Comscore Tracker

5 Varian Roti Lezat Khas Malaysia yang Bikin Gagal Diet!

Sekali coba pasti lidahmu langsung jatuh cinta!

Roti bisa menjadi makanan pokok dari penduduk Malaysia. Karenanya, roti muncul dalam berbagai bentuk dengan rasa yang beragam. Roti tak hanya menjadi menu sarapan di pagi hari, namun roti juga bisa menjadi camilan ringan pengganjal perut.

Varian roti di negara ini mudah ditemui di berbagai toko roti dan juga tempat makan. Berikut lima jenis roti khas Malaysia yang rasanya lezat banget! 

1. Roti canai

5 Varian Roti Lezat Khas Malaysia yang Bikin Gagal Diet!roti canai (instagram.com/simoneats)

Roti canai merupakan roti pipih goreng yang terbuat dari tepung, air, telur, dan lemak. Adonan untuk roti ini dilipat berulang kali, sehingga produk akhir memiliki tekstur berlapis. Roti juga mempunyai bagian dalam yang lembut dengan lapisan luar yang renyah.

Lemak yang paling sering digunakan dalam roti ini adalah ghee, yang merupakan mentega tradisional India. Roti ini umumnya dihidangkan polos dalam bentuk tradisional bulat, sebagai pelengkap kari.

2. Roti durian

5 Varian Roti Lezat Khas Malaysia yang Bikin Gagal Diet!roti durian (instagram.com/dapurbalikpapan)

Roti durian merupakan jenis roti canai dengan rasa yang manis dan roti juga diberi lapisan berupa buah durian. Cara pembuatannya yaitu, mencampurkan buah durian di dalam roti canai, kemudian menambahkan gula bila menyukai rasa manis ekstra. Selanjutnya campuran dari bahan tersebut dipanggang.

Roti ini dapat dijumpai di sebagian besar pedagang kaki lima dan roti ini juga dapat dijadikan sebagai makanan penutup atau camilan.

3. Papparoti

5 Varian Roti Lezat Khas Malaysia yang Bikin Gagal Diet!papparoti (instagram.com/coffeel.izmir)

Papparoti merupakan roti lezat yang dibuat dengan kombinasi tepung, gula, ragi, susu, mentega, garam, dan telur. Sebelum mengalami proses pemanggangan, adonan diberi lapisan gula yang dibuat dengan kopi dan karamel.

Roti ini bertekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Papparoti telah memperoleh ketenarannya sejak tahun 2003, pada saat toko PappaRoti bermerek dagang pertama dibuka di Malaysia. Makanan ini umumnya dipasangkan dengan teh atau kopi. Sekarang roti manis dan asin ini dapat dijumpai di seluruh Asia, Australia, Inggris, Timur Tengah, dan Amerika Utara.

Baca Juga: 5 Mie Kuah Khas Malaysia dengan Topping Segar yang Lezat

4. Roti bawang

5 Varian Roti Lezat Khas Malaysia yang Bikin Gagal Diet!roti bawang (instagram.com/eatwith.celeste)

Kombinasi adonan roti dengan bawang bisa menjadi hidangan yang memiliki aroma sedap dengan rasa yang nikmat. Roti bawang bisa menjadi pilihan untuk menikmatinya. Roti pipih ini mempunyai isian bawang yang dipotong dadu, dan kemudian digoreng. Roti ini lebih mirip dengan bentuk dan tekstur pancake.

Hidangan ini umumnya disajikan untuk menu sarapan atau dinikmati sebagai camilan yang disantap bersama saus atau kari. Roti bawang sangat mudah dijumpai di pedagang kaki lima dan restoran lokal.

5. Roti sardin

5 Varian Roti Lezat Khas Malaysia yang Bikin Gagal Diet!roti sardin (instagram.com/hindra_andy)

Roti sardin merupakan hidangan yang berupa roti pipih dengan isian sarden kalengan, irisan bawang bombay, cabai, dan telur kocok yang menyatukan semuanya.

Makanan ini biasanya dinikmati bersamaan dengan saus tomat, berbagai jenis kari atau sambal, yang biasanta menggunakan saus pedas jenis Asia Tenggara. Roti sardi  digoreng dan disajikan sebagai hidangan sarapan atau makanan ringan sepanjang hari.

Roti-roti khas Malaysia tersebut dapat menjadi menu spesial di pagi hari sebelum memulai melakukan aktivitas. Jadi camilan pun nikmat!

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Malaysia yang Cocok Disajikan dengan Nasi, Auto Ngiler!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya