Comscore Tracker

Hotel Accor Jawa Timur Hadirkan Menu Khas Madura, Ini Harganya

Rasanya autentik dengan standar internasional

Selain wisata alam, kulineran di Indonesia menjadi kegiatan wajib yang tak boleh dilewatkan. Banyak makanan tradisional yang lezat dan punya cerita menarik di dalamnya. Misalnya, seperti nasi serpang khas Bangkalan, Madura.

"Nasi Serpang berasal dari Dusun Serpang, dulunya merupakan bekal makanan yang resepnya telah diwariskan secara turun temurun," tutur Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron, kepada awak media di Grand Mercure Surabaya City, hari ini (13/1).

Berdasarkan data terbaru dari dinas kebudayaan dan pariwisata Jawa Timur, wisata kuliner mengambil peran sebanyak 30 persen.

"Di Jawa Timur, ada sekitar 5400-an usaha makan dan minum. Ini sangat bagus sebagai poin penting untuk diangkat dalam sektor pariwisata, terutama yang lokal," kata perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Suriawan. 

Senada dengan hal itu, Accor Hotels Indonesia pengin mengenalkan kuliner Nusantara melalui Culinary Journey East Java 2020.

1. Culinary Journey East Java 2020 mengusung tema kuliner Madura

Hotel Accor Jawa Timur Hadirkan Menu Khas Madura, Ini HarganyaSuasana pembukaan Culinary Journey East Java 2020. (IDN Times/Reza Iqbal)

Mengawali 2020, Accor Hotels Jawa Timur kembali menggelar Culinary Journey East Java untuk kelima kalinya. Dimulai pada hari ini, mereka akan mengangkat kuliner khas di Jawa Timur di setiap periodenya.

Semua hotel di bawah naungan Accor Hotels Jawa Timur sepakat untuk mengangkat tema Madura. Dua menu andalannya, yakni nasi Madura dan wedang kobbhu.

"Selama periode ini, 10 hotel Accor di Jawa Timur akan punya menu sama yang mengangkat kearifan lokal Madura, khususnya Bangkalan," ucap General Manager Grand Mercure Surabaya City Rachmad Suwardi.

Hotel Accor Jawa Timur Hadirkan Menu Khas Madura, Ini HarganyaWedang kobbhu', salah satu menu Culinary Journey East Java 2020. (IDN Times/Reza Iqbal)

Nasi Madura menjadi menu andalan, karena inilah salah satu kuliner khas Pulau Garam. "Menu ini identik dengan jeroan, terdapat paru sapi, usus sapi, empal daging, serundeng, hingga cumi hitam sebagai ciri khas utamanya," ucap Executive Chef Hotel Majapahit, Dibyo.

Sedangkan wedang kobbhu' merupakan salah satu minuman segar yang cukup unik. Bahannya memadukan irisan daging kelapa muda, air kelapa, dan gula merah yang dicampur dengan serai.

2. Menu Culinary Journey East Java 2020 digarap 10 koki sekaligus

Hotel Accor Jawa Timur Hadirkan Menu Khas Madura, Ini HarganyaSuasana pembukaan Culinary Journey East Java 2020. (IDN Times/Reza Iqbal)

Banyak pihak yang bekerja sama dalam menyukseskan Culinary Journey East Java 2020. Di antaranya termasuk 10 koki eksekutif tiap hotel Accor di Jawa Timur.

"Rasanya dibuat seautentik mungkin dengan standar internasional," tutur General Manager Novotel Samator Surabaya Timur, Chairuddin Langkat.

Hotel Accor Jawa Timur Hadirkan Menu Khas Madura, Ini HarganyaMenu Culinary Journey East Java 2020. (IDN Times/Reza Iqbal)

Culinary Journey East Java 2020 menjadi sebuah momentum supaya pengunjung yang datang akan mencoba cita rasa di daerah asalnya.

"Mereka akan punya sebuah kenangan mengenai kelezatan kuliner khas untuk kembali mencoba di daerah asalnya, yakni Madura," ucap General Manager Hotel Majapahit, Alessandro Migliore.

Baca Juga: JW Marriott Surabaya Hadirkan Menu Spesial Imlek, Ada Diskon 20 Persen

3. Harganya murah dibanding hotel bintang lima lainnya

Hotel Accor Jawa Timur Hadirkan Menu Khas Madura, Ini HarganyaCumi hitam, salah satu menu Culinary Journey East Java 2020. (IDN Times/Reza Iqbal)

Harga menu di Culinary Journey East Java 2020 dibanderol Rp75 ribu. "Harga ini termasuk murah, dibanding hotel bintang lima lainnya. Biasanya mereka akan mematok harganya sekitar Rp100 ribuan," tutur Rachmad.

Selagi menikmati hidangan, kamu juga bisa menikmati berbagai kenyamanan dan fasilitas hotel. Kamu bisa mendatangi Hotel Accor Jawa Timur terdekat di daerahmu.

Baca Juga: Pesan Hotel untuk Mengungsi dari Banjir, Dapat Diskon Rp200 Ribu 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya