Comscore Tracker

5 Tips Memasak Daging Bebek yang Enak dan Empuk, Gak Ada Lagi Bau Amis

Modal teliti dan sabar doang, kok!

Rasanya yang enak dan gurih jadi alasan utama kenapa daging bebek disukai banyak orang. Namun, sebagian orang masih kesulitan atau salah dalam mengolahnya, sehingga menyebabkan dagingnya alot dan amis. 

Mengolah daging bebek bisa dianggap susah-susah gampang. Kita hanya dituntut teliti dan sabar. Kamu bisa coba cara memasak daging bebek di bawah ini untuk mendapatkan rasa gurih, padat, empuk dan tidak amis.

1. Beli daging bebek yang segar

5 Tips Memasak Daging Bebek yang Enak dan Empuk, Gak Ada Lagi Bau Amisyoutube.com/villa teng

Daging yang keras biasanya didapat dari bebek yang masih muda atau sudah terlalu tua. Pilihlah daging yang berwarna putih, kakinya lunak, dan tidak amis. Kalau bisa, belilah daging bebek yang dadanya gemuk.

2. Buang bagian yang jadi sumber bau amis

5 Tips Memasak Daging Bebek yang Enak dan Empuk, Gak Ada Lagi Bau Amisnew.tedimex.bg

Sebelum dibersihkan, kamu bisa membuang kulit dan brutu (ekor) yang mengandung banyak minyak. Gosok bersih permukaan kulit dengan garam kasar, sehingga kulit arinya yang berwarna kekuningan terlepas.

Pastikan pula tidak ada sisa bulu yang menempel. Jangan lupa buang jeroan, supaya tidak ada lagi bau amis yang menyengat.

3. Cuci bersih dengan daun pepaya

5 Tips Memasak Daging Bebek yang Enak dan Empuk, Gak Ada Lagi Bau Amisspringfieldpoultry.co.uk

Setelah dipotong, bersihkan daging bebek dengan air mengalir. Tujuannya supaya sisa bulunya bisa benar-benar hilang. Kalau mau, kamu bisa sedikit membakarnya di atas api kecil.

Selanjutnya, cuci kembali daging bebek dengan menggunakan daun pepaya yang sudah dihaluskan. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih.

Kalau tidak ada daun pepaya, kamu bisa menggantinya dengan air cuka, jeruk nipis, atau garam. Rendam agak lama, sekitar sejam sebelum dibilas.

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Konsumsi Daging Bebek yang Wajib Kamu Tahu

4. Rebus daging bebek

5 Tips Memasak Daging Bebek yang Enak dan Empuk, Gak Ada Lagi Bau Amistastecooking.com

Sebelum diolah, rebus dulu daging bebek supaya bau amis hilang dan empuk. Bahan rebusannya terdiri dari kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar, bawang merah, dan bawang putih yang sudah dihaluskan.

Selama merebus, kamu bisa menambahkan daun jeruk, serai, daun salam, atau potongan nanas. Rebusnya bisa sejam saja. Kalau mau hasil maksimal, tunggu hingga 3-5 jam.

Balik daging setiap satu jam supaya bumbunya meresap. Periksa airnya, tambahkan lagi kalau sudah surut.

5. Diamkan semalaman sebelum digoreng

5 Tips Memasak Daging Bebek yang Enak dan Empuk, Gak Ada Lagi Bau Amisgressinghamduck.co.uk

Setelah direbus, diamkan dahulu selama semalam. Bisa disimpan di dalam lemari es atau panci tertutup. Setelah itu, bebek sudah siap untuk digoreng.

Jangan menggorengnya terlalu lama biar daging tidak keras atau rasanya kurang enak. Goreng hingga bagian luar terlihat garing saja. 

Itulah lima tips memasak daging yang enak dan empuk, gak ada lagi deh bau amis. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Nasi Bebek Enak di Surabaya, Hati-hati Bikin Kalap!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya