Comscore Tracker

Perbedaan Air Putih dan Air Mineral yang Harus Kamu Tahu

Kembar tapi tetap berbeda

Secara sepintas, air mineral dan air putih memang terlihat sama. Namun, keduanya tetap memiliki perbedaan, lho! 

Nah, biar lebih paham, simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Sumber airnya berbeda

Perbedaan Air Putih dan Air Mineral yang Harus Kamu Tahuidahonews.com

Air putih biasanya didapatkan dari sungai, danau, atau sumber alami lainnya. Sedangkan, air mineral dihasilkan dari daerah yang mengandung mineral yang tinggi. Biasanya air mineral mengandung zinc, zat besi, kalsium, dan magnesium.

Maka dari itu, tidak semua air yang kita konsumsi bisa disamaratakan. Meski demikian, air putih masih bisa kita ubah menjadi air mineral. Kamu tinggal menambahkan nutrisi ke dalam air putih.

2. Air mineral memiliki banyak nutrisi

Perbedaan Air Putih dan Air Mineral yang Harus Kamu Tahuthoughtco.com

Berbeda dengan air putih, air mineral mengandung nutrisi yang melimpah. Air ini sangat bermanfaat bagi kamu yang memang pengin menjaga keseimbangan tubuh dan kesehatan. Efek sampingnya, ada rasa yang lebih kuat dibandingkan air putih yang relatif hambar.

3. Air mineral memiliki masa kedaluwarsa

Perbedaan Air Putih dan Air Mineral yang Harus Kamu Tahuvideoblocks.com

Air mineral memiliki masa kedaluwarsa. Menurut Live Science, masa kedaluwarsa ini disebabkan karena botol atau gelas plastik yang digunakan saat pengemasan mengalami "kebocoran" bahan kimia ke dalam air. Hal ini terjadi jika botol cacat karena adanya kerusakan atau sudah terlalu lama.

Kabar baiknya, jika hal itu terjadi, tidak akan berdampak secara signifikan terhadap orang dewasa. Efeknya lebih terasa jika diminum anak-anak atau balita, karena bisa mengganggu sistem hormon.

Solusinya, jika air mineralmu terasa memiliki bau aneh, sebaiknya jangan diminum. Segera habiskan air mineralmu sesaat setelah dibuka pertama kali. Hal ini untuk menghindari adanya perkembangan bakteri.

Baca Juga: 9 Kesalahan Memasak yang Bisa Bikin Makanan Beracun, Bahaya Banget!

4. Air mineral cenderung lebih sehat

Perbedaan Air Putih dan Air Mineral yang Harus Kamu Tahuhealthline.com

Air mineral alami biasanya didapatkan dari sumber air bawah tanah yang dilindungi dari risiko pencemaran. Biasanya terdapat kandungan garam mineral dalam takaran tertentu. Selanjutnya, air tersebut diolah dengan sedemikian rupa tanpa memberikan efek samping.

Sedangkan, air putih biasanya kita olah sendiri dengan cara dimasak. Bisa juga seperti di kota-kota maju yang memberikan fasilitas air gratis melalui air keran.

5. Air putih tetap bisa memberikan manfaat

Perbedaan Air Putih dan Air Mineral yang Harus Kamu Tahumedicalnewstoday.com

Minum air putih tetap bisa mengatasi dehidrasi dan menjaga tubuh agar tetap segar. Bahkan, dengan air putih saja, kamu bisa menggunakannya untuk detoksifikasi tubuh. Namun, kamu harus memastikan sumber airnya memang berkualitas. 

Untuk air mineral, tergantung merek yang ada di pasaran. Masing-masing memiliki keunikannya tersendiri, biasanya bisa membantu menjaga kulit, menjaga berat badan, membantu kinerja otot, dan lain-lain.

Nah, sekarang sudah tahu, kan perbedaan antara air putih dan air mineral? Kamu lebih sering minum yang mana nih?

Baca Juga: 4 Fakta Unik Jamur Truffle, Harganya Bisa Mencapai Miliaran Rupiah

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya