Comscore Tracker

Ternyata Begini Kandungan dalam Susu Bubuk, Yakin Masih Mau Minum?

Wah, padahal minum tiap pagi

Susu merupakan sumber nutrisi yang baik untuk semua orang. Susu segar punya berbagai nutrisi penting. Di antaranya protein, kalsium, fosfor, vitamin A, dan vitamin D.

Menurut ilmuwan nutrisi Matthew Lantz Blaylock, susu merupakan nature’s perfect food. Setiap harinya kita dianjurkan untuk minum susu 2-3 gelas setiap harinya.

“Ada banyak manfaat bagi orang yang suka minum susu. Seperti kesehatan tulang, gigi, mencegah diabetes, mengendalikan tekanan darah, menjaga berat badan, dan anti kanker,” kata Matthew.

Sudahkah kamu minum susu sapi setiap hari?

Ternyata Begini Kandungan dalam Susu Bubuk, Yakin Masih Mau Minum?healthyfitnatural.com

Tercatat kebutuhan susu nasional sekitar 3,7 ton susu segar, tapi pasokan dalam negeri hanya mampu 23 persen. Sisanya diimpor dari Selandia Baru, Thailand, Amerika Serikat, dan Eropa yang didominasi susu bubuk.

“Setiap proses pengolahan susu segar menjadi susu bubuk itu hanya merusak kandungan yang ada di dalamnya. Apalagi susu kental manis yang banyak sekali mengandung gula,” ujar Matthew.

Ternyata Begini Kandungan dalam Susu Bubuk, Yakin Masih Mau Minum?facebook.com/greenfieldsmilkid

Manfaatnya sebagai minuman paling bermanfaat hanya didapat dari susu sapi segar yang telah diproses secara pasteurisasi.  Balita disarankan minum susu ASI hingga berusia 2 tahun.

Setelah itu, diperbolehkan minum susu sapi segar untuk membentuk kandungan kalsium sampai berusia 20 tahun.

Baca juga: Mengenal Peternakan Sapi Terbesar di Indonesia: Susu Bermula dari Sini

Apakah kamu salah satu orang yang terjebak iklan di media?

Ternyata Begini Kandungan dalam Susu Bubuk, Yakin Masih Mau Minum?IDN Times/Reza Iqbal

Seperti yang disinggung di atas, susu bubuk atau susu kental manis tidak dapat memberikan manfaat layaknya susu sapi segar. Parahnya di Indonesia, iklan-iklan susu menawarkan banyak manfaat dalam produknya, seperti menjadikan anak pintar, menolong osteoporosis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

"Itu hanya strategi marketing, misalnya susu yang mengandung Omega-3. Dalam kemasan memang ada kandungan tersebut, tapi itu sedikit sekali. Mereka tidak menjelaskan seberapa banyak Omega-3 yang memang dibutuhkan manusia," jelas Dr. Matthew.

Ternyata Begini Kandungan dalam Susu Bubuk, Yakin Masih Mau Minum?medicalnewstoday.com

Sama halnya dengan osteoporosis, setelah berusia 20 tahun ke atas, jumlah kalsium yang ada pada tubuh telah ditentukan. Maka dari itu, jika sudah ada tanda kekurangan kalsium, alangkah baiknya kita mencegahnya dengan minum susu sapi.

Bukan sebaliknya, setelah terkena osteoporosis kita baru semangat untuk minum susu.

Jadi, silakan direnungkan kembali, apakah kamu sudah benar dalam mengonsumsi susu? Sekali lagi, untuk mendapatkan manfaat yang baik, minumlah susu sapi segar.

Baca juga: Perang Kopi Susu Kekinian, Murah tapi Lebih Enak dari Starbucks

Topic:

  • Dewi Suci R.

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 17:45:06

Progress: 768.696 dari 813.350 TPS (94.50987%)

Just For You