Comscore Tracker

Murah dan Mengenyangkan, Ini 6 Variasi Roti Pipih Populer Khas India

Simpel dan bisa dikombinasikan dengan berbagai menu

Selain mengonsumsi nasi, penduduk India juga biasanya menyantap kentang, roti, dan makanan lainnya untuk memenuhi kebutuhan.

Roti menjadi salah satu hidangan yang biasanya dinikmati untuk sarapan. Salah satu roti yang sangat terkenal di negara ini adalah roti pipih. Biasanya roti pipih dipanggang di atas wajan atau oven dan dikombinasikan dengan beragam menu yang membuatnya makin lezat. Berikut enam roti pipih asal India yang nikmat dan dijadikan berbagai olahan menu.

1. Naan

Murah dan Mengenyangkan, Ini 6 Variasi Roti Pipih Populer Khas Indianaan (instagram.com/vijayaselvaraju)

Naan merupakan roti pipih yang mempunyai tekstur kenyal. Roti ini terbuat dari tepung putih, ragi, telur, susu, garam, dan gula. Semua bahan dicampur hingga membentuk adonan.

Adonan lalu dipanggang dalam oven tandoor. Roti ini mempunyai bentuk tetesan air mata yang khas yang diperoleh dengan cara adonan terkulai ketika dimasak di dinding tandoor

2. Chapati

Murah dan Mengenyangkan, Ini 6 Variasi Roti Pipih Populer Khas Indiachapati (instagram.com/carthage__tunisia__official)

Chapati merupakan roti pipih tidak beragi yang terbuat dari tepung gandum utuh, air, dan garam. Campuran bahan tersebut lalu dipanggang di atas wajan. Roti ini tak hanya terkenal didi seluruh India, namun juga di Bangladesh, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.

Roti ini dapat di isi dengan berbagai isian seperti kentang, daging yang disuwir, atau sayuran. Roti juga sering dijadikan sarapan yang mengenyangkan dan simpel.

3. Kulcha

Murah dan Mengenyangkan, Ini 6 Variasi Roti Pipih Populer Khas Indiakulcha (instagram.com/made_for_foodies_1)

Kulcha merupakan roti yang dalam pembuatannya memerlukan tepung terigu. Roti ini umumnya dihidangkan sebagai pendamping kari buncis. Roti biasanya dimasak di tandoor atau di atas wajan. Cara penyajiannya biasanya diolesi dengan ghee. Roti paling nikmat saat dinikmati dalam keadaan masih panas.

Roti ini mempunyai tekstur yang kenyal dan lembut. Selain kari buncis, roti juga dapat disantap bersamaan dengan beragan saus cocolan.

Baca Juga: Bikin Lapar, Ini Resep Roti Naan Khas India yang Lembut dan Lezat

4. Bhakri

Murah dan Mengenyangkan, Ini 6 Variasi Roti Pipih Populer Khas Indiabhakri (instagram.com/arpitasfoodpod)

Bhakri merupakan roti pipih tidak beragi yang terbuat dari jowar, ragi, sorgum, gandum, atau tepung beras. Semua bahan mempunyai serat yang tinggi. Hal tersebut membuat roti ini menjadi jenis roti pipih yang sehat.

Untuk membuatnya kaya rasa, roti terkadang diberi bumbu yang terdiri dari mentega ghee atau biji jintan. Biasanya roti dihidangkan bersama dengan chutney, baingan bharta, sayuran, kari, atau nasi. Roti ini biasanya disantap ketika sarapan atau makan siang.

5. Keema naan

Murah dan Mengenyangkan, Ini 6 Variasi Roti Pipih Populer Khas Indiakeema naan (instagram.com/cheenas.kitchen)

Keema naan merupakan roti pipih yang dibuat dengan adonan yang lembut dan elastis. Adonan ini terbuat dari campuran tepung, ragi, garam, gula, dan yogurt. Setelah digulung, adonan diisi dengan keema, yang merupakan sup seperti kari yang berisi daging domba atau kambing, kentang, kacang hijau, jahe, cabai, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah garam masala.

Setelah adonan terisi bahan-bahan tersebut, lalu adonan dibentuk, dan adonan dapat dipanggang di tandoor panas, di atas wajan, atau di atas wajan tava hingga matang sempurna dan berubah menjadi warna keemasan. Roti juga bisa ditaburi biji wijen hitam dan juga biasanya diolesi dengan mentega hangat atau ghee sebelum disantap.

6. Butter Garlic Naan

Murah dan Mengenyangkan, Ini 6 Variasi Roti Pipih Populer Khas Indiabutter garlic naan (instagram.com/rachelgurjar)

Butter garlic naan merupakan roti pipih tradisional India. Roti ini juga menjadi salah satu versi naan yang paling terkenal. Roti terbuat dari tepung, ragi, garam, gula, dan yogurt. Semua bahan dicampur dengan merata lalu adonan dipanggang dalam oven tandoor panas. Setelah proses pemanggangan selesai, roti lalu diolesi dengan mentega atau ghee.

Roti biasanya diberi dengan bawang putih cincang di atasnya. Roti ini biasanya menjadi pendamping sempurna untuk hidangan seperti kari, ayam mentega, dal makhani, malai kofta, atau shahi paneer.

Roti pipih khas India di atas dapat menjadi menu baru di rumah. Selain bahan-bahannya yang mudah didapat, makanan tersebut juga bisa dikombinasikan dengan beragam menu.

Baca Juga: 5 Kreasi Hidangan dari Roti Naan, Flatbread Yogurt yang Wajib Dicicipi

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya