Comscore Tracker

5 Perbedaan Bihun dan Soun yang Harus Kamu Tahu, biar Gak Salah Masak

Kalau salah penggunaan, rasanya bisa terpengaruh

Bihun atau soun identik dengan soto, bakso, ketoprak, atau tahu campur. Keduanya tampak sama, warnanya putih dan bentuknya panjang tipis. Namun, sebenarnya bihun dan soun ini berbeda.

Berikut ini beberapa perbedaan antara bihun dan soun yang harus kamu tahu biar gak salah memilih.

1. Bahan dasarnya berbeda

5 Perbedaan Bihun dan Soun yang Harus Kamu Tahu, biar Gak Salah Masaknuts.com

Sama-sama mie putih, keduanya bisa dibedakan dari bahan pembuatannya. Bihun terbuat dari tepung beras. Sedangkan, soun terbuat dari pati kacang hijau.

Beberapa produsen menggunakan tepung jagung sebagai bahan bakunya. Ada pula yang menggunakan sagu sebagai bahan utama membuat soun. Tak jarang ada pula yang menggunakan pati kentang, ubi, atau singkong.

2. Karekteristik mienya terasa berbeda

5 Perbedaan Bihun dan Soun yang Harus Kamu Tahu, biar Gak Salah Masakbevcooks.com

Bahan baku tersebut memengaruhi tekstur dari masing-masing mie. Bihun cenderung kusam dan teksturnya mudah patah. Saat kering atau basah, karakter tersebut akan tetap sama.

Kalau soun masih kering, warnanya putih transparan, lentur, dan teksturnya lebih kuat. Saat matang, mie soun lebih tebal dan teksturnya jadi lebih kental dan licin. 

3. Perbedaan waktu memasak bihun dan soun

5 Perbedaan Bihun dan Soun yang Harus Kamu Tahu, biar Gak Salah Masakjapanesecooking101.com

Cara memasak bihun dan soun hampir sama, yakni dengan cara direndam air panas. Waktu yang dibutuhkan bihun cukup singkat, hanya sekitar 5-7 menit. Sedangkan soun, bisa memakan waktu 5-15 menit.

Baca Juga: 5 Perbedaan Mocktail dan Cocktail, Mana yang Mengandung Alkohol?

4. Kandungan nutrisi bihun dan soun

5 Perbedaan Bihun dan Soun yang Harus Kamu Tahu, biar Gak Salah Masakvittlemonster.com

Bihun seberat 180 gram mengandung 192 kalori, 44 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, dan 33 mg natrium (garam). Dalam porsi yang sama, soun punya 121 gram karbohidrat, 291 kalori, dan 14 mg natrium. Keduanya sama-sama sumber karbohidrat yang rendah lemak.

Walaupun sedikit, bihun dan soun juga mengandung vitamin. Terdapat vitamin B kompleks (niasin, riboflavin, dan folat) dan mineral (fosfor, kalsium, dan magnesium).

5. Nilai indeks glikemik soun lebih rendah

5 Perbedaan Bihun dan Soun yang Harus Kamu Tahu, biar Gak Salah Masakyoutube.com/ Poor Man's Gourmet Kitchen

Indeks glikemik pada soun hanya 39. Sedangkan, bihun nilai indeks glikemiknya 53. Nilai tersebut masih lebih rendah daripada nasi yang punya nilai 73. 

Jadi, mengganti nasi dengan bihun atau soun dianggap lebih sehat. Namun, tetap perlu diperhatikan cara memasaknya. Kalau kamu mengolahnya dengan cara digoreng, indeks glikemiknya akan meningkat.

Nah, sekarang sudah tahu, kan perbedaan antara soun dan bihun? Kamu lebih suka yang mana nih?

Baca Juga: 5 Perbedaan Mendasar Saus Mayones dan Mustard yang Harus Kamu Tahu

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You