Comscore Tracker

10 Makanan yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai Negara

Kamu paling suka yang mana?

Makanan bukan hanya untuk mengenyangkan perut kita saja. Beberapa orang percaya kalau makanan juga bisa membawa keberuntungan.

Melansir dari tripsavvy.com, inilah 10 makanan yang dipercaya membawa keberuntungan dari berbagai negara.

1. Anggur

10 Makanan yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai NegaraUnsplash.com/Maja Petric

Warga Spanyol dan Portugal percaya anggur bisa memberikan keberuntungan. Makan 12 buah menjadi simbol supaya 12 bulan ke depan bisa mendapatkan nasib baik.

2. Sayuran hijau

10 Makanan yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai Negaraen.decorexpro.com

Sayuran hijau menjadi lambang rezeki melimpah di Amerika Serikat, Jerman, dan Irlandia. Warnanya yang menyerupai mata uang mereka menjadi salah satu alasannya. Makan banyak sayuran membuat mereka percaya akan banyaknya rezeki.

3. Mi

10 Makanan yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai Negaralivejapan.com

Orang Tiongkok percaya mi bisa membuat mereka punya usia yang panjang. Mereka punya cara unik untuk menyantapnya, terutama saat Imlek. Mi disantap secara utuh tanpa putus, dan tidak dipotong atau digigit. 

Orang Jepang juga punya mi spesial sebagai simbol umur panjang. Mereka menyajikan soba dengan kuah kaldu dashi yang hangat, rumput laut, kamaboko atau kue ikan, telur, dan saus kedelai gurih.

4. Onigiri

10 Makanan yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai Negarainstagram.com/kumpu06_

Selain soba, orang Jepang punya onigiri yang menjadi simbol keberkahan dan keberuntungan. Bentuknya yang segitiga menyerupai sebuah gunung pun dianggap spesial. Bagi mereka, gunung merupakan tempat sakral, karena menjadi rumah para Dewa.

5. Donat

10 Makanan yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai Negarablog.allpsych.com

Beberapa orang di Eropa dan Amerika menanggap donat sebagai pembawa keberuntungan. Bentuknya yang bulat melambangkan nasib baik yang tidak akan pernah putus. 

6. Jeruk

10 Makanan yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai Negarahealthline.com

Jeruk mandarin melambangkan emas. Warna oranyenya menjadi simbol keberuntungan dan kemakmuran yang dipercayai orang Tiongkok.

Baca Juga: 10 Makanan Enak yang Bisa Membuat Kulit Lebih Sehat dan Cerah

7. Delima

10 Makanan yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai NegaraPexels/Pixabay

Di Turki, buah yang dianggap membawa keberuntungan adalah delima. Semakin banyak potongan yang dipecahkan, maka akan semakin banyak keberuntungan yang didapatkan tahun ini.

8. Ketupat

10 Makanan yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai Negaraoneheartcharity.com

Saat Lebaran, kamu mungkin melihat beberapa orang yang menggantungkan ketupat di depan pintu. Konon, kebiasaan ini berawal dari Sunan Kalijaga saat mulai mengenalkan Islam di Pulau Jawa. Ketupat menjadi simbol keberuntungan saat merayakan Lebaran.

9. Tteokguk

10 Makanan yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai Negaraseonkyounglongest.com

Tteokguk asal Korea Selatan ini merupakan sup dengan potongan kue beras. Makanan ini melambangkan keberuntungan dan mewakili bertambahnya usia. 

10. Kacang lentil

10 Makanan yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai Negarawikipedia.org

Orang Brasil percaya kalau kacang-kacangan dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Kacang lentil akan mengembang saat dicampur dengan air yang dianggap simbol kekayaan. Bentuknya yang seperti koin menjadi alasan tersendiri bagi mereka. 

Itulah 10 makanan yang dianggap membawa keberuntungan di seluruh dunia. Kalau kamu pribadi, apakah punya makanan keberuntungan tersendiri?

Baca Juga: 9 Makanan Tiongkok yang Memiliki Makna Tersembunyi, Ada Favoritmu?

yummy-banner

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya