah satu hidangan yang patut dicoba adalah semurnya. Semur asal negara ini mempunyai rasa lezat yang nendang di lidah.

Semur juga dapat dikonsumsi dengan nasi, sehingga cukup mengenyangkan sebagai makanan utama. Berikut lima semur khas Pakistan yang kelezatannya mengundang lapar.

1. Aloo gosht

5 Semur Paling Populer di Pakistan, Gurihnya Nikmat Banget!aloo gosht (instagram.com/mirchitales)

Aloo gosht merupakan semur yang menjadikan daging dan kentang sebagai bahan dasarnya. Daging yang digunakan dapat berupa daging domba, kambing, atau sapi. Cara pembuatannya yaitu, potongan daging dan kentang dimasak lama dan lambat.

Selama proses memasak, maka ditambahkan dengan kombinasi bawang putih, jahe, tomat, dan bawang merah. Untuk menambah rasa, maka diberi berbagai bumbu seperti ketumbar, kayu manis, bubuk cabai merah, kunyit, dan lada hitam. Metode persiapan yang demikian menghasilkan daging dan kentang yang empuk yang terkandung dalam kaldu yang penuh rasa. Umumnya diakhiri dengan segenggam daun ketumbar yang baru dicincang.

2. Nihari

5 Semur Paling Populer di Pakistan, Gurihnya Nikmat Banget!nihari (instagram.com/kikhaiben)

Nihari merupakan makanan yang dibuat dengan daging yang dimasak perlahan seperti betis sapi, daging kambing, atau ayam. Daging tersebut direbus bersamaan dengan kaldu dan beragam bumbu yang mencakup jinten, cengkeh, garam masala, dan kapulaga. Semua bahan dimasak di dalam wadah besar yang ditutup dengan adonan.

Proses memasak hidangan ini sangatlah lama, sekitar 6 hingga 8 jam. Makanan ini secara tradisional dihidangkan untuk menu sarapan.

3. Chicken Lahori

5 Semur Paling Populer di Pakistan, Gurihnya Nikmat Banget!chicken lahori (instagram.com/thedoc_chef)

Chicken lahori merupakan kari ayam tradisional yang umumnya terbuat dari potongan ayam yang digoreng dengan berbagai bumbu, yogurt tawar, bawang bombay, bawang putih, jahe, dan tomat. Semua bahan kemudian direbus dengan air atau kaldu ayam hingga dagingnya empuk.

Untuk memperkuat rasa, maka ditambahkan dengan rempah-rempah khas, termasuk bubuk kunyit, ketumbar, cabai hijau panas, merica hitam, bubuk cabai merah, kayu manis, kapulaga, jinten, dan bubuk garam masala. Semur nikmat ini bisa diperkaya dengan kentang untuk menambah konsistensi dan makanan yang lebih mengenyangkan.

Baca Juga: 5 Ragam Roti Khas Pakistan yang Kelezatannya Bikin Gagal Diet

4. Sindhi kadhi

5 Semur Paling Populer di Pakistan, Gurihnya Nikmat Banget!sindhi kadhi (instagram.com/thegourmettherapy)

Sindhi kadhi merupakan semur yang terbuat dari sayuran yang berbeda, dan berbagai rempah-rempah seperti mustard dan biji ketumbar, cabai, jahe, dan kunyit. Bahan pokok pembuatannya juga menambahkan tomat dan air asam ke dasar hidangannya.

Pilihan sayuran bergantung pada rasa, kesukaan, dan ketersediaan. Namun paling menggunakan kentang, okra, wortel, atau kacang hijau. Semur yang kaya rasa ini umumnya disertai dengan nasi dan dihidangkan dengan hiasan ketumbar segar.

5. Sai bhaji

5 Semur Paling Populer di Pakistan, Gurihnya Nikmat Banget!sai bhaji (instagram.com/chefamitpamnani)

Sai bhaji merupakan makanan yang terbuat dari kombinasi sayuran hijau, sayuran, dal atau split pulses, dan rempah-rempah pilihan. Hidangan ini umumnya dihidangkan dengan nasi dan roti.

Sayuran khas yang paling sering digunakan adalah bayam, sorrel, daun fenugreek, dan daun dill. Sementara itu, pilihan sayuran yang dapat digunakan adalah kentang, tomat, okra, terong, dan bawang. Untuk memperkuat rasa, maka ditambahkan dengan berbagai bumbu seperti cabai hijau, kunyit, jinten, ketumbar, jahe, dan garam masala. 

Semur khas negara ini benar-benar mempunyai cita rasa yang unik dan kaya akan rempah dan bumbu. Bikin penasaran cobain deh!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya