Comscore Tracker

5 Varian Mochi Khas Jepang, Bikin Lidah Terpikat!

Kenyal di luar dan lembut di dalam!

Mochi adalah salah satu sajian khas Jepang yang terkenal kenyal di luar dan lembut di dalam. Makanan ini tak hanya terkenal di negara asalnya, namun telah mendunia. Bahkan juga sudah mudah ditemukan di Indonesia.

Di Jepang, mochi mempunyai beragam rasa dan juga varian. Hal ini tentu menjadi surga bagi mereka yang menggemari makanan ini. Berikut lima jenis mochi asal Jepang yang bikin ngiler.

1. Akafuku

5 Varian Mochi Khas Jepang, Bikin Lidah Terpikat!akafuku (instagram.com/dj_shin_japan)

Akafuku merupakan beragam mochi yang disiapkan hanya di wilayah pusat Kota Ise di Prefektur Mie. Makanan ini dibuat dengan pasta kacang merah manis yang dilapisi di sekitar mochi yang lembut namun keras.

Komposisi tersebut agak unik karena wagashi umumnya dibuat dengan melampirkan pasta di dalam mochi. Banyak turis suka membeli makanan ini sebagai suvenir. Namun sajian ini harus dinikmati dengan cepat karena kadaluwarsanya hanya dalam dua hari.

2. Zunda mochi

5 Varian Mochi Khas Jepang, Bikin Lidah Terpikat!zunda mochi (instagram.com/kintokisweets)

Jika ingin mencoba makanan tradisional Jepang yang terkenal enak, maka bisa mencoba zunda mochi. Makanan ini memadukan mochi rebus dan pasta hijau cerah yang dibuat dengan kacang edamame yang dihaluskan. Hidangan ini umumnya menggunakan kue mochi tanpa pemanis.

Sementara itu pasta yang dihaluskan secara kasar hanya diberi sedikit pemanis. Makanan ini dapat disantap dalam keadaan dingin atau hangat. Sedangkan untuk pasta biasanya diletakkan di atas mochi.

3. Habutae mochi

5 Varian Mochi Khas Jepang, Bikin Lidah Terpikat!habutae mochi (instagram.com/hiromibb_)

Habutae mochi merupakan jenis mocbi yang berasal dari Fukui. Makanan ini terbuat dari tepung kue beras kukus yang dikombinasikan dengan gula dan sirup. Perpaduan tersebut menghasilkan adonan halus seperti sutra. Tahap selanjutnya dengan memotong adonan menjadi lembaran tipis berbentuk persegi panjang.

Kue ini hampir tembus pandang. Untuk memperkaya rasa, maka mochi bisa dibumbui atau dibalut dengan pasta kacang atau buah adzuki. Mochi ini bisa menjadi suvenir daerah yang paling umum.

Baca Juga: 5 Kreasi Mochi Hasil Perpaduan dengan Makanan Terkenal, Bentuknya Beda

4. Shio daifuku

5 Varian Mochi Khas Jepang, Bikin Lidah Terpikat!shio daifuku (instagram.com/sthkzn2)

Mochi bisa menjadi makanan penutup yang nikmat dan bikin nagih. Salah satunya yang bikin jatuh cinta sekali coba adalah shio daifuku. Makanan ini terdiri dari cangkang mochi kenyal yang berisi pasta kacang merah anko yang lembut atau kasar. Pasta kacang merah pada mochi ini mempunyai rasa yang sedikit asin. Namun, mochi ini memiliki kombinasi rasa manis dan gurih yang tidak biasa.

Mochi umumnya berbentuk bulat. Terkadang untuk menambah rasa, kacang hitam utuh dimasukkan ke dalam bungkus mochi. Mochi jenis ini menjadi makanan pokok di banyak toko daifuku khusus, namun makanan ini juga dapat dibeli secara umum di banyak toko dan supermarket di seluruh negeri.

5. Hanami dango

5 Varian Mochi Khas Jepang, Bikin Lidah Terpikat!hanami dango (instagram.com/accessnakako)

Hanami dango merupakan makanan sejenis pangsit beras mochi dengan rasa yang manis. Mochi ini biasanya ditusuk dengan masing-masing memiliki warna yang berbeda. Nah, di sini lah yang menjadi ciri khas.

Mochi mempunyai warna merah muda yang melambangkan bunga sakura. Sementara itu, putih melambangkan sisa salju dari musim dingin yang berlalu. Sedangkan hijau digunakan sebagai pembawa musim semi yang melambangkan warna rumput muda. Mochi jenis ini sering dijadikan sebagai hidangan penutup.

Mochi khas Jepang terkenal akan kelezatannya. Makanan nikmat ini juga berhasil memikat lidah orang Indonesia, lho!

Baca Juga: 5 Kombinasi Makanan Jepang dengan Stroberi, Enaknya Kelewatan!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya