Comscore Tracker

7 Makanan Praktis Ini Bisa Dibawa Saat Liburan di Bulan Ramadan, Enak!

#RamadanMasaKini Gak perlu dimasak lagi

Bepergian saat Ramadan menjadi hal tabu bagi sebagian orang. Sebab, tantangan lebih banyak, terutama soal berburu menu sahur atau buka.

Meski demikian, jangan dijadikan alasan tersebut untuk kita tidak berpuasa. Bahkan kalau kamu di antah-berantah sekali pun, ada beberapa cara supaya tetap bisa menjalankan puasa dengan baik.

Salah satunya dengan membawa beberapa makanan praktis seperti di bawah ini:

1. Abon

7 Makanan Praktis Ini Bisa Dibawa Saat Liburan di Bulan Ramadan, Enak!ramesia.com

Abon bisa bertahan selama sepekan dalam suhu ruangan. Kalau kamu membawa kotak pendingin, abon bisa disimpan selama sebulan. Pilihannya pun beragam, mulai dari abon sapi, udang, ayam, ikan, dan lain-lain.

Abon praktis di bawa ke mana saja. Meski tidak sekenyang makan daging yang sebenarnya, abon bisa menjadi solusi saat sedang bepergian.

2. Sandwich

7 Makanan Praktis Ini Bisa Dibawa Saat Liburan di Bulan Ramadan, Enak!wildfoodblog.com

Kalau hanya bepergian dalam waktu sekejap, kamu bisa menjadikan sandwich sebagai bekal terbaik. Menu ini bisa memberikan nutrisi dan kalori seimbang, tergantung bahan yang kamu gunakan.

Normalnya, sandwich hanya bisa bertahan dua hari. Lebih dari itu, sandwich akan lembek dan bau. Jika kamu memakai saus, lebih baik dipisah, supaya bisa tahan lebih lama.

3. Salad

7 Makanan Praktis Ini Bisa Dibawa Saat Liburan di Bulan Ramadan, Enak!barefeetinthekitchen.com

Selama berpuasa, tubuh kita akan dehidrasi. Oleh karena itu butuh makanan atau minuman untuk mengembalikan cairan dan energi. Salah satunya dengan makan salad.

Layaknya sandwich, salad bisa jadi menu sahur atau berbuka dengan gizi terjamin. Kalau membawa salad, pastikan kamu menyimpannya dalam wadah tertutup dan pisahkan dressing-nya. Supaya proses oksidasinya bisa diperlambat, kamu bisa menambahkan perasaan jeruk lemon.

4. Buah atau sayur

7 Makanan Praktis Ini Bisa Dibawa Saat Liburan di Bulan Ramadan, Enak!blog.hiltongrandvacations.com

Kalau malas mengolah makanan, kamu bisa membawa buah-buahan yang menyehatkan. Ada beberapa jenis buah sehat yang akan mengatasi rasa laparmu ketika berpuasa.

Beberapa di antaranya seperti semangka, anggur, pisang, blueberry, jeruk, wortel, dan mentimun. Anggur dan jeruk misalnya.

Buah tersebut mengandung banyak air yang dibutuhkan selama puasa. Sedangkan, pisang bisa bertahan lama dan dinilai bagus untuk mengatasi rasa lapar. Pastikan kamu menyimpannya dengan baik supaya tidak hancur tertimpa benda lain.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Ampuh Usir Bau Mulut Saat Berpuasa, Napas Segar Seharian

5. Kering tempe

7 Makanan Praktis Ini Bisa Dibawa Saat Liburan di Bulan Ramadan, Enak!.flickr.com/saccaindah

Layaknya abon, kering tempe juga praktis dibawa saat liburan. Harganya relatif murah dan rasanya pun nikmat. Simpanlah di dalam wadah kedap udara agar kering tempe bisa bertahan lama.

Karena ada cita rasa manisnya, kering tempe akan membantu meningkatkan asupan gula. Hal ini bisa menjadi sumber energi saat kamu berpuasa.

6. Ransum

7 Makanan Praktis Ini Bisa Dibawa Saat Liburan di Bulan Ramadan, Enak!threadreaderapp.com

Buat kamu yang sering berkemah, pasti sudah tak asing lagi dengan makanan ini. Ransum atau makanan ala TNI ini jadi alternatif tepat untuk berpetualang.

Ransum ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan, karena kemasan kedap udaranya sangat bagus. Rasanya gak buruk-buruk banget, kok. Kalau ingin memanaskannya, tersedia paket pembelian ransum yang sudah dilengkapi peralatan memadai.

7. Dendeng

7 Makanan Praktis Ini Bisa Dibawa Saat Liburan di Bulan Ramadan, Enak!veroathome.com

Pilihan menu sahur atau berbuka praktis yang terakhir adalah dendeng. Makanan khas Sumatera Barat ini biasanya diolah dengan bumbu pedas menjadi dendeng balado. Terdapat dua jenis dendeng, yakni basah dan kering.

Dendeng kering irisannya lebih tipis, sehingga teksturnya renyah dan garing. Sedangkan, dendeng basah memiliki potongan yang lebih tebal. Di samping rasanya yang nikmat, dendeng bisa bertahan lama dan langsung disantap.

Itulah beberapa makanan praktis yang lezat untuk dibawa bekal selama dalam perjalanan. Daripada makan mie instan terus, gak ada salahnya menyantap makanan yang lebih sehat di atas, ya kan?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You