Comscore Tracker

5 Variasi Mi Khas Laos yang Paling Populer, Punya Cita Rasa Lezat!

Aromanya susah bikin move on!

Mi menjadi salah satu menu andalan negara-negara Asia karena bisa dikombinasikan dengan berbagai menu lainnya. Mulai dari bakso, salad, hingga sup akan menjadi variasi menu yang lezat dan nikmat dengan menggunakan mi. 

Salah satu negara yang menjadikan mi sebagai makanan populer adalah Laos. Negara ini mempunyai banyak ragam mi yang mampu membuat banyak orang ketagihan dengan rasa nikmat yang disajikan. Berikut lima variasi mi khas Laos yang paling populer, punya cita rasa lezat!

1. Pad Kee Mao

5 Variasi Mi Khas Laos yang Paling Populer, Punya Cita Rasa Lezat!pad kee mao (Instagram.com/chinesefoodobsession)

Pad kee mao merupakan hidangan mi tumis di Laos dan Thailand utara. Mi terbuat dari bihun lebar, paha ayam atau dada, bawang putih, cabai merah, daun jeruk purut, lengkuas, baby corn, gula merah, kecap ikan, kecap, dan kemangi.

Terdapat versi lain dari hidangan ini yang menggunakan cumi-cumi atau makanan laut yang berbeda sebagai bahan utama.

2. Feu

5 Variasi Mi Khas Laos yang Paling Populer, Punya Cita Rasa Lezat!feu (Instagram.com/feunoodlebar)

Feu merupakan sup mi daging sapi yang dibuat dengan menuangkan kaldu mendidih di atas bihun, irisan tipis daging sapi, dan berbagai rempah dan sayuran lokal segar. Bumbu pembuatannya bisa termasuk bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, serai, kemangi Thailand, daun jeruk purut, dan mint.

Mi biasanya dihidangkan sebagai sarapan dan dengan mudah ditemukan di tempat-tempat makan.

3. Khao Piak Sen

5 Variasi Mi Khas Laos yang Paling Populer, Punya Cita Rasa Lezat!khao piak sen (Instagram.com/saaplaokitchen)

Khao piak sen merupakan sup mi tradisional Laos yang umumnya dihidangkan sebagai menu sarapan. Mi dibuat dengan merebus kaldu ayam dengan lengkuas, daun jeruk purut, serai, bawang putih, dan kecap ikan.

Mi yang kental dan kenyal kemudian ditambahkan ke dalam kaldu dan melepaskan sebagian patinya. Hal tersebut membuat sup sedikit mengental dalam prosesnya.

Hasil akhirnya, makanan ini dihiasi dengan ayam suwir, daun ketumbar, kol, irisan daun bawang, irisan bawang putih goreng, dan air jeruk nipis. 

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Pakse Laos, Menarik Semua!

4. Khao Poon

5 Variasi Mi Khas Laos yang Paling Populer, Punya Cita Rasa Lezat!khao poon (Instagram.com/jenuinelyme)

Khao poon merupakan sup mi beras pedas yang dianggap sebagai hidangan yang sehat dan menenangkan karena sedikit lemak dan memiliki beragam rasa.

Mi secara tradisiona terbuat dari mi bihun rebus, suwiran ayam, terasi merah, serai, santan, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan rebung. Tingkat kepedasannya tergantung pada jumlah pasta kari dan cabai segar yang digunakan dalam hidangan.

5. Lard Na

5 Variasi Mi Khas Laos yang Paling Populer, Punya Cita Rasa Lezat!lard na (Instagram.com/beytastebuds)

Lard na merupakan hidangan berupa nasi goreng mi. Makanan ini populer sebagai makanan jalanan lokal di Laos dan Thailand utara. Makanan ini perlu menyiapkan saus yang dibuat dengan daging sapi, babi, ayam atau bahkan tahu.

Bahan tambahannya adalah daging dan mi yang disertai dengan brokoli Tiongkok, wortel, jamur, dan bawang putih cincang.

Setelah sayuran direbus dalam kaldu ayam, tepung tapioka ditambahkan untuk mengentalkan kuah. Kuah ini juga diberi saus kacang kuning, kecap ikan, dan kecap.

Mi khas Laos ini sangat bervariasi, sehingga membuat pecinta mi tak pernah merasa bosan. Selain lezat, mi tersebut juga kaya akan rempah pilihan.

Baca Juga: 5 Ragam Salad Khas Laos, Santapan Lezat yang Menyehatkan! 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya