Comscore Tracker

Air Mineral Bisa Kedaluwarsa atau Tidak? Ternyata Ini Faktanya!

Cek tanggalnya di kemasan luarnya

Hampir semua makanan atau minuman memiliki masa kedaluwarsa. Air mineral pun begitu, kalau kamu perhatikan pada botol kemasannya, terdapat tanggal kedaluwarsa.

Pertanyaannya, apakah air mineral memang bisa kedaluwarsa? 

1. Air mineral tidak ada campuran bahan kimia

Air Mineral Bisa Kedaluwarsa atau Tidak? Ternyata Ini Faktanya!mannowhere.com

Air mineral kemasan diproduksi dari sumber mata air yang mengandung mineral tinggi. Biasanya air diambil dari bawah tanah yang dilindungi dari risiko pencemaran. Maka dari itu, air mineral mengandung zinc, zat besi, kalsium, dan magnesium.

Tidak ada ceritanya orang bisa sakit karena rajin mengonsumsinya. Setiap hari, kita dianjurkan untuk minum air sebanyak delapan gelas atau sekitar dua liter. 

2. Mengapa ada tanggal kedaluwarsa pada botolnya?

Air Mineral Bisa Kedaluwarsa atau Tidak? Ternyata Ini Faktanya!blog.usinadoseguro.com.br

Menurut Live Science, masa kedaluwarsa ini ditujukan untuk botol atau gelas plastik yang digunakan. Kemasan ini berisiko mengalami "kebocoran" yang mengakibatkan air terkontaminasi bahan kimia dalam botol. Dampaknya, rasa air mineral bisa berubah atau menimbulkan bau.

Kebocoran bisa terjadi karena botol sudah terlalu lama disimpan (lewat masa kedaluwarsa), botol rusak, terjemur di bawah matahari, atau diisi air panas.

3. Pemerintah mengharuskan ada tanggal kedaluwarsa pada semua bahan konsumsi

Air Mineral Bisa Kedaluwarsa atau Tidak? Ternyata Ini Faktanya!onegreenplanet.org

Di Indonesia, semua barang konsumsi harus mencantumkan tanggal kedaluwarsa. Hal ini sesuai Pasal 2 Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan:

  1. Setiap orang yang memproduksi atau menghasilkan pangan yang dikemas ke dalam wilayah Indonesia untuk diperdagangkan, wajib mencantumkan label di dalam dan atau di kemasan pangan.

  2. Pencantuman label sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan sedemikian rupa, sehingga tidak mudah lepas dari kemasannya, tidak mudah luntur atau rusak, serta terletak pada bagian kemasan pangan yang mudah untuk dilihat dan dibaca.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Ini Gak Boleh Disimpan di Freezer, Bisa Rusak!

4. Segera minum air mineral setelah botol dibuka

Air Mineral Bisa Kedaluwarsa atau Tidak? Ternyata Ini Faktanya!healthline.com

Intinya, air mineral sebenarnya tidak punya masa kedaluwarsa. Namun, karena adanya faktor botol plastik sebagai bahan kemasannya, hal ini bisa mengakibatkan rusa dan kualitas air mineral rusak. Maka dari itu, sebaiknya segera habiskan air mineral sesaat setelah dibuka.

Air berpotensi terpapar debu atau kuman yang menyebabkan rasanya rusak. Selain itu, rasa air juga kurang segar ketika botol dibuka empat hingga enam hari setelahnya.

5. Kurangi botol pastik dengan membawa tumbler

Air Mineral Bisa Kedaluwarsa atau Tidak? Ternyata Ini Faktanya!lonelyplanet.com

Dibandingkan botol plastik, tumblr bisa menjadi salah satu solusi terbaik menyimpan air mineral. Botolnya bisa digunakan berulang kali, sehingga ramah lingkungan. Kamu pun bisa berkontribusi serta mengurangi sampah plastik.

Tumblr aman dan nyaman dibawa ke mana saja, terutama yang sering bepergian. Apalagi sekarang banyak fasilitas publik yang menyediakan air gratis, jadi bisa lebih hemat, deh!

Baca Juga: Perbedaan Air Putih dan Air Mineral yang Harus Kamu Tahu

yummy-banner

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya