Comscore Tracker

7 Tips Menggoreng Makanan agar Gak Mudah Gosong

Gak perlu khawatir lagi, deh!

Salah satu hal yang kita hindari saat menggoreng makanan adalah gosong. Selain tampilannya menjadi gak menarik dan rasanya menjadi gak enak, makanan gosong juga disebut-sebut mengandung zat karsinogenik yang berbahaya bagi kesehatan. 

Berikut ini tujuh tips menggoreng makanan yang bisa kamu coba supaya gak mudah gosong.

1. Gunakan nyala api sedang

7 Tips Menggoreng Makanan agar Gak Mudah GosongPexels.com/Torsten Dettlaff

Saat menggoreng makanan, kita mungkin akan menggunakan nyala api besar dengan harapan agar makanan tersebut cepat matang. Padahal, hal tersebut akan membuat suhu di dalam penggorengan menjadi terlalu panas sehingga makanan pun cepat gosong. Di sisi lain, makanan yang digoreng pun seringkali gak matang sempurna.

Meski gosong di bagian luar, bagian dalam makanan kurang atau bahkan belum matang. Selain itu, minyak yang terlalu panas pada nyala api besar juga dapat membentuk senyawa yang membahayakan kesehatan.

2. Masukkan makanan yang akan digoreng ke dalam minyak pada saat yang tepat

7 Tips Menggoreng Makanan agar Gak Mudah GosongUnsplash.com/Ashwini Chaudhary

Setelah menuangkan minyak goreng dan menyalakan api, perhatikan waktu yang tepat untuk memasukkan makanan yang akan digoreng. Hindari memasukkan makanan pada saat minyak terlalu panas karena hal tersebut akan menyebabkan bagian luar makanan menjadi gosong, namun bagian dalamnya masih mentah. Sebaliknya, hindari juga memasukkan makanan pada saat minyak belum cukup panas karena akan menyebabkan banyak minyak terserap ke dalam makanan dan hal itu gak baik untuk kesehatan.

Kamu bisa mengecek waktu yang tepat dengan cara memasukkan sedikit makanan ke dalam minyak yang sudah mulai panas. Bila makanan langsung tenggelam ke dalam minyak, itu berarti minyak masih kurang panas. Sebaliknya jika makanan langsung mengapung, berarti suhu minyak terlalu panas. Kondisi ideal adalah setelah makanan dicelupkan ke dalam minyak, makanan tersebut akan sedikit tenggelam ke dalam minyak, tapi kemudian naik ke permukaan lagi.

3. Gunakan minyak yang cukup

7 Tips Menggoreng Makanan agar Gak Mudah GosongPixabay.com/id/grandstream

Hal lain yang kerap menyebabkan makanan gosong adalah kurangnya jumlah minyak yang digunakan. Hal tersebut akan membuat wajan atau alat penggorengan menjadi kering, suhunya terlalu panas, dan makanan pun menjadi mudah gosong. Karena itu, gunakan minyak dalam jumlah yang cukup, ya!

Baca Juga: Bisa Lebih Hemat! 6 Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

4. Hindari terlalu sering membolak-balik makanan

7 Tips Menggoreng Makanan agar Gak Mudah GosongUnsplash.com/Louis Hansel @shotsoflouis

Kita mungkin cenderung memilih untuk sering membolak-balik makanan supaya gak mudah gosong. Padahal, hal tersebut justru akan membuat makanan matang lebih lama dan mudah gosong, lho. Selain itu, jika makanan tersebut belum terlalu kering untuk di balik, makanan tersebut akan lembek atau bahkan hancur.

5. Gunakan wajan atau alat penggorengan yang bersih

7 Tips Menggoreng Makanan agar Gak Mudah GosongPexels.com/Kelly Lacy

Sebelum menggoreng makanan, pastikan wajan atau alat penggorengan yang akan digunakan bersih dan bebas noda bekas makanan sebelumnya. Noda atau bahan makanan yang menempel pada wajan atau alat penggorengan akan membuat lengket dan menyebabkan makanan yang kamu goreng menjadi mudah gosong.

6. Hindari penggunaan jelantah yang sudah lebih dari tiga kali dipakai

7 Tips Menggoreng Makanan agar Gak Mudah GosongPixabay.com/id/myMuzick

Sebaiknya, hindari pemakaian minyak jelantah yang sudah lebih dari tiga kali karena teksturnya sudah rusak. Bila minyak tersebut bertemu panas, asap akan cepat keluar. Akibatnya, makanan yang kamu goreng menjadi mudah gosong. Selain itu, tekstur makanan tersebut pun menjadi mudah rusak.

7. Pantau makanan yang sedang kamu goreng

7 Tips Menggoreng Makanan agar Gak Mudah GosongUnsplash.com/Irina

Hal lain yang gak kalah penting adalah pantau terus makanan yang sedang kamu goreng. Jangan sampai kamu meninggalkan makanan tersebut saat digoreng karena bisa berakibat gosong. Selain itu, meninggalkan makanan yang sedang dimasak juga bisa menimbulkan bahaya kebakaran.

Nah, itulah tadi tujuh tips yang bisa kamu lakukan supaya makanan gak mudah gosong saat digoreng. Dari beberapa poin di atas, yang mana saja yang sudah kamu lakukan?

Baca Juga: 5 Tips Tepat Membuang Minyak Goreng Bekas, Jangan di Wastafel!

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya