Comscore Tracker

Fakta Mengejutkan di Balik Kelezatan Nutella, Masih Mau Makan?

Enak sih tapi....

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar kata Nutella? Kita pasti langsung teringat selai cokelat yang paling lezat. Ya gak? 

Nutella merupakan salah satu selai paling populer dan terlaris di dunia. Hal ini terbukti pada 2009, Nutella dilaporkan menjadi peringkat ketiga yang paling disukai di Facebook. Penggemarnya ada lebih dari 30 juta orang. Bahkan, satu toples Nutella terjual setiap 2,5 detik di seluruh dunia. 

Nutella memang terlihat lezat, tapi apakah kamu tahu kandungan di dalamnya?

Fakta Mengejutkan di Balik Kelezatan Nutella, Masih Mau Makan?twitter.com/M_UmmSalih

Dilansir dari Reddit.com, komposisi Nutella dibuat The Consumer Center yang tergabung dalam peneliti P&K di Chicago, Amerika Serikat. Ternyata, Nutella hanya mengandung lima bahan, yakni minyak kelapa sawit, kakao, hazelnut, susu bubuk skim, dan gula.

Nutella selalu memposisikan rasa “hazelnut spread with skim milk and cocoa”. Faktanya, kandungan gula lebih banyak sekitar 55 persen, sedangkan hazelnutnya hanya sekitar 14 persen.

Menanggapi hal tersebut, Ferrero perusahaan yang membuat Nutella mengklarifikasi. 

"Salah satu pedoman gizi utama di (perusahaan) Ferrero adalah porsi kecil membantu orang-orang menikmati makanan favorit mereka secukupnya. Pemberian label pada semua produk kami memungkinkan konsumer paham sebelum memilih, bahwa Nutella dapat dinikmati sebagai bagian dari pola makan seimbang."

Baca juga: 5 Resep Olahan Cheetos yang Super Enak, Mau Coba Gak?

Jadi, bagaimana menyikapi kandungan gizi pada Nutella?

Fakta Mengejutkan di Balik Kelezatan Nutella, Masih Mau Makan?youtube/Mr. Elvey

Nutella mengenalkan produknya sebagai pendamping sarapan yang sehat. Artinya, jika kamu hanya mengonsumsi roti tawar isi Nutella, itu hanya akan menambah asupan gula dan lemak di sarapanmu.

Menurut Fatsecret.co.id, satu porsi Nutella mengandung sekitar 82 kalori. Adapun rinciannya 53 persen lemak, 42 persen karbohidrat, dan 5 persen protein. Kamu harus berjalan selama 28 menit atau bersepeda selama 15 menit untuk membakar kalori dari satu sendok teh Nutella. 

Dampak minyak kelapat sawit dalam komposisi yang terkandung pada Nutella.

Fakta Mengejutkan di Balik Kelezatan Nutella, Masih Mau Makan?eco-business.com

Tak hanya pada Nutella, beberapa produk yang menggunakan minyak kelapa sawit harus memiliki tanggung jawab terhadap Green Palm Sustainability di atas.

Menurut The Huffington Post, puluhan ribu orang utan telah terbunuh atau terluka selama 20 tahun terakhir karena perkebunan kelapa sawit yang telah ditempatkan di hutan. Selain itu, minyak kelapa sawit bisa membahayakan konsumen pada suhu tertentu karena dapat menyebabkan kanker.

Namun, produsen Nutella Ferrero mengatakan bahwa penggunaan perusahaan minyak kelapa sawit dalam produk hazelnut dijamin aman.

Terlepas dari itu semua, harus diakui Nutella memang menjadi salah satu pilihan selai lezat. Gimana menurutmu? Yuk, saling share pendapat di kolom komentar. 

Baca juga: 8 Makanan Impor di Indonesia Ini Enak Banget, Halal Gak ya?

yummy-banner

Topic:

Just For You