Comscore Tracker

Melon di Jepang Ini Harganya Mencapai Rp656 Juta, Tertarik Membelinya?

Bisa buat beli rumah di kota, nih

Di Indonesia, rata-rata harga melon yang dijual tidak akan sampai Rp100 ribu per kilogram. Kalau lagi beruntung, mungkin kamu bisa membeli melon jenis golden seharga Rp85 ribu per kilonya. 

Namun, lain ceritanya kalau ke Jepang. Di sana kamu bisa menemukan melon Yubari yang harganya mencapai Rp656 juta pada tahun ini.

1. Penjualan melon Yubari pecahkan rekor termahal pada 2017

Melon di Jepang Ini Harganya Mencapai Rp656 Juta, Tertarik Membelinya?japantimes.co.jp

Melansir dari Japantimes.co.jp, sebuah perusahaan asal Tokyo,  Pokka Sapporo Food & Beverage, berhasil memenangkan lelang melon Yubari di pasar grosir Sapporo. Pada lelang pertama musim ini, sepasang melon hibdrida asal Yubari, Hokkaido, terjual dengan harga 5 juta Yen atau sekitar Rp656 juta. 

Harga tersebut memecahkan rekor penjualan pada 2017 yang dibeli seharga 3 juta Yen atau sekitar Rp394 juta. Rencananya melon akan dipamerkan selama 10 hari di Sapporo Dome dan Bandara New Chitose, Hokkaido.

https://www.youtube.com/embed/v31z33NMltk

Direktur Perusahaan Pokka Sapporo Food & Beverage, Yoshihiro Iwata, mengatakan dengan membeli melon tersebut, dia ingin memberikan sesuatu kepada kota asal perusahaannya. Selanjutnya, Pokka Sapporo Food & Beverage akan mengolah melon Yubari sebagai minuman spesial. 

2. Mengenal sekilas tentang melon Yubari

Melon di Jepang Ini Harganya Mencapai Rp656 Juta, Tertarik Membelinya?masaimara.cc

Melon Yubari sangat mahal di Jepang karena sarat sejarah di baliknya. Dulu, orang Jepang menggunakan melon ini sebagai hadiah perayaan Ochugen, sebuah budaya memberikan bingkisan saat musim panas kepada orang yang dihormatinya. 

Istimewanya lagi, melon ini dianggap sebagai simbol status di Jepang yang setara dengan wine terbaik. Meski demikian, tak sembarang orang bisa memperjualbelikannya secara bebas. Sejak 2015, Yubari dianggap sebagai melon yang dilindungi.

Melon di Jepang Ini Harganya Mencapai Rp656 Juta, Tertarik Membelinya?asia.nikkei.com

Bukan tanpa alasan, membudidayakan melon Yubari tidaklah mudah. Buah ini dihasilkan dari persilangan antara dua jenis melon, kemudian ditanam di rumah kaca.

Diperlukan perawatan yang khusus, supaya hasil panennya bisa berhasil. Maka dari itu, ada regulasi pembatasan produksi melon Yubari. Siapa pun yang melanggar aturan jual-belinya, maka akan menerima hukuman.

Baca Juga: 5 Menu di Restoran Ini Sebaiknya Gak Kamu Pesan, Terlalu Mahal

3. Cita rasa spesial yang dimiliki melon Yubari

Melon di Jepang Ini Harganya Mencapai Rp656 Juta, Tertarik Membelinya?hokkaido-sightseeing.com

Sekilas, Yubari hampir tak ada bedanya dengan melon pada umumnya. Bentuknya bulat dan memiliki warna kulit hijau muda. Perbedaannya hanya pada garis di permukaan kulitnya yang tampak lebih tebal.

Saat pertama kali menggigitnya, momen itulah yang akan membuatmu paham betapa istimewanya melon Yubari. Daging buahnya sangat lembut dan juicy. Rasanya pun manis dan menyegarkan.

Itulah alasan di balik mahalnya harga melon Yubari saat dilelang. Kalau kamu punya duit, kira-kira mau membelinya gak nih? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: 7 Resep Kreasi Olahan Semangka, Segar Banget untuk Buka Puasa!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya