Comscore Tracker

5 Street Food Populer Khas Sumatera, Nikmat Parah!

Kalau sudah coba, gak cukup sepiring karena rasanya nendang!

Indonesia, khususnya Pulau Sumatera mempunya banyak street food yang bisa dicoba. Hidangan-hidangan ini telah memperoleh kepopulerannya yang luar biasa, sehingga tak perlu pergi ke Sumatera untuk menikmatinya.

Makanan ini dapat berupa sup bakso ikan, sate, mi, hingga daging berbumbu yang semuanya mungkin sudah tak asing didengar di telinga kalian. Berikut lima street food asal Sumatera yang bikin perut keroncongan.

1. Rendang

5 Street Food Populer Khas Sumatera, Nikmat Parah!rendang (instagram.com/monicatunjungsari)

Rendang menjadi salah satu makanan Indonesia yang telah mendunia dan diakui kelezatannya. Makanan ini bahkan sering masuk dalam daftar makanan paling enak di dunia. Hidangan yang terkenal karena tingkat kepedasannya ini biasanya menggunakan daging sapi yang dikombinasikan dengan beragam bumbu khas Indonesia. 

Daging juga terkenal empuk dan kaya rasa. Rendang biasanya dikonsumsi dengan nasi hangat.

2. Pempek

5 Street Food Populer Khas Sumatera, Nikmat Parah!pempek (instagram.com/ryanartiana)

Pempek merupakan kue ikan tradisional yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Makanan ini berasal dari kota Palembang yang berlokasi di provinsi Sumatera Selatan. 

Hidangan ini telah diakui sebagai makanan ringan yang patut dipuji dari segi rasa dan bumbu. Bahkan saat ini pempek dianggap sebagai makanan tradisional Indonesia yang lezat. Makanan ini umumnya dikukus, dan sebelum dinikmati, makanan ini terlebih dahulu digoreng dengan minyak sayur dan dipotong-potong.

3. Tekwan

5 Street Food Populer Khas Sumatera, Nikmat Parah!tekwan (instagram.com/mymom_lenaningsih)

Jika menyukai kombinasi sup dan bakso ikan, maka bisa mencoba kelezatan dari tekwan. Hidangan ini merupakan bakso ikan tekwan, yang bahan-bahan pembuatannya adalah kombinasi pasta ikan, tapioka, dan tepung yang direbus atau digoreng dan kemudian ditambahkan ke sup.

Kaldu yang digunakan umumnya berbahan dasar ikan atau udang, dan jamur. Bahan pendukung lainnya yang juga ditambahkan adalah bunga lily kering, irisan bengkuang, bawang putih, dan daun bawang. Makanan ini juga dilengkapi dengan mi bihun dan sayuran lainnya. 

Baca Juga: 5 Makanan Tradisional Khas Sumatera Utara yang Bisa Bikin Ketagihan

4. Mi Aceh

5 Street Food Populer Khas Sumatera, Nikmat Parah!mi Aceh (instagram.com/suncity_madiun)

Mi Aceh bisa menjadi salah satu hidangan baru bagi mereka yang menggemari makanan berupa mi. Makanan ini dihidangkan dengan cara digoreng dan dalam bentuk kuah. Bahan-bahan pembuatannya adalah mi kuning kental, daging sapi, domba, atau seafood. Sayur juga menjadi hidangan pendukung lainnya, yang mencakup daun bawang, bawang putih, tauge, kol, dan tomat.

Mi kaya akan bumbu dengan campuran pedas yang umumnya menggabungkan cabai, bawang merah, bawang putih, kapulaga, dan jintan. Hidangan ini umumnya disajikan dengan taburan bawang merah goreng, mentimun, dan kerupuk.

5. Sate Padang

5 Street Food Populer Khas Sumatera, Nikmat Parah!sate Padang (instagram.com/eatandjournal)

Pencinta makanan sate wajib mencoba hidangan yang satu ini. Sate Padang  merupakan aneka sate yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Hidangan ini tradisional terbuat dari daging sapi, dan terdiri dari potongan daging atau jeroan yang diasinkan, kemudian ditusuk, dan selanjutnya dipanggang. 

Sate ini umumnya dihidangkan dengan disiram kuah kental berwarna kecokelatan yang memadukan kaldu daging yang dikentalkan dengan tepung beras, atau bisa juga terbuat dari air beras dan berbagai bumbu yang tidak terlalu kuat. Hidangan ini umumnya disajikan dengan ketupat.

Street food khas Sumatra di atas mempunyai rasa khas yang bikin ketagihan. Bumbunya nendang, tak cukup sepiring!

Baca Juga: 5 Street Food Populer di Argentina, Cocok untuk Food Hunting!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya