Comscore Tracker

10 Keuntungan Makan Kurma Saat Buka Puasa, Gak Ada Kata Lemas

#RamadanMasaKini Tapi ingat, tetap batasi jumlah konsumsinya

Saat Ramadan, kurma menjadi primadona utama. Bukan tanpa alasan kurma populer di kalangan umat muslim, terutama saat bulan puasa.

Hal ini dikarenakan Rasulullah SAW menganjurkan memakan kurma saat berbuka. Selain cepat kenyang, ternyata kurma memiliki banyak manfaat, lho! Di antaranya seperti di bawah ini:

1. Sumber energi yang baik

10 Keuntungan Makan Kurma Saat Buka Puasa, Gak Ada Kata Lemasgeoaesthetics.sg

Inilah salah satu alasan mengapa dianjurkan makan kurma saat buka puasa. Buah berwarna cokelat ini bisa menjadi sumber energi bagi tubuh, karena mengandung gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

2. Melancarkan pencernaan

10 Keuntungan Makan Kurma Saat Buka Puasa, Gak Ada Kata Lemaswikihomenutrition.com

Kurma mengandung serat larut dan serta asam amino yang bisa merangsang proses pencernaan lebih baik. Dampaknya, pergerakan usus bisa lebih sehat dan melancarkan pergerakan makanan melalui usus.

Jika kamu ada masalah seperti sembelit, cobalah rendam kurma di dalam air semalaman. Selanjutnya, kamu tinggal mengonsumsinya saat sahur atau pagi hari.

3. Kurma bisa menjaga kesehatan tulang

10 Keuntungan Makan Kurma Saat Buka Puasa, Gak Ada Kata Lemasnetdna-ssl.com

Adanya kandungan mineral dalam kurma bisa dimanfaatkan untuk memerkuat tulang. Efek panjangnya akan membuatmu bisa terhindari dari tulang keropos atau osteoporosis.

Di samping itu, kurma juga mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang bisa berdampak terhadap kesehatan tulang. 

4. Membantu mengobati anemia

10 Keuntungan Makan Kurma Saat Buka Puasa, Gak Ada Kata Lemashealthynakeddates.com

Selain untuk tulang, kandungan mineral kurma juga bermanfaat mengatasi anemia atau kurang darah. Kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi berperan sebagai komponen penting di dalam sel darah merah.

Makanya kurma bisa membantu proses pembentukan sel darah merah, serta meningkatkan energi dan kekuatan yang bisa menghilangkan rasa lelah.

5. Memperbanyak ASI

10 Keuntungan Makan Kurma Saat Buka Puasa, Gak Ada Kata Lemascompletehealthnews.com

Banyaknya stok kurma di pasaran bisa dimanfaatkan bagi para ibu yang baru saja melahirkan. Sebab, kurma mengandung zat besi dan kalsium yang sangat baik untuk air susu ibu (ASI).

Bisa juga menjadi salah satu sumber makanan untuk memulihkan badan setelah melahirkan. Hal ini juga sangat bisa baik bagi perkembangan bayi yang sedang menyusui.

6. Obat alami menghadapi alergi

10 Keuntungan Makan Kurma Saat Buka Puasa, Gak Ada Kata Lemastheculturetrip.com

Tak banyak buah yang mengandung belerang organik seperti kurma. Kandungan ini dipercaya mampu mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.

Menurut sebuah penelitian, senyawa sulfur organik dapat memberikan dampak positif bagi sejumlah penderita alergi musiman atau seasonal alergic rhinitis (SAR).

Baca Juga: 5 Resep Olahan Kurma untuk Buka Puasa, Badan Jadi Langsung Segar

7. Menjaga kesehatan sistem saraf

10 Keuntungan Makan Kurma Saat Buka Puasa, Gak Ada Kata Lemassmithsonianmag.com

Kurma memiliki banyak vitamin. Salah satunya vitamin B yang baik dalam menjaga fungsi sistem saraf. Ada pula kalium yang menjadi bahan utama mempromosikan sistem saraf yang sehat dan responsif.

Kabar baiknya, kurma menjadi buah alami yang bisa mencegah gejala pikun. Jika teratur mengonsumsinya, pikiranmu akan tetap tajam meski usia terus bertambah.

8. Membantu merawat kulit

10 Keuntungan Makan Kurma Saat Buka Puasa, Gak Ada Kata Lemashealthyfoodhouse.com

Vitamin lainnya yang bisa kamu dapatkan antara lain vitamin C dan D. Vitamin ini berpengaruh terhadap daya elastisitas kulit.

Gak heran kalau kurma bisa membuat kulitmu lebih halus. Spesialnya lagi, kurma bisa dikonsumsi untuk mencegah penuaan dini dan akumulasi melanin dalam tubuh.

9. Membantu menjaga kesehatan jantung

10 Keuntungan Makan Kurma Saat Buka Puasa, Gak Ada Kata Lemasthechampatree.in

Mengonsumsi kurma yang telah direndam juga bisa membantu menyehatkan jantung. Sebab, kurma mengandung potasium yang telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Disarankan mengonsumsi kurma setidaknya dua kali dalam sepekan. 

10. Kaya nutrisinya

10 Keuntungan Makan Kurma Saat Buka Puasa, Gak Ada Kata Lemasunsplash.com/Ella Olsson

Kurma terbukti kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain yang telah disebutkan di atas, kurma mengandung protein, magnesium, tembaga, mangan, vitamin B6, vitamin K, folat, antioksidan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi gak ada ruginya kamu mengonsumsi kurma setiap hari. Baik itu kurma kering atau basah, kandungan di dalamnya hampir tidak ada bedanya. Namun, batasi jumlahnya. 

Kita hanya disarankan makan kurma maksimal tiga biji per hari. Sebab, kurma mengandung kalori, karbohidrat, dan gula yang tinggi. Kalau berlebihan, kamu justru bisa terkena diabetes dan obesitas.

Itulah 10 manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi kurma. Tetap batasi jumlahnya ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya