Comscore Tracker

Jangan Dibuang! 6 Ide Kreatif Manfaatkan Tempe Busuk

Walaupun busuk tapi bermanfaat lho!

Tempe busuk bagi sebagian orang memang menjijikkan. Tapi tunggu dulu, untuk yang sudah tau manfaatnya pasti gak rela dibuang, nih! Bahkan sebagian orang sengaja cari tempe busuk untuk diolah, lho!

Nah, walaupun namanya tempe busuk tapi tempe ini sebenarnya tidak mengalami pembusukan, hanya saja mengalami proses fermentasi lanjutan. Untuk kandungan gizi dalam tempe busuk juga memiliki antioksidan berupa genistein yang cukup tinggi, lho! Jadi buat kamu yang gak mau mubazir sama makanan satu ini, bisa coba 6 ide kreatif memanfaatkan tempe busuk sebagai berikut ini.

1. Olah tempe busuk menjadi kecap

Jangan Dibuang! 6 Ide Kreatif Manfaatkan Tempe Busukpixabay.com/publicdomainpictures

Memanfaatkan tempe busuk menjadi kecap memiliki nilai ekonomis dan nilai guna yang baik. Karena tempe busuk yang biasanya terbuang sia-sia, kini dapat diolah menjadi kecap, lho!

Kandungan gizi kecap ini pun tak kalah hebat dibanding yang terbuat dari kedelai murni. Karena kecap yang terbuat dari tempe busuk ini mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibanding kecap yang biasa, lho! Membuat kecap dari tempe ini pun mudah hanya dengan menambahkan gula, ketumbar, lengkuas, daun salam, garam, dan penyedap rasa dalam pembuatannya. Cita rasa yang dihasilkan kecap ini pun akan berbeda dari kecap biasa, lho!

2. Membuat sambal dari tempe busuk

Jangan Dibuang! 6 Ide Kreatif Manfaatkan Tempe BusukInstagram.com/edita_kitchen

Sebagian orang dari masyarakat Jawa biasanya mengolah tempe busuk menjadi sambal. Olahan yang satu ini biasanya dikenal dengan sebutan sambal tumpang. Hidangan yang satu ini memang terkenal dari Jawa.

Untuk kelezatan sambal tumpang ini dibutuhkan tempe busuk yang tingkat kebusukannya pas, jangan sampai terlalu busuk dan juga terlalu baru membusuk. Untuk pembuatannya pun sederhana, hanya membutuhkan cabai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, daun salam, gula, garam, lho!

3. Memanfaatkan tempe busuk sebagai pupuk

Jangan Dibuang! 6 Ide Kreatif Manfaatkan Tempe Busukpixabay.com/peggy_marco

Suka budidaya tanaman? Coba manfaatkan tempe busuk untuk pembuatan pupuk yang dapat menyuburkan tanah sekaligus tanamanmu. Hal ini bisa menghemat pengeluaran uang untuk membeli pupuk sekaligus menyuburkan tanah di rumahmu, lho!

Dalam pembuatannya yang sangat mudah ini pun hanya membutuhkan air sumur, gula Jawa, dan tempe busuk. Walaupun terkesan diremehkan tapi manfaat pupuk berbahan ini juga dapat mencegah efek gas rumah kaca, nih!

Baca Juga: Nagihnya Gorengan Tempe Mendoan Khas Banyumas, Mantap Betul!

4. Jadikan tempe busuk sebagai bahan masakan sayur

Jangan Dibuang! 6 Ide Kreatif Manfaatkan Tempe BusukInstagram.com/reseproemahan

Tempe busuk bagi beberapa orang dimanfaatkan sebagai olahan sayur. Salah satu yang terkenal yaitu sayur tempe bosok khas Pati.

Nah, dalam pembuatannya pun sama seperti masakan sayur lain. Dengan menggunakan bumbu-bumbu  bawang merah, bawang putih, cabai, salam, sereh, kencur, daun jeruk serta tambahan santan. Meskipun dari tempe busuk, tetapi masakan yang satu ini tetap enak dan bergizi, lho!

5. Jadikan tempe busuk sebagai penyedap rasa

Jangan Dibuang! 6 Ide Kreatif Manfaatkan Tempe BusukInstagram.com/seleramode

Tempe busuk memang memiliki aroma menyengat. Sebab itulah beberapa orang memanfaatkan tempe busuk sebagai penyedap dalam masakan sayur, lho!

Beberapa orang menggunakan tempe busuk sebagai pengganti MSG. Dan pada umumnya tempe busuk ini digunakan sebagai penyedap masakan sayur lodeh. Untuk yang penasaran rasanya, bisa coba sendiri di rumah masing-masing ya!

6. Gunakan tempe busuk sebagai umpan memancing

Jangan Dibuang! 6 Ide Kreatif Manfaatkan Tempe Busukpixabay.com/sasint

Buat yang hobi mancing, bisa coba gunakan tempe busuk untuk dijadikan umpan mancing, nih! Dengan menggunakan umpan tempe busuk diyakini sangat ampuh untuk memancing ikan sejenis ikan putihan, nilem, mas, wader, dan sebagainya.

Nah, cara pembuatannya pun sangat sederhana. Cukup lumatkan tempe busuk dengan campuran tepung terigu dan kuning telor. Cocok untuk yang suka memancing, agar tempe busuk tidak terbuang dan menjadi mubazir, lho!

Nah, itulah beberapa ide kreatif dalam memanfaatkan tempe busuk, dijamin jadi lebih berguna dan bernilai, lho! Kamu tertarik untuk coba yang mana nih?

Baca Juga: Resep Oseng Tempe Kecap Rumahan, Begini Cara Membuatnya yang Enak

Rina Sobarina Photo Verified Writer Rina Sobarina

Menulis adalah hobiku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya