Comscore Tracker

5 Buah dan Sayur yang Gak Boleh Disimpan di Dalam Kulkas

Jangan asal masuk ke kulkas

Banyak orang yang sangat suka menyimpan makanan di dalam kulkas untuk membuatnya lebih tahan lama. Selain itu, banyak orang yang memang menyukai makanan dingin karena terasa segar, terutama sayur dan buah. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa sayur dan buah yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas?
Jika belum tahu, simak yuk penjelasan berikut ini. Jangan sampai, manfaat buah dan sayur justru berkurang karena kamu salah simpan.

1. Tomat

5 Buah dan Sayur yang Gak Boleh Disimpan di Dalam Kulkaspixabay.com/couleur

Pada tahun 2016, Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) menerbitkan sebuah jurnal yang menyatakan bahwa tomat yang disimpan pada suhu di bawah 12 derajat Celcius akan membuat rasa tomat menjadi hambar. Bukan hanya itu, aroma asli tomat pun akan berubah. Hal ini karena kandungan tomat yang mempengaruhi rasa dan aroma bisa berkurang hingga 65 % saat disimpan di tempat dingin.

2. Kentang

5 Buah dan Sayur yang Gak Boleh Disimpan di Dalam Kulkaspixabay.com/HolgersFotografies

Dilansir dari potatogoodness.com, menyimpan kentang di dalam kulkas dapat menyebabkan warna kentang berubah menjadi lebih gelap dan manis yang tidak enak saat dimasak. Oleh karena itu, lebih baik menyimpan kentang pada suhu ruangan untuk menjaga rasa dan warnanya. Jika sudah terlanjur menyimpan kentang di dalam kulkas, simpan dulu pada suhu ruangan selama beberapa hari sebelum memasaknya.

3. Semangka

5 Buah dan Sayur yang Gak Boleh Disimpan di Dalam Kulkaspixabay.com/stevepb

Semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan karotenoid seperti lycopene dan beta carotene. Keduanya merupakan antioksidan alami yang sangat baik untuk melawan kanker serta mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Jika ingin memperoleh manfaat antioksidan yang maksimal dari semangka, maka jangan menyimpannya di dalam kulkas. Penelitian dari Departemen Penelitian Pertanian Amerika Serikat menunjukan bahwa semangka yang disimpan pada suhu ruangan memiliki antioksidan lebih tinggi dibandingkan jika disimpan di dalam kulkas. Ternyata semangka yang disimpan suhu ruangan bisa membuat kadar lycopene meningkat hingga 40% dan beta carotene hingga 139%.

Baca Juga: 7 Resep dan Kreasi Unik Olahan Sayuran yang Bikin Semua Orang Suka

4. Pisang

5 Buah dan Sayur yang Gak Boleh Disimpan di Dalam Kulkaspixabay.com/fxxu

Biasanya orang suka memetik pisang saat masih mudah. Kesalahannya adalah orang menyimpan pisang tersebut di dalam kulkas. Padahal, menurut para ahli yang dilansir dari The Guardian, suhu dingin kulkas akan melumpuhkan enzim yang berfungsi untuk membuat pisang menjadi matang. Namun jika pisangnya sudah matang, boleh kok disimpan di dalam kulkas.

5. Alpukat

5 Buah dan Sayur yang Gak Boleh Disimpan di Dalam Kulkaspixabay.com/dirtdriver38

Alpukat adalah jenis buah yang tidak bisa matang jika tidak dipetik. Masalahnya, banyak orang yang justru menyimpan alpukat di dalam kulkas untuk menungguhnya matang. Padahal, alpukat mudah yang disimpan di dalam kulkas tidak akan bisa matang. Selain itu, alpukat matang yang disimpan di dalam kulkas akan merusak rasa dan tekstur dari alpukat. Oleh karena itu, lebih baik menyimpan alpukat pada suhu ruangan hingga matang. Jika sudah matang, segeralah nikmati.

Nah, itulah sayur dan buah yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Jangan sampai salah lagi, yah. Jangan lupa untuk sering mencari tahu banyak hal tentang makanan agar bisa hidup selalu sehat.

Baca Juga: 7 Sayuran Ini Lebih Bernutrisi Jika Dimasak Terlebih Dahulu

Resty Photo Verified Writer Resty

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya