Comscore Tracker

10 Makanan Khas Kutai Kartanegara yang Paling Enak

Semuanya bikin ngiler, gengs!

Setelah melakukan kajian secara mendalam, akhirnya Presiden Joko Widodo mengumumkan lokasi ibu kota baru. Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, akan menggantikan Ibu Kota Jakarta.

Bukan tanpa alasan Presiden Jokowi memilih dua kawasan tersebut. Lokasinya cukup strategis dan potensi di berbagai bidangnya cukup kaya, termasuk dalam hal kulinernya.

Setelah membahasnya, berikut ini IDN Times kasih beberapa rekomendasi makanan khas Kutai Kartanegara yang bisa jadi tujuan kulineranmu.

1. Sate payau

10 Makanan Khas Kutai Kartanegara yang Paling Enakinstagram.com/addepe.eat

Belum afdal ke Kukar kalau kamu belum nyobain sate payau. Bukan sapi atau ayam, daging yang digunakan adalah rusa. Bumbunya menggunakan kacang dan kecap yang sedap. Mantap abis!

2. Nasi bakepor

10 Makanan Khas Kutai Kartanegara yang Paling Enakinstagram.com/yulianamenjoi

Awalnya, nasi bakepor jadi menu khas orang kerajaan Kutai Kartanegara. Sekarang, kuliner mirip nasi uduk ini bisa dinikmati siapa saja. Rasa rempahnya yang kaya menjadi daya tarik utamanya.

Spesialnya dari nasi bakepor terletak pada sambalnya. Sensasi pedasnya akan membuat nafsu makanmu semakin meningkat.

3. Bobongko

10 Makanan Khas Kutai Kartanegara yang Paling Enakinstagram.com/afifaturrodiyah86

Kue basah ini biasanya disajikan untuk acara penting, seperti pernikahan atau ritual besar. Warnanya hijau, teksturnya lembut, dan kenyal. Rasanya gurih, memadukan tepung, santan encer, gula pasir, dan garam.

4. Sayur asam Kutai

10 Makanan Khas Kutai Kartanegara yang Paling Enaksajiansedap.grid.id

Kutai punya sayur spesial dengan ikan gabus sebagai bahan utamanya. Kepalanya dibelah, dilumuri garam, dan air jeruk nipis. Setelah itu, dimasukkan ke dalam kuah berbumbu bersama asam sunti dan bahan lainnya.

5. Rabo ruan

10 Makanan Khas Kutai Kartanegara yang Paling Enaksajiansedap.grid.id

Olahan ikan gabus lainnya adalah rabo ruan. Ikan gabus disuwir-suwir setelah dikukus setengah matang. Terakhir, suwiran ikan dicampur bawang merah, bawang putih, cabai, gula merah, ketumbar, dan bumbu lainnya.

Bentuk rabo ruan mirip abon, tapi rasanya beda. Sekali gigit, kamu bakal langsung jatuh cinta!

6. Gegicak

10 Makanan Khas Kutai Kartanegara yang Paling Enakinstagram.com/mirantipurwaningsih

Gegicak punya tekstur kenyal dan lembut. Terbuat dari tepung beras ketan putih dan rasanya manis. Perpaduan parutan kelapa dan saus gula merahnya pas banget.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Penajam Paser Utara Sebagai Rekomendasi Kulineran Enak

7. Amparan tatak

10 Makanan Khas Kutai Kartanegara yang Paling Enakinstagram.com/cakedankue

Amparan tatak kerap hadir pula di acara-acara penting di Kalimantan Timur. Makanan ini juga dibuat dari tepung beras dan santan. Mirip dengan kue pisang, tapi porsinya lebih besar lagi.

8. Pisang gapit

10 Makanan Khas Kutai Kartanegara yang Paling Enakinstagram.com/nevadrianadewi

Dari namanya, mungkin kita sudah terbayang rupanya. Pisang gapit cukup populer sebagai makanan jalanan yang harus dicoba. Pisang dipanggang sambil digapit, lalu dipencet sampai pipih, dan dicampur saus tertentu.

9. Amplang

10 Makanan Khas Kutai Kartanegara yang Paling Enakinstagram.com/amplang_cemilan_samarinda

Amplang ini cukup populer sebagai oleh-oleh khas Kalimantan, termasuk di kawasan Kukar. Umumnya amplang terbuat dari berbagai jenis ikan. Rasanya gurih dan enak, pas untuk camilan atau pelengkap makan nasi.

10. Roti pisang

10 Makanan Khas Kutai Kartanegara yang Paling Enakinstagram.com/rpbanjar

Selain pisang gapit, ada pula roti pisang yang punya bentuk bulat pipih. Makanan manis ini punya diameter 10 cm dan ketebalan 1-2 cm. Semakin menggugah selera karena teksturnya empuk.

Nah, itulah 10 kuliner atau makanan khas Kabupaten Kutai Kartanegara yang bisa kamu coba. Duh, langsung bikin ngiler ya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Kutai Kartanegara, Si Ibu Kota Baru

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You