Comscore Tracker

Mengenang Bondan Winarno, Inilah 5 Makanan Maknyus Favoritnya

Pokok e maknyus!

Bondan Winarno merupakan sosok inspiratif dalam dunia kuliner. Pak Bondan, sapaan akrabnya, dikenal sebagai presenter kuliner dengan jargonnya "Pokok e Maknyus!".

Bondan mengawali karirnya sebagai seorang penulis dan wartawan salah satu media di Indonesia. Hingga akhirnya, dia menjadi ketua Jalansutra, komunitas wisata boga terkenal di Indonesia.

Sayangnya, berita duka datang tadi pagi sekitar pukul 09.05.  Pak Bondan telah wafat di usia 67 tahun. Untuk mengenangnya, IDN Times akan memberikan info mengenai 5 makanan favoritnya.

1. Ikan Woku Belangga

Mengenang Bondan Winarno, Inilah 5 Makanan Maknyus Favoritnyaresepdanmasakan.com

Masakan khas Manado ini sangat lezat, gurih, dan sedikit pedas. Woku artinya ungkep (teknik memasak dengan bahan yang dimasak di dalam panci tertutup tanpa minyak), sedangkan belanga artinya panci.

Umumnya, semua ikan bisa dimasak menggunakan teknik tersebut. Seperti kakap, cumi, ikan emas, dan banyak lagi yang lainnya. Selain lezat aromanya sangat harum, masakan ini bisa dimasak menggunakan daun-daunan, seperti kemangi.

2. Pangek Tuna

Mengenang Bondan Winarno, Inilah 5 Makanan Maknyus Favoritnyarasamasa.com

Pangek tuna merupakan masakan khas Padang tanpa menggunakan santan. Pangek Tuna bisa menggunakan ikan tuna maupun tongkol.

Seperti yang kita ketahui, masakan khas Padang selalu kuat dengan bumbu dan rempah-rempahnya. Pangek tuna cenderung memiliki rasa pedas, manis, dan segar.

3. Ikan Gangan

Mengenang Bondan Winarno, Inilah 5 Makanan Maknyus Favoritnyaborukaro.com

Tak hanya alamnya yang cantik, Belitung memiliki kuliner yang wajib kamu cicipi. Salah satunya ikan gangan. Masakan ini menggunakan kemiri dan lengkuas, makanya rasanya begitu istimewa.

Memasak ikan gangan tidak menggunakan santan. Rasanya terdiri dari perpaduan asam, segar, dan pedas. Dagingnya sangat gurih, cocok sekali disantap dengan nasi.

Baca juga: Bondan Winarno Wafat, Dunia Kuliner Berduka

4. Mangut Kepala Manyung

Mengenang Bondan Winarno, Inilah 5 Makanan Maknyus Favoritnyayoutube.com

Masakan khas Juana, Jawa Tengah, ini terasa sangat pedas. Masakan ini diolah menggunakan 5 bahan. Yakni kepala ikan manyung, daging ikan manyung asap, buah tomat merah, minyak goreng, dan santan kelapa.

Mangut kepala manyung diolah menyerupai gulai Jawa. Meskipun terlihat aneh bentuknya, rasanya akan membuatmu ketagihan saat pertama kali mencicipinya.

5. Rujak Cingur

Mengenang Bondan Winarno, Inilah 5 Makanan Maknyus Favoritnyainfomakan.com

Sebagai orang asli Surabaya, kelezatan rujak cingur tak bisa diabaikan begitu saja. Pak Bondan sangat menyukai saladnya orang Jawa yang terdiri dari perpaduan rasa asam, pedas, dan manis ini.

Rujak cingur berisi beberapa jenis buah seperti timun, mentimun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong. Kemudian, ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah atau tauge, kangkung, dan kacang panjang.

6. Seberapa sering kamu mengikuti perjalanan kuliner Pak Bondan di TV? 

Itulah 5 masakan favorit Pak Bondan. Kesuksesannya di bidang kuliner menginspirasi banyak orang. Semoga Pak Bondan ditempatkan di sisi terbaik-Nya ya. Amiin.

Baca juga: Berani Coba Cicipi Saus 'Darah Setan' Terpedas di Dunia Ini?

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya